..

Big Why Ala Aku: 5 Alasan Kenapa Pilih Ngeblog

1 komentar
Halo loha sahabat Maya semuanya? Bagaimana dengan progres menulis kalian? Biasa-biasa aja atau luar biasa nih? Kalau aku sih masih ada males-malesnya gitu, hehehehehehe. Inilah salah satu alasanku kenapa pilih ngeblog, biar gak males sahabat, secara kan ya kalau tulisan kita sudah ada di blog kayak plong gtu rasanya, yuk ah intip big why ala aku: kenapa pilih ngblog?


 
1. Terpaksa nulis

Siapa nih yang sama kayak aku, terpaksa nulis atau nulis karena terpaksa. Biasanya sesuatu yang dilakukan karena terpaksa itu gak baik ya sahabat, tapi menurut aku ini sih sah-sah aja walaupun terpaksa lama-lama jadi biasa kok ya mudah-mudahan hasilnya nanti luar biasa, aamiin..aamiin..

Jadi, awalnya aku tuh emang maksain diri banget buat nulis, knp? Ya karena aku seorang guru, pasti wajib nulis kan? Yah minimal nulis bahan buat pembelajaran. Bisa berabe kan kalau mengajar tuh gak ada persiapan. Trus aku coba nulis-nulis di buku diary kayak curhat-curhat gitu, lama kelamaan aku tertarik nulis cerpen, puisi, dll. eh…diary nya hilang sahabat, trus aku coba nulis di laptop dan ku pindahkan di plasdis, kejadian sama sahabat, plasdis dipinjam teman hilang juga dan laptopku rusak, hmmm…nasib banget kan? Nasib apes maksudnya, hehehehehe …

Waktu aku lagi nulis di laptop dan dilanda jenuh, aku lihat tuh story WA nya kawan-kawan, eh .. kok dia ngajakin aku nulis di blog, katanya asyik. Selain berbagi manfaat dan tulisan kita gak akan hilang, kita bisa dapat cuan … wah, aku langsung tertarik kan, trus aku chat dan jadi deh aku punya blog hingga saat ini.

2. Mindset ini yang selalu ku tanamkan “Ini sulit, tapi saya bisa! Bukan saya bisa, tapi ini sulit.”


Jadi, setelah punya blog tuh bukan sekedar nulis-nulis, selesai sahabat. Ternyata ilmu dan manfaatnya banyak banget. Waktu belajar aku ngerasain ini sulit banget bisa gak ya? Trus aku ubah mindset ku sebagai penyemangat diri. Ini sulit, tapi saya bisa! Bukan saya bisa, tapi ini sulit.” Mindset inilah yang buat aku semangat ngeblog hingga saat ini.

Semua bisa dilalui kok kalau kita mau belajar dan terus belajar serta konsisten dengan apa yang kita kerjakan dan sudah pasti ada hasilnya, yakin deh. Eh, seiring berjalannya waktu dan so pasti tetap belajar ya, aku mencoba ikut lomba lewat sharing di grup wa bersama mentor kece waktu itu, mbak Karunia Sylviany Sambas. Beliau lah yang pertama kali mengajak aku ngeblog dan bagaimana membuat blog. Benar-benar kelas yang luar biasa. Ngeblog itu menurutku susah-susah gampang, kalau ya tinggal nulis aja gampang ya, tapi kalau kita mau mengenal blog lebih dalam itu masih sulit bagiku, tapi aku gak nyerah dan tetap harus belajar.


3. Menjadi penulis buku

Ketagihan nulis blog, lama-lama aku juga pingin nerbitin buuku karya-karyaku baik itu antologi maupun solo sahabat. Alhamdulillah semuanya itu tercapai, meskipun gak instant ya, tetap harus konsisten. Saat ini aku sudah nulis berbagai jenis buku baik itu buku fiksi mauoun ninfiksi diantaranya novel, buku antologi, puisi, LKS, buku aktivitas anak, buku cerita anak, dll. Meskipun begitu aku juga masih penasaran dengan diriku sendiri, pingin dapat juara sahabat. Inilah salah satu big why nya aku.

Meskipun sering mengikuti lomba dan gak pernah menang, hehehehehe. Tapi aku gak nyerah, berbagai lomba tetap aku ikuti agar semangat nulis ku tetap menyala-nyala. Semakin aku gak menag, semakin penasaran mencari dimana kesalahanku dan apa-apa saja yang harus diperbaiki kedepannya agar tulisanku banyak dikenal orang dan menang lomba. Doakan ya sahabat, aamiin…

4. Impian menang lomba

Meskipun saat ini aku masih belum menang dalam berbgai lomba, namun hal yang paling kusenangi saat ini adalah banyaknya job yang kuterima dari blog, wah…memang luar biasa blog ini. Job pertama kali yang kudapatkan dari blog dan menghasilkan cuan adalah waktu itu ikut lomba blog yang diadakan oleh IIDN (Ibu-Ibu Doyan Nulis) untuk menuliskan resep masakan dari keju cheddar. Nah, sedikit cerita ya sahabat..

Jadi waktu itu aku menuliskan resep pisang coklat keju ala keju cheddar. Meskipun gak menang aku berhasil mendapatkan hadiah tercepat senilai 100.ribu rupiah ditambah lagi dapat satu paket merchandise dari keju cheddar plus teflon sahabat, beruntung banget ya, dari mana lagi kalau bukan dari blog, selain dapat cuan dapat alat masak, seruuu kan.

Sejak saat itulah aku sering mengikuti lomba yang diadakan oleh IIDN tentang masak memasak maupun tetntang reviu produk. Dapat job beginian aja aku tuh udah senang banget.

Belum sampai disitu ya sahabat, aku tuh belum puas kalau belum menang lomba menulis buku, sama sih seperti lomba menulis dalam blog masih belum menang juga, hehehehehe. Tapi gak boleh nyerah dong ya, harus berhasil sampai menang, doakan aku ya sahabat semoga impian terbesarku bisa terwujud di tahun-tahun yang akan datang, aamiin…

5. Tempat curhat yang cerdas.

Nah, selain tempat buat tulis menulis kita sahabat, blog bisa kok dijadikan tempat curhat kita, tetapi ingat jadikan sebagai tempat curhat yang cerdas ya jangan asal tulis, usahakan apa yang kita tulis memberikan manfaat bagi orang lain terlebih bagi diri kita sendiri.

Jangan takut kalau tulisan kita itu gak dibaca orang, pasti dibaca kok jika kita mau menyebar tulisan kita dimana-mana, yang terpenting adalah percaya diri bahwa tulisan kita itu layak untuk di publish. Jadi, ayo..tunjukin kalau kamu bisa nulis. Blog emang tempatnya juara nulis deh, juara dihatiku, heheheheheehehe.


Begitulah sahabat ceritaku dan big why ala aku: 5 alasan kenapa pilih ngeblog, semoga bermanfaat ya …













Maya Fasindah
Blog seorang guru dan alhamdulillah seorang penulis yang masih terus belajar dan belajar.

Related Posts

1 komentar

  1. Kadang nulis tuh kalau ga dipaksa ga akan nulis ya mbak, tips dari penulis sukses, tetap luangkan waktu menulis walaupun enggak tahu mau menulis apa, lama-lama akan terbiasa menulis

    BalasHapus

Posting Komentar