..

Mengapa Harus Ada Niche Pada Blog?

Apa yang terlintas dalam pikiran sahabat jika berbicara tentang blog? Tulisan? Cuan? Hosting? Dll. Nah, blog gak hanya sekedar menuangkan tulisan, tetapi niche juga diperlukan untuk melengkapi blog agar blog lebih berdaya dan bermanfaat dan modal utamanya adalah semangat, hehehehehe.


Nah, sebelum melangkah lebih jauh tentang blog, kita bahas dulu mengenai niche ya sahabat. Apa itu Niche Blog? Niche blog itu adalah salah satu bagian penting dari blog. Kalau dalam penulisan nih, dialah tema nya atau topik pembahasannya. Kita bisa memilih konten sesuka hati sesuai dengan apa yang kita inginkan dan sukai. Jika sudah fokus pada niche maka tulisan kita akan lebih terarah dan sudah pasti memiliki nilai lebih, tidak hanya di mata mesin pencari, namun juga dari sisi user.

Pentingnya Niche Pada Blog?

Penulis blog tidak jauh berbeda dengan penulis buku dll, penulis blog juga harus menentukan tema dan judul. Tulisan apa yang kira-kira banyak disukai oleh pembaca, seperti itulah yang akan kita coba dalam niche kita. Niche blog adalah batasan atau tema yang akan kita tentukan dalam blog kita.

Jika tidak menentukan niche berarti blog tidak memiliki tujuan yang pasti. Dengan adanya niche kita jadi tau mau menulis apa saja di dalam blog kita, selain itu agar pengunjung blog tau blog kita itu berisi tentang apa dan mereka tau bahwa kita blog kita itu adalah blog yang mereka cari dan sesuai dengan kriteria pengunjung.

Secara lebih sederhana niche itu adalah jalan hidup blog, menjadikan aktivitas blogging lebih terarah, memahami konten apa saja yang harus kita buat, mempermudah mengenalkan blog kita karena sudah ada spesifikasinya.

Memilih Niche Yang Tepat


Karena niche adalah bagian terpenting dari blog, maka kita juga gak hanya sekedar menempelkan lantas tidak ada isinya, kalau perlu kita harus mencari ide-ide dari luar atau dari kita sendiri, diantaranya: hal-hal apa saja yang kita minati, apa yang kita suka, ceria apa yang membuat kita antusias, trus jangan lupa juga ya sahabat jangan memaksakan niche blog jika tidak sesuai dengan kemampuan yang kita miliki jika perlu kita membuat catatan tersendiri untuk itu.

Ide lain dapat berupa melihat orang disekitar kita, kita bisa memperhatikan orang-orang yang ada di sekitar kita, baik itu teman sekolah, keluarga, tetangga, dll. Kalau perlu kita tanyakan apa amsalah mereka sehingga hal ini nantinya dapat membantu mereka dalam blog kita, kita bisa memberikan solusi bagi mereka dengan masalah-masalah yang mereka hadapi. Hal yang paling penting adalah, jangan membatasi seberapa banyak masalah yang mereka punya, catat bagian penting sehingga hak ini lah yang nantinya banyak dicari pengunjung dalam blog kita.

Hal lain yang dapat kita manfaatkan dalam pencarian niche adalah dengan memanfaatkan media sosial seperti instagram, twitter, face book, atau bahkan google. Banyak ide-ide bermunculan disana, apapun yang mereka posting jadikan itu sebagai bahan pembelajaran bagi kita baik itu masalah, tips atau bahkan curhat mengenai apa yang mereka alami saat itu, simple banget bukan?

Kelebihan Niche

Jika sudah memiliki blog dan menentukan niche, nah ini nih yang wajib kita tahu, sebenarnya niche itu ada manfaatnya gak sih sahabat? Jelas ada dong. Yuk baca sampai habis ya apa-apa saja kelebihan niche itu pada blog kita.



1. Memiliki target pengunjung.

Hal yang paling penting dan utama adalah, dengan adanya niche yang sudah kita tentukan, kita akan memliki pengunjug yang setia, misalnya nih blog saya adalah blog tentang pendidikan dan satra, selain itu didalamnya juga berisikan masakan dan bagaiaman memberdayakan mengenai blog itu sendiri, dari sinilah pengunjung tahu bahwa jika mereka membutuhkan artikel atau tulisan tentang pendidikan dan sastra, pengunjung akan mencari blog kita sebagai bahan referensi, dll. Dari sini kita juga tahu sejauh mana pencapaian blog kita di mesin pencari.

2. Meningkatkan penjualan atau skill.

Misalkan blog kita berisikan bagaimana cara membangun bisinis, atau bagaimana cara menulis buku dengan cepat, dengan adanya niche blog yang sesuai dengan tema yang kita cari, maka hal ini dapat meningkatkan penjualan atau skill yang kita punya. Pengunjung akan mencari kita untuk membantu mereka dalam mencari solusi atau sebagai pembelajaran.

3. Meningkatkan popularitas blog.

Jika sudah memiliki niche, para pengguna website akan mengenal website kita sebagai ahli dalam pembahasan tertentu. Maka popularitas blog kita akan terus meningkat dan dan pastinya akan memiliki pembaca setia.

4. Lebih fokus dan konsisten

Sebelumnya kita sudah mencari tahu bagaimana cara memilih niche yang cocok dan sesuai dengan kemampuan kita, hal ini tentunya akan membuat kita lebih fokus dan konsisten dengan niche-niche yang sudah kita tentukan.

5. Meningkatkan page view

Page view adalah salah satu elemen paling penting jika kita berkecimpung dalam Google Analytics, fungsinya dalah untuk menganalisa performa website atau konten didalamnya. Cara menghitung jumlah page view adalah setipa satu user membuka halaman di situs kita sebanyak satu kali, maka pageview dihitung satu, jika user yang sama membuka halaman lain di website yang sama tersebut, maka jumlah page view akan ikut bertambah.



Nah, jadi sudah jelas ya sahabat, mengapa harus ada niche pada blog kita, yuk tunggu apalagi, buat blog dan tentukan niche nya. jangan lupa tetap semangat!












Maya Fasindah
Blog seorang guru dan alhamdulillah seorang penulis yang masih terus belajar dan belajar.

Related Posts

Posting Komentar