Monday, 20 June 2022

7 Tips Sukses Membangun Blog Untuk Blogger Pemula

 

Jika menulis adalah hoby para sahabat, maka salah satu caranya adalah membuat blog. Membuat blog tidaklah sulit, sahabat bisa mulai dari yang gratisan terlebih dahulu misalnya menggunakan platform Blogger.com, WordPress.com, dll. Intinya adalah tetap menulis dan kita bisa menumpahkan segala ide ke dalam tulisan secara rutin, sejak itulah kita bisa disebut sebagai blogger.

Jika kita sudah memutuskan menjadi seorang blogger, maka yang harus kita lakukan lebih dari sekadar menulis, karena sahabat harus mendapatkan pemasukan dari sana, betul bukan? Sahabat harus bisa menjadikan blog sebagai aset dan tulisan sebagai produk yang dijual kepada pengunjung. Kemudian memonetisasi lalu lintas pengunjung tersebut menjadi pendapatan. 

Hal ini tentu saja tidaklah mudah, perlu banyak hal yang harus kita pelajari dan lakukan. Untuk mengiringi langkah kita menuju kesana, 7 tips ini kiranya dapat membantu kita meraih kesuksesan di dunia blogger.   

1. Perkenalkan Blog  

Tak kenal maka tak menulis, sebagaimana orang lain tahu dengan apa yang kita tulis setiap harinya, maka kita perlu memperkenalkan blog kita dengan mengisi menu-menu yang sesuai dengan pribadi kita, sesekali perlu juga diisi dengan trend masa kini, tranding topic, dsb. Ceritakan juga tentang konsentrasi blog kita, mengapa membuat blog. Meski terkesan sepele percayalah suatu hari nanti tulisan sederhana ini akan terasa sangat berharga untuk dilupakan. 

2. Lengkapi Blog 

Jika sudah memperkenalkan blog, maka ada baiknya kita melengkapi blog dengan halaman profil dan kontak. Hal ini dilakukan bahwa pemilik blog ini benar-benar nyata dan tidak menutup kemungkinan jika ada yang meminta kerja sama, akan mudah dihubungi dan prosesnya cepat.

3.Tampilan Blog 

Buatlah tampilan blog yang sederhana dan pastinya menarik. Jangan terjebak dengan stigma bahwa blog harus cantik, banyak fitur, banyak warna, banyak slider-nya, dipenuhi gambar, video, dll. Ini tidak serta merta membuat pengunjung merasa nyaman, justru akan membuat loading halaman menjadi berat. Yang terpenting adalah blog berjalan dengan cepat dan mulus di perangkat pengguna.

4.Tetap semangat 

Usahakan tetap semangat mengisi blog tiap harinya, mengisi menu-menu yang tekah dibuat sebelumnya. Hal ini dapat meningkatkan durasi kunjungan serta meningkatkan traffic di mesin pencarian google.

5.Bagikan Tautan Blog 

Untuk meningkatkan dan memperluas popularitas blog kita, perkenalkan blog ke teman dan kolega. Bagikan tautan ke halaman utama akun jenjang sosial, atau bisa juga tautan yang telah kita tulis ke medsos yang kita miliki seperti face book, twitter, instagram, dan whatsapp, bisa juga kita unggah via yutub jika ada video yang mendukung tulisan kita. Tujuannya agar orang mengenali blog kita dengan harapan nantinya kita sudah punya pembaca setia. Selain itu silaturrahmi via blog-walking sangat penting, murah meriah dan berkah.

6.Pelajari Kata Kunci Utama dan Kata Turunan 

Untuk mendatangkan traffic ke blog kita, strategi menganalisa kata kunci terus dilakukan dan dibuat tulisannya di blog kita. Menganalisa kata kunci yang populer sama saja kita mencari tahu apa yang dibutuhkan oleh pengunjung. Karena itu kita harus mengetahui kata kunci apa yang paling banyak dicari di mesin pencari.

7.Mulai Memahami dan Memperdalam Istilah-istilah Penting Dalam Dunia Blogger 

Jika sudah memutuskan menjadi seorang blogger, maka istilah-istilah seperti domain, DA, PA, BW, Google Search Console, Google Adsent, Goodle Analitic, TLD, Unique Visitor, dll.

 

Itulah tips sukses ala aku ya sahabat, bagiku konsisten menulis itu sudah merupakan kesuksesan dalam menggarp ide, menuangkan ide serta mengembangkan ide dalam tulisan. So, semangat ngeblog….

 

 

 

 

 

No comments :

Post a Comment

Back to Top