Tuesday, 15 March 2022

Bedah Resensi

 

 


Hai…hai…apa kabar Sahabat Maya semuanya? So pasti baik-baik saja kan? Bagi yang ingin tahu apa itu resensi, struktur, unsur, jenis dan contoh, silahkan simak penjelasan saya ya sahabat. Yuk…mariii…
1. Apa itu Resensi?

Resensi yaitu memberikan penilaian terhadap suatu karya, penilaian itu sendiri dapat berupa penilaian mengenai bahasa, diksi atau pilihan kata, dapat juga dari sisi keunggulan buku atau novel. Kelebihan atau kekurangannya.

Jadi, dengan adanya resensi kita dapat mengetahui apa isi buku tersebut dan apa manfaatnya bagi kita sebagai pembaca.


Pendapat Para Ahli Mengenai Resensi

Menurut Yus Rusyana

Resensi adalah suatu tulisan mengenai buku pengetahuan, sastra, kamus, ensiklopedia, dan sebagainya yang mengikhtisarkan, menggambarkan, menjelaskan, dan menilai buku.

Menurut Sitepu (2013)

Resensi mengandung makna dasar memeriksa, mencermati, meninjau, atau melihat kembali sesuatu. Objek resensi tidak hanya terbatas pada buku, namun juga dapat berupa karya film, drama, pameran, dan berbagai tulisan.

Menurut KBBI

Resensi adalah pertimbangan atau pembicaraan tentang suatu buku atau ulasan buku. Resensi tidak hanya terbatas pada buku atau karya pustaka saja, namun juga dipakai untuk mengulas karya drama, film, atau musik.

2. Apa aja unsur-unsur Resensi?

Ada 6 hal penting yang harus kita ketahui sebelum meresensi sebuah buku atau novel, yaitu :

a. Judul Resensi

Judul merupakan bagian awal yang penting. Bagian inilah yang memikat pembaca untuk tetap membaca isi resensi atau tidak. Selain menggambarkan isi resensi secara garis besar, judul harus ditulis dengan menarik.

b. Identitas / Data Buku

Identitas atau data buku adalah informasi umum buku yang diresensi yakni judul buku, nama pengarang, tahun terbit dan cetakannya, ketebalan buku, nomor edisi buku, penerbit, harga buku bila perlu sampai ukuran buku.

c. Pendahuluan

Dalam menulis suatu pendahuluan dalam suatu resensi harus bisa membua pembaca merasa tertarik. Penulis bisa membahas sesuatu yang sedang trend saat ini kemudian menghubungkan dengan judul buku yang akan dirensensi.

Buatlah diksi yang menarik dan memberikan “wow effect” agar pembaca tergelitik untuk membaca resensi yang akan dibahas. Tidak perlu terlalu panjang, cukup 1 – 2 paragraf yang membahas informasi menarik, kemukakan masalah, lalu solusi yang terdapat di buku yang akan diresensi.

Dengan begitu, pembaca akan merasa bahwa buku itu cukup “relate” dan pembaca tidak sadar sedang digiring untuk membaca buku tersebut. Terlepas isi bukunya sesuai dengan kebutuhan pembaca atau tidak, namun resensi dinilai berhasil apabila mampu mengajak pembaca untuk ikut mengulas buku tersebut hingga tuntas.

d. Tubuh dan Pernyataan Resensi.

Pada bagian tubuh atau pernyataan, inilah poin penting yang dalam suatu resensi. Di sini peresensi tidak perlu berbasa-basi, kemukakan informasi buku secara singkat, padat, dan jelas. penulisan sinopsis harus merupakan tulisan asli, bukan ulasan yang ditulis dari pihak penerbit.

Jangan terlalu banyak basa-basi pada bagian ini, karena pembaca akan bosan dan mereka tidak menemukan informasi yang mereka cari. Pada bagian tubuh, peresensi bisa mengemukakan opini mengenai buku tersebut, apa kelebihan dan kekurangan dari karya yang sedang dibahas. Sertakan pula kutipan singkat atau penggalan naskah yang dirasa menjadi selling poin dari karya tersebut.

Tolak ukur resensi yang berhasil adalah saat dimana pembaca tertarik akan resensi yang dibuat. Gaya bercerita peresensi yang informatif sekaligus persuasif bisa menjadi selling poin dari suatu resensi. Jika buku yang diresensi ternyata menarik animo masyarakat, sudah berarti resensi tersebut sudah memenuhi standar.

Jangan lupa menulis kekurangan dalam suatu resensi. Jangan takut dicekal, tuliskan opini apa adanya terkait kerangka, tinjauan buku, atau kesalahan cetak pada suatu buku. Jika sedang membahas film, kemukakan plot atau kekurangan yang sifatnya teknis. Selama kekurangan yang dikemukakan bersifat objektif dan bukan bermaksud menjelekan, opini dari peresensi penting adanya.

e. Kelebihan dan Kekurangan Buku

Unsur yang harus ada selanjutnya adalah ulasan tentang buku. Umumnya berisi kelebihan dan kekurangan buku. Bagian inilah yang berisi penilaian terhadap buku yang diulas. Bagian ini pula yang dirujuk oleh pembaca untuk memastikan apakah buku tersebut layak dibaca atau tidak, apakah sesuai dengan yang dicari atau tidak.

f. Kesimpulan

Nah, di bagian penutup ada kesimpulan. Kamu dapat menulis opini tentang buku. Isinya bisa berupa kritik dan saran terhadap penulis buku. Kamu tidak juga memberikan rekomendasi kepada pembaca.

3. Apa-apa saja jenis Resensi?

Berikut jenis-jenis resensi yang perlu kamu ketahui.

a. Resensi deskriptif adalah resensi yang membahas secara detail setiap bagian atau babnya.

b. Resensi informatif adalah resensi yang isinya hanya berupa informasi mengenai hal penting dari keseluruhan isi buku secara umum.

c. Resensi evaluatif, adalah resensi yang menyajikan penilaian presensi tebtang isi buku atau hal-hal yang berkaitan dengan buku. Informasi tentang buku hanya dijadikan sekilas bahkan hanya dijadikan sebagai ilustrasi.

d. Resensi informatif – evaluatif, yaitu resensi yang merupakan perpaduan dari dua jenis resensi tersebut. Resensi ini disamping menyajikkan semacam ringkasan buku dan hal-hal yang penting yang ada di dalam buku. Resensi ini dinilai paling ideal karena bisa memberikan laporan yang lebih lengkap dan memadai.

e. Resensi kritis, yaitu resensi yang berbentuk ulasan detail dengan metodologi ilmu pengetahuan tertentu. Isi dari resensi biasanya kritis dan objektif dalam menilai isi buku.

4. Bagaimana cara Meresensi Buku?

Jadi saat menulis resensi maka kamu harus memperhatikan 6 unsur di atas. Unsur-unsur tersebut harus ada dalam tulisan resensi. Setelah mengetahui dan memahami unsur-unsur resensi, penjelasan berikutnya adalah cara membuat resensi buku. Seperti apa langkah-langkahnya?

a. Tentukan buku yang akan di Resensi.

Tahap pertama adalah menentukan buku yang akan diresensi. Apakah buku tersebut adalah jenis fiksi atau non-fiksi? Menulis resensi buku non-fiksi dan fiksi pada dasarnya sama. Hanya saja tetap memiliki sedikit perbedaan terutama sisi kronologis cerita.

Buku non-fiksi cenderung tidak memiliki sisi tersebut karena memang isinya bukan cerita contohnya buku pelajaran, buku ajar, dan sebagainya. Buku-buku tersebut tidak berisi kumpulan informasi dan pengetahuan tentang suatu topik atau bidang ilmu tertentu.

Melansir mamikos.com, terdapat beberapa poin yang perlu diperhatikan ketika menentukan buku yang diresensi. Buku tersebut harus memenuhi kriteria tertentu yakni isinya tentang persoalan aktual, kualitas bagus, belum pernah diresensi, dan terbitan baru.

b. Membaca Buku yang akan di Resensi.

Setelah menentukan bukunya, kamu wajib membaca buku tersebut. Dengan membacanya, kamu akan mengenal aspek yang ada di dalam buku. Kamu mempunyai gambaran mengenai isi buku tersebut. Pengalamanmu ketika membaca buku adalah salah satu bahan untuk menulis resensi. Dengan pengalaman dan informasi yang kamu dapatkan saat membaca bukunya, kamu mendapatkan bahan untuk mengulas buku tersebut.

Ketika membaca buku, kamu juga bisa mencatat beberapa bagian penting yang dibutuhkan saat menulis resensi. Selain itu, kamu dapat menentukan angle yang menarik dari buku tersebut yang bisa diangkat. Memilih bagian/isi dari buku tersebut yang di-highlight dalam resensi.

c. Menulis sesuai dengan unsur Resensi.

Tahap krusial yakni menulis resensi buku. Pada tahap ini, kamu harus menulis dengan memperhatikan unsur-unsur resensi.

Setelah mendapatkan gambaran dan ulasan yang akan diangkat dalam resensi maka kamu harus menentukan judul resensi, menulis identitas buku, membuat ikhtisar, memberikan penilaian berisi kelebihan dan kekurangan, dan menutup resensi dengan opini serta rekomendasimu.

d. Membaca Ulang.

Resensi buku sudah selesai ditulis? Saatnya membaca ulang. Dengan membaca ulang, kamu bisa mengoreksi tulisan misal ada typo, kesalahan penulisan struktur, data yang kurang, dan sebagainya. Cara ini digunakan agar tulisan resensi tersebut bagus dan baik sehingga pembaca pun tertarik, nyaman, dan mudah memahaminya.

5. Contoh Resensi.

Resensi novel Ghania karya Maya Fasindah.

Judul : Ghania

Penerbit : Sint Publishing

Pengarang : Maya Fasindah

Jumlah halaman : 145 halaman

Harga : 80 ribu



Bicara mengenai novel inspiratif dan motivasi, novel ini sangat cocok bagi pembaca di kalangan berbagai usia, karena novel ini menceritakan kisah seorang anak yang berusi 10 tahun dengan perjuangan yang sangat luar biasa demi mempertahankan hidupnya.

Berbagai cobaan ia terima dan hampir putus asa karena ia merasa khawatir dengan sekolahnya. Akhirnya dengan tekad yang luar biasa ia mampu bertahan dan bangkit dari keterpurukan.

Bagi kamu yang sedang dilanda keputus asaan atau sedang memberi pelajaran hidup berharga bagi anak usia sekolah maupun remaja dan beranjak dewasa, novel pas untuk dibaca. Karena didalamnya memberikan pengalaman hidup dan pelajaran berharga bagi kehidupan ini.



 

 

 

70 comments :

  1. Ririn Septiani Chang
    XI AK 2 HADIR

    ReplyDelete
  2. Nama: Wilbert anderson
    Kelas: XI ak 2
    Hadir

    ReplyDelete
  3. Nama: jason
    Kelas: xi ak 1
    Hadir

    ReplyDelete
  4. Nama jason
    Kalas xi ak 1
    Hadir

    ReplyDelete
  5. Nama Vincent
    kelas XI AK 3
    HADIR

    ReplyDelete
  6. Nama cristina
    Kelas xi ak 1
    Hadir

    ReplyDelete
  7. Nama : Marchven
    Kelas : XI AK 2
    HADIR

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. Jeffry davison
    XI-AK 2
    Hadir

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. Justine fidelya
    XI AK 1
    Hadr

    ReplyDelete
  13. Welly Nagaputra
    XI AK 1 hadir

    ReplyDelete
  14. Joffry Fanderson
    XI AK 1 Hadir

    ReplyDelete
  15. MasyaAllahu tabarakallahu, penjelasannya rinci, mba. Ternyata bnyk jenis macam resensi. Thankyou for sharing mba.

    ReplyDelete
  16. Terima kasih sharingnya, Mbak.
    Sangat membantu untuk yang sedang belajar meresensi sebuah karya.

    ReplyDelete
  17. Masya Allah lengkap banget mbak, sampai ada contohnya juga. Jadi makin mengerti nih. Eh btw, aku masuk kelas berapa nih, Bu Guru. Hehe

    ReplyDelete
  18. Wah ternyata resensi itu macam-macam jenisnya ya. Aku baru tahu, Mbak.

    ReplyDelete
  19. Terimakasih makin jelas nih pengetahuan saya tentang resensi, detail.

    ReplyDelete
  20. mbak untuk jumlah kata apakah tidak ada syarat dalam membuat resensi?

    ReplyDelete
  21. ini jadi reminder banget 😍 apalagi buat blogger yang suka buat resensi.. terimakasih mba

    ReplyDelete
  22. Reminder buat saya terutama, harus hati2 juga dalam buat resensi ya... Terimakasi

    ReplyDelete
  23. Thank you udah kasih ide baru untukku mba... Aku jadi inget mata kuliah Book Report dan beberapa hari lalu sempat mikir untuk nulis resensi lagi. Btw, di masa mudaku aku sering nulis resensi buku-buku chicklit dan chicken soup series yang hits kala itu...

    ReplyDelete
  24. Justine fidelya XI AK 1
    Novel Laskar Pelangi
    Identitas Novel
    Judul Buku: Laskar Pelangi

    Penulis: Andrea Hirata

    Tebal Buku: 529 halaman

    Penerbit: Bentang Pustaka, Yogyakarta

    Tahun Terbit: 2005

    Sinopsis
    Laskar Pelangi merupakan novel fiksi yang ditulis oleh Andrea Hirata. Novel tersebut mengisahkan tentang kehidupan 10 anak di Pulau Belitung, Provinsi Bangka Belitung, yang saling bersahabat. Orang tua mereka memiliki profesi yang sama, yaitu penambang timah. Meski hidup di tengah kemiskinan, mereka tetap bersekolah untuk menimba ilmu.

    Keadaan sekolah mereka cukup memprihatinkan dan tidak layak huni. Hal ini mendapat teguran dari pemerintah untuk menutup sekolah tersebut karena jumlah muridnya yang sedikit, yaitu hanya 10 orang. Waktu itu, sekolah nyaris ditutup karena pada saat penerimaan peserta didik baru, hanya ada sembilan orang siswa. Lalu, Harun datang sehingga sekolah tidak jadi ditutup.

    Ibu Muslimah merupakan sosok guru yang penyabar dalam mendidik para siswa. Meski beliau hanyalah lulusan SMP, beliau memiliki tekad yang kuat untuk mendedikasikan diri di dunia pendidikan.

    Kelebihan
    Cerita ini mempunyai gaya bahasa yang bagus sehingga menjadikan alur ceritanya menarik untuk dibaca. Banyak pelajaran hidup yang dapat dicontoh berdasarkan cerita di atas. Satu di antaranya adalah menumbuhkan rasa syukur kepada Tuhan atas apa yang telah diberi.

    Kekurangan
    Kekurangan dari novel Laskar Pelangi ini penulis seolah tidak menjelaskan waktu yang jelas.

    Kemudian latar belakang cerita yang berasal dari daerah terpencil menjadikan ada beberapa bahasa yang tidak dimengerti oleh orang awam.

    ReplyDelete
  25. Fennicia
    XI AK 1

    Identitas Buku :

    -Judul buku: Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat
    -Pengarang: Mark Manson
    -Penerbit: Gramedia Widiasarana Indonesia
    -Tanggal Terbit: 20 Februari 2005
    -Tebal halaman: 256 halaman


    Buku ini menceritakan seorang Charles Bukowski seorang pecandu alkohol senang bermain perempuan,penjudi kronis,kasar, kikir,dan tukang utang.Ia bercita-cita menjadi seorang penulis. Karya Bukowski selalu ditolak oleh hampir setiap majalah, tetapi hal tersebut tidak membuatnya menyerah ia tetap menulis dan membuat puisi. Sehingga dengan pengalamannya ia memiliki sikap bodo amat

    Dalam bukunya yang berisi makna cuek yang bukan berarti tidak peduli terhadap apapun, Charles Bukowski gambaran sederhana untuk mengarahkan kembali ekspektasi hidup dalam memilih apa yang penting karena pada intinya hidup hanyalah rentetan masalah yang tidak ada ujungnya.


    Kelebihan Buku:
    Melalui karakter tokoh Charles Bukowski yang kuat dan gigih, kita mendapat makna tersendiri untuk bersikap cuek, dan tetap bahagia menatap masalah yang sedang dialami


    Kekurangan Buku:
    banner-promo-gramedia
    Meskipun judulnya seolah memberi kesan tentang kiat-kiat cuek, tapi ternyata tidak cuek disini menggambarkan seorang pejuang yang meraih impian dengan segala rintangan

    ReplyDelete
  26. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  27. Stefanie XI AK 1

    Identitas Novel
    Judul novel : Sang Pemimpi
    Pengarang : Andrea Hirata
    Penerbit : Bentang Pustaka
    Tahun terbit : 2006
    Jumlah halaman : 292 halaman

    Sinopsis Novel
    Novel berjudul Sang Pemimpi karya Andrea Hirata ini merupakan sekuel kedua dari tetralogi Laskar Pelangi. Novel ini mengisahkan tentang tiga orang pemuda yang berjuang meraih mimpi-mimpi dalam hidup mereka. Ketiga pemuda tersebut adalah Ikal, Arai, and Jimbron.

    Novel ini sesungguhnya menceritakan kisah hidup Ikal (tokoh utama dalam novel Laskar Pelangi) sewaktu remaja yang duduk di bangku SMA. Akan tetapi dalam novel ini secara khusus penulisnya menentukan tokoh-tokoh sentral yang berbeda dari novel sebelumnya yang tokoh-tokohnya adalah 10 anak Laskar Pelangi.

    Kelebihan Novel
    Penggunaan gaya bahasa kepenulisan yang khas seperti halnya pada novel sebelumnya yakni Laskar Pelangi
    Menyajikan tentang pesan moral yang sangat kuat yakni beranilah bermimpi dan berjuang untuk meraihnya

    Kekurangan Novel
    Konflik cerita yang tidak terlalu tajam

    ReplyDelete
  28. Jenny viena XI AK 2
    Judul Buku: Negeri 5 Menara

    Penulis: Ahmad Fuadi

    Tebal Buku: 423 halaman

    Penerbit: PT. Gramedia Pustaka Utama

    Tahun Terbit: 2009

    Sinopsis
    Novel karya Ahmad Fuadi ini sudah diangkat dalam layar lebar. Tokoh utama di dalam novel ini adalah Alif. Ia lahir di Minangkabau. Sejak kecil, Alif mempunyai cita-cita menjadi seperti B. J. Habibie. Oleh karena itu, setelah SMP, ia berencana melanjutkan SMU di Padang. Ia berharap dapat kuliah di jurusan yang diinginkannya.

    Amak Alif berkeinginan Ia menjadi penerus Buya Hamka. Hal ini membuat impian Alif kandas. Orang tuanya menawari untuk sekolah agama atau pergi ke pondok pesantren. Alif sempat kesal, namun ia tidak ingin mengecewakan orang tuanya. Akhirnya, ia masuk pondok. Pamannya memberi saran untuk masuk ke Pondok Pesantren modern Gontor di Jawa Timur.

    Awalnya Alif menjalaninya dengan setengah hati, namun akhirnya oa tetap ingin melanjutkan di pondok posantren karena mendengar kalimat bahasa Arab 'Man Jadda Wajada' yang artinya adalah barang siapa bersungguh-sungguh pasti bisa.

    Di pondok, ia memiliki teman baru yang berasal dari berbagai daerah. Mereka adalah Raja, Dulmajid, Said, Atang, dan Baso. Mereka habiskan waktu sehari-hari dengan hafalan Al-Qur’an, belajar bahasa Arab dan bahasa Inggris siang malam. Pada tahun pertama, mereka merasa berat, namun tahun-tahun berikutnya mereka jalani dengan penuh warna dan pengalaman.

    Suatu hari Baso keluar dari pondok, hal ini menggugah semangat Alif dan teman-temannya untuk segera lulus dan menjadi orang sukses serta mewujudkan impiannya untuk pergi ke benua Eropa dan Amerika.

    Akhirnya, impian mereka terwujud. Alif berada di Amerika, Atang di Afrika, Raja di Eropa, Baso di Asia, Said dan Dulmajid di Indonesia. Anda dianjurkan untuk tidak meremehkan suatu impian karena Allah Maha Mendengar.

    Kelebihan ; Ceritanya menarik dan membuat pembaca penasaran untuk mengetahui lebih lanjut kehidupan di dunia pesantren. Di dalam novel ini banyak dijumpai motivasi.

    Kekurangan ; Bagian klimaks ceritanya kurang menonjol dan penjelasan mengenai kehidupan beberapa tokoh dalam novel tersebut masih kurang.

    ReplyDelete
  29. cristina
    Xi ak 1
    Judul Buku: Rumah Kaca
    Penulis: Pramoedya Ananta Toer
    Tebal Buku: 646 halaman
    Penerbit: Lentera Dipantera
    Tahun Terbit: 2010

    Sinopsis

    Novel fiksi Rumah Kaca ini bercerita mengenai usaha kolonial untuk memukul aktivitas kaum pergerakan pada operasi pengarsipan yang rapi. Arsip merupakan mata radar Hindia yang diletakkan di mana saja. Fungsinya untuk merekam seluruh kegiatan kaum pergerakan tersebut. Dalam hal ini Pramoedya menyebut politik arsip dengan kegiatan perumahkacaan.

    Kelebihan

    Kelebihan novel ini adalah fakta-fakta disajikan dengan bagus.

    Kekurangan

    Alur waktu tidak jelas sehingga pembaca kesulitan untuk mengetahui latar cerita di dalam novel tersebut

    ReplyDelete
  30. Jessis Yang
    XI AK 1
    Judul Buku: Laskar Pelangi
    Penulis: Andrea Hirata
    Tebal Buku: 529 halaman
    Penerbit: Bentang Pustaka, Yogyakarta
    Tahun Terbit: 2005

    Sinopsis

    Laskar pelangi merupakan novel fiksi yang ditulis oleh Andrea Hirata. Novel tersebut mengisahkan tentang kehidupan 10 anak di Pulau Belitung, Provinsi Bangka Belitung yang saling bersahabat. Orang tua mereka memiliki profesi yang sama, yaitu penambang timah. Meskipun hidup di tengah kemiskinan, namun mereka tetap bersekolah untuk menimba ilmu.

    Keadaan sekolah mereka cukup memprihatinkan dan tidak layak huni. Hal ini mendapat teguran dari pemerintah untuk menutup sekolah tersebut karena jumlah muridnya yang sedikit, yaitu hanya 10 orang. Waktu itu, sekolah nyaris ditutup karena pada saat penerimaan peserta didik baru hanya ada 9 orang siswa. Lalu, harun datang sehingga sekolah tidak jadi ditutup.

    Ibu Muslimah merupakan sosok guru yang penyabar dalam mendidik para siswa. Meskipun beliau hanyalah lulusan SMP, namun beliau memiliki tekad yang kuat untuk mendedikasikan diri di dunia pendidikan.

    Kelebihan

    Cerita ini mempunyai gaya bahasa yang bagus sehingga menjadikan alur ceritanya menarik untuk dibaca. Banyak pelajaran hidup yang dapat dicontoh berdasarkan cerita di atas. Salah satunya adalah menumbuhkan rasa syukur kepada Tuhan atas apa yang telah diberi.
    Kekurangan

    Latar belakang cerita berasal dari daerah terpencil sehingga ada beberapa bahasa yang tidak dimengerti oleh orang awam

    ReplyDelete
  31. Nama : Maryuni
    Kelas : XI AK 1

    Judul Buku: Satwa Terancam Bahaya
    Penulis Buku: Jen Green
    Penerbit Buku: Pakar Raya
    Cetakan: Tahun 2006
    Tebal: 32 Halaman

    Ringkasan Satwa Terancam Bahaya

    Banyak diantara kita yang sangat menyukai hewan liar. Akan tetapi, sekarang banyak hewan liar yang terancam punah. Bahkan beberapa diantaranya mungkin sudah punah.

    Di dalam buku karangan Jen Green ini banyak sekali pengetahuan yang akan mengajak kita untuk lebih mengenal dan mengetahui penyebab satwa menjadi langka dan bagaimana cara menyelamatkannya dari kepunahan. Hewan dan tumbuhan punah merupakan hewan dan tumbuhan yang telah mati secara keseluruhan. Hewan yang sangat langka adalah hewan yang terancam kepunahan atau populasinya akan musnah.

    Pada zaman dahulu, sudah banyak spesies yang telah punah. Hal ini dikarenakan hewan tersebut tidak dapat menyesuaikan diri dengan perubahan lingkungan.

    Pada zaman sekarang ini sedang terjadi pemanasan global yang merupakan perubahan suhu bumi dengan cepat. Banyak sekali penyebab hewan menjadi langka bahkan punah.

    Pencemaran, penebangan liar, perburuan secara besar-besaran, penangkapan ikan yang berlebihan, hujan asam, itu semua dapat menyebabkan satwa menjadi langka.

    Untungnya masih ada kelompok atau komunitas pecinta alam yang bersedia menyelamatkan satwa langka. Seharusnya tidak hanya pecinta alam saja yang membantu menjaga melestarikan satwa langka. Akan tetapi masyarakat juga harus bertindak, salah satunya dengan mematuhi UU yang berlaku tentang perlindungan satwa langka.

    Kelebihan

    Jika dari tata bahasa, buku ini mampu membantu siswa dengan kemampuan baca yang berbeda dan dapat menikmati buku yang sama. Baik itu secara materi di kelas maupun bacaan kelompok sendiri.

    Kekurangan

    Masih terdapat beberapa istilah asing yang tidak ada penjelasannya. Sehingga masih menimbulkan tanda tanya untuk para pembacanya.

    (Contoh resensi buku disalin dari Saintif)

    ReplyDelete
  32. Novi Erika XI-AK 1

    Judul Buku: 5 Cm
    Penulis: Dhonny Dhirgantoro
    Tebal Buku: 381 halaman
    Penerbit: PT. Grasindo, Yogyakarta
    Tahun Terbit: 2005

    Sinopsis

    5 Cm, merupakan novel yang mengisahkan tentang lima sahabat bernama Zafran, Arial, Ian, Genta dan seorang wanita bernama Riani. Riani bercita-cita bekerja di stasiun televisi. Arial paling tampan diantara lainnya. Zafran mempunyai mimpi menjadi picisan. Genta adalah leader diantara mereka. Ian seorang yang fanatik dengan bola dan merupakan penggemar Happy Salma.

    Kelima orang tersebut telah bersahabat selama 7 tahun. Mereka merasa jenuh dengan aktivitasnya, lalu memutuskan untuk tidak berkomunikasi selama 3 bulan lalu setelah itu bertemu lagi. Selama 3 bulan, mereka mengejar impian masing-masing. Setelah 3 bulan mereka bertemu dan melakukan perjalanan panjang.

    Perjalanan mereka diakhiri di puncak tertinggi di Pulau Jawa, yaitu puncak Mahameru. Kini mereka menemukan arti kehidupan yang sebenarnya. Pada akhirnya mereka dapat mewujudkan impian masing-masing.

    Kelebihan

    Gaya bahasa yang digunakan lebih kompleks sehingga lebih mudah dimengerti. Alur ceritanya juga tidak membosankan sehingga merangsang pembaca untuk terus membaca hingga akhir cerita.

    Kekurangan

    Kekurangan novel ini terletak pada alur cerita bagian akhir, yang mana kelima sahabat tersebut sudah mempunyai keturunan namun tingkah lakunya masih seperti anak muda.

    ReplyDelete
  33. NAMA: JASON
    KELAS: XI AK 1
    Judul Novel: Perahu Kertas
    Penulis: Dewi Lestari
    Penerbit: Bentang Pustaka
    Tebal buku: 444 halaman
    Tahun terbit: 2009

    Sinopsis
    Perahu Kertas menceritakan kisah Kugy, seorang gadis yang senang berkhayal dan menulis. Khayalan-khayalannya acap kali absurd. Salah satunya adalah membayangkan bertemu Dewa Neptunus.

    Ia bercita-cita menjadi pendongeng dan mendapat halangan dari orang tuanya.

    Di pertengahan cerita, ia bertemu dengan sosok Keenan yang mempunyai hobi berbeda.

    Perkenalan Kugy dengan Keenan membuat alur cerita makin kompleks. Pasalnya, Keenan memiliki kegemaran melukis.

    Keduanya pun mulai menjalin ikatan pertemanan dan memadukan hobi masing-masing. Kugy sebagai pendongeng sementara Keenan yang menggambarkan cerita-ceritanya.

    Setelah sempat bersatu, konflik muncul karena Keenan dekat dengan Wanda, pacarnya.
    Selain kisah asmara, novel Perahu Kertas juga menyisipi mengenai pendewasaan diri serta perjuangan menuju mimpi.

    Kelebihan
    Novel ini mempunyai kedekatan dengan hidup banyak orang. Cinta, mimpi, dan rintangan.

    Selain itu, penulisannya pun sangat sederhana sehingga mudah dimengerti oleh pembaca.

    Salah satu yang juga menjadi kelebihan dari novel ini adalah plotnya yang tidak membosankan.

    Kekurangan
    Lantaran halaman yang cukup tebal dengan alur yang terkadang cepat kemudian tiba-tiba lambat, acap kali pembaca kurang fokus dan kehilangan konsentrasi.

    ReplyDelete
  34. Nama : Herlina
    Kelas : XI AK 1

    Novel Laskar Pelangi
    Identitas Novel
    Judul Buku: Laskar Pelangi
    Penulis: Andrea Hirata
    Tebal Buku: 529 halaman
    Penerbit: Bentang Pustaka, Yogyakarta
    Tahun Terbit: 2005

    Sinopsis
    Laskar Pelangi merupakan novel fiksi yang ditulis oleh Andrea Hirata. Novel tersebut mengisahkan tentang kehidupan 10 anak di Pulau Belitung, Provinsi Bangka Belitung, yang saling bersahabat. Orang tua mereka memiliki profesi yang sama, yaitu penambang timah. Meski hidup di tengah kemiskinan, mereka tetap bersekolah untuk menimba ilmu.

    Keadaan sekolah mereka cukup memprihatinkan dan tidak layak huni. Hal ini mendapat teguran dari pemerintah untuk menutup sekolah tersebut karena jumlah muridnya yang sedikit, yaitu hanya 10 orang. Waktu itu, sekolah nyaris ditutup karena pada saat penerimaan peserta didik baru, hanya ada sembilan orang siswa. Lalu, Harun datang sehingga sekolah tidak jadi ditutup.

    Ibu Muslimah merupakan sosok guru yang penyabar dalam mendidik para siswa. Meski beliau hanyalah lulusan SMP, beliau memiliki tekad yang kuat untuk mendedikasikan diri di dunia pendidikan.

    Kelebihan
    Cerita ini mempunyai gaya bahasa yang bagus sehingga menjadikan alur ceritanya menarik untuk dibaca. Banyak pelajaran hidup yang dapat dicontoh berdasarkan cerita di atas. Satu di antaranya adalah menumbuhkan rasa syukur kepada Tuhan atas apa yang telah diberi.

    Kekurangan
    Kekurangan dari novel Laskar Pelangi ini penulis seolah tidak menjelaskan waktu yang jelas.

    Kemudian latar belakang cerita yang berasal dari daerah terpencil menjadikan ada beberapa bahasa yang tidak dimengerti oleh orang awam.

    ReplyDelete
  35. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  36. Hendry emerson
    Xl ak 1
    Identitas Novel
    Judul novel : Sang Pemimpi
    Pengarang : Andrea Hirata
    Penerbit : Bentang Pustaka
    Tahun terbit : 2006
    Jumlah halaman : 292 halaman

    Sinopsis Novel
    Novel berjudul Sang Pemimpi karya Andrea Hirata ini merupakan sekuel kedua dari tetralogi Laskar Pelangi. Novel ini mengisahkan tentang tiga orang pemuda yang berjuang meraih mimpi-mimpi dalam hidup mereka. Ketiga pemuda tersebut adalah Ikal, Arai, and Jimbron.

    Novel ini sesungguhnya menceritakan kisah hidup Ikal (tokoh utama dalam novel Laskar Pelangi) sewaktu remaja yang duduk di bangku SMA. Akan tetapi dalam novel ini secara khusus penulisnya menentukan tokoh-tokoh sentral yang berbeda dari novel sebelumnya yang tokoh-tokohnya adalah 10 anak Laskar Pelangi.

    Kelebihan Novel
    Penggunaan gaya bahasa kepenulisan yang khas seperti halnya pada novel sebelumnya yakni Laskar Pelangi
    Menyajikan tentang pesan moral yang sangat kuat yakni beranilah bermimpi dan berjuang untuk meraihnya

    Kekurangan Novel
    Konflik cerita yang tidak terlalu tajam

    ReplyDelete
  37. Cindy Jelica XI AK 1 (hadir)

    Identitas Buku
    Judul Buku: Koala Kumal
    Penulis: Raditya Dika
    Tebal Buku: 250 halaman
    Penerbit: Gagas Media
    Tahun Terbit: 2015

    Sinopsis Koala Kumal:

    Raditya Dika adalah salah satu insan kreatif Indonesia yang karyanya selalu sukses diterima masyarakat. Kesuksesannya berawal dari aktivitas isengnya, yaitu nge-blogging.

    Tulisan di blognya lalu diadaptasi menjadi sebuah buku fiksi berjudul Kambing Jantan, yang merupakan hasil karya perdana Raditya Dika.

    Kelebihan

    Menuangkan kisah cinta yang sangat cocok untuk dibaca para remaja. Konsep temanya berbeda dengan buku-buku sebelumnya yang memang selalu sama. Menggunakan gaya bahasa yang mudah dipahami secara universal. Tata tulisan jauh lebih baik dibanding karya tulis perdananya Kambing Jantan.

    Kekurangan

    Secara menyeluruh kekurangan hanya pada tebal bukunya saja yang lebih tipis dari karya tulis lainnya.

    ReplyDelete
  38. Rosna
    XI AK 1
    Hadir

    Judul : Pantai dan Kehidupannya
    Pengarang : Edy Karsono
    Penerbit : PT. INDAHJAYA Adipratama
    Tahun terbit : Cetakan I tahun 1996, Cetakan V tahun 2003
    Kota terbit : Bandung
    Jumlah halaman : 64

    sipnosis

    Edy Karsono ialah pengarang dari buku berjudul Pantai dan Kehidupannya yang mengungkapkan bahwa pantai itu manfaatnya bukan hanya sebagai tempat berekreasi, banyak sekali manfaat-manfaat pantai yang sangat penting bagi manusia. Contohnya saja dalam bidang ekonomi, pantai sangat bermanfaat bagi penduduk sekitarnya untuk mencari nafkah sebagai nelayan. Selain sebagai mata pencaharian, pantai juga banyak sekali makhluk hidup yang hidup di sana yang memilki berbagai manfaat yang beragam. Misalnya burung-burung laut yang bisa diambil telur dan dagingnya. Siput, udang, lokan, tiram, dan remis untuk dimakan atau dijual ke pasar. Anjing laut yang bisa dimanfaatkan dagingnya untuk dimakan dan bulunya untuk bahan pakaian orang-orang kaya di kota-kota besar.

    Buku ini juga bukan hanya sekedar menjelaskan manfaat-manfaat pantai saja, melainkan buku ini juga menjelaskan tentang bagaimana sejarahnya pantai, apa saja bencana yang dapat terjadi di pantai, mengapa pantai harus dijaga kelestariannya, dan juga contoh-contoh negara yang menyalahgunakan pantai sehingga menyebabkan pantai dan makhluk hidup di sekitarnya menjadi terganggu. Selain itu pula, buku ini juga menceritakan berbagai macam hewan dan tumbuhan yang hidup di pantai, mulai dari kebiasaannya, caranya hidup dan mencari makan, caranya menghindari pemangsanya, dan lain-lain hal yang dapat kalian pelajari dari buku ini.

    Buku ini juga menjelaskan dalam bentuk kalimat yang tidak terlalu rumit sehingga mudah dipahami oleh pembacanya. Walaupun disajikan dalam kalimat simpel yang sederhana, buku ini tidak menyajikan gambar-gambar berwarna melainkan hitam-putih saja namun relevan dengan topik yang dibicarakan dan cukup memberi gambaran informasi yang jelas. Itulah yang menyebabkan buku ini terasa sedikit membosankan, namun sangat berguna bagi kita.

    Kelebihan

    Informatif, lengkap, dan logis

    Menggunakan kalimat yang sederhana sehingga memudahkan yang membacanya

    Terdapat gambar yang relevan

    Kekurangan

    Desainnya tidak menarik

    Gambar yang disajikan tidak berwarna

    ReplyDelete
  39. Nama : Havizar
    Kelas : XI AK 1

    Resensi novel Anak Rantau karya Ahmad Fuadi
    Judul Novel : Anak Rantau
    Penulis : Ahmad Fuadi
    Penerbit : Falcon
    Tahun Terbit : 2017
    Jumlah Halaman : 370 halaman

    Novel ini keluaran 2017. Novel ini merupakan novel terbaru A. Fuadi setelah trilogi Negeri Lima Menara, Ranah Tiga Warna dan Rantau Satu Muara. Trilogi tersebut merupakan novel yang ditulis A.Fuadi berdasarkan pengalaman nyatanya sendiri, sedangkan novel Anak Rantau merupakan karya fiksi A.Fuadi.

    Dalam Novel ini menceritakan Anak Rantau berlatar budaya Minang, Bukit tinggi dengan tokoh utama seorang anak bernama Hepi yang terpaksa tinggal di kampung halaman ayahnya, Martiaz. Secara umum novel ini bermuatan cerita kekeluargaan, persahabatan, petualangan dan lingkungan hidup. Melalui Anak Rantau kita diajak untuk ikut kembali mengembara dan memperoleh pelajaran hidup tidak hanya dirantau yang jauh dari kampung halaman, justru kita dibawa pulang menuju kampung halaman untuk menemukan kembali pelajaran yang hilang.

    Novel ini juga memberikan banyak motivasi dalam hidup kita. Kita bisa belajar bagaimana cara membentuk karakter dan budi pekerti anak di pedesaan. Dan bisa mempelajari ilmu kehidupan dari pedesaan yang tidak bisa dapatkan di kota.

    Kelebihan :
    Penulis menceritakan bagaimana suasana kampung di Tanah Minang, baik budayanya, bahasanya, dan orang-orangnya. Alur yang digunakan juga berjalan baik dan bahasanya pun mudah dipahami.

    Kekurangan :
    Dalam novel ini ada beberapa kata berbahasa Minang yang tidak ada artinya sehingga membuat bingung.

    ReplyDelete
  40. Nama : AndriLim
    Kelas : XI AK 2

    Resensi Novel Negeri 5 Menara

    Judul Buku: Negeri 5 Menara
    Penulis: Ahmad Fuadi
    Tebal Buku: 423 halaman
    Penerbit: PT. Gramedia Pustaka Utama
    Tahun Terbit: 2009

    Novel karya Ahmad Fuadi ini sudah diangkat dalam layar lebar. Tokoh utama di dalam novel ini adalah Alif. Ia lahir di Minangkabau. Sejak kecil, Alif mempunyai cita-cita menjadi seperti B. J. Habibie. Oleh karena itu, setelah SMP, ia berencana melanjutkan SMU di Padang. Ia berharap dapat kuliah di jurusan yang diinginkannya.

    Amak Alif berkeinginan Ia menjadi penerus Buya Hamka. Hal ini membuat impian Alif kandas. Orang tuanya menawari untuk sekolah agama atau pergi ke pondok pesantren. Alif sempat kesal, namun ia tidak ingin mengecewakan orang tuanya. Akhirnya, ia masuk pondok. Pamannya memberi saran untuk masuk ke Pondok Pesantren modern Gontor di Jawa Timur.

    Awalnya Alif menjalaninya dengan setengah hati, namun akhirnya oa tetap ingin melanjutkan di pondok posantren karena mendengar kalimat bahasa Arab 'Man Jadda Wajada' yang artinya adalah barang siapa bersungguh-sungguh pasti bisa.

    Di pondok, ia memiliki teman baru yang berasal dari berbagai daerah. Mereka adalah Raja, Dulmajid, Said, Atang, dan Baso. Mereka habiskan waktu sehari-hari dengan hafalan Al-Qur’an, belajar bahasa Arab dan bahasa Inggris siang malam. Pada tahun pertama, mereka merasa berat, namun tahun-tahun berikutnya mereka jalani dengan penuh warna dan pengalaman.

    Suatu hari Baso keluar dari pondok, hal ini menggugah semangat Alif dan teman-temannya untuk segera lulus dan menjadi orang sukses serta mewujudkan impiannya untuk pergi ke benua Eropa dan Amerika.

    Akhirnya, impian mereka terwujud. Alif berada di Amerika, Atang di Afrika, Raja di Eropa, Baso di Asia, Said dan Dulmajid di Indonesia.

    Kelebihan
    Ceritanya menarik dan membuat pembaca penasaran untuk mengetahui lebih lanjut kehidupan di dunia pesantren. Di dalam novel ini banyak dijumpai motivasi.

    Kekurangan
    Bagian klimaks ceritanya kurang menonjol dan penjelasan mengenai kehidupan beberapa tokoh dalam novel tersebut masih kurang.

    Kesimpulan
    Anda dianjurkan untuk tidak meremehkan suatu impian karena Allah Maha Mendengar.

    ReplyDelete
  41. Welly Nagaputra XI AK 1

    Resensi Novel Surat Kecil untuk Tuhan
    Judul : Surat Kecil untuk Tuhan
    Penerbit : Inandra Published
    Pengarang : Agnes Davonar
    Jumlah halaman : 239 halaman
    Tahun terbit : 2008
    Novel ini mengisahkan tentang perjuangan seorang gadis untuk melawan kanker ganas. Gadis tersebut bernama Gita Sessa Wanda Cantika, yang akrab disapa Keke. Ia divonis terkena kanker ganas dan hidupnya tinggal lima hari.
    Kanker tersebut menyerang bagian wajah Keke sehingga dirinya tampak seperti monster. Namun, Keke tetap berjuang untuk hidup dan mendapatkan pendidikan layaknya gadis lain seumurannya. Penyakit itu tidak diberitahukan kepada Keke karena mereka tidak tega melihat anaknya kehilangan separuh wajahnya apabila dilakukan operasi. Namun, pada akhirnya Keke pun mengetahui penyakitnya.
    Keke selalu tersenyum dan berjuang untuk hidup normal dan berprestasi seperti orang normal lainnya. Ayahnya pun terus berjuang demi kesembuhan Keke. Ayahnya berupaya mencari pengobatan alternatif di seluruh wilayah Indonesia, namun tidak membuahkan hasil. Akhirnya, menggunakan cara medis dan dokter menyarankan untuk kemoterapi.
    Keke mendapatkan keajaiban dari Tuhan sehingga ia bisa menghabiskan waktu lebih lama dengan teman dan keluarga. Kanker tersebut merupakan penyakit pertama di Indonesia dan saat itu menjadi viral. Hal ini menimbulkan perdebatan di antara para dokter. Namun, setelah tiga tahun, kanker itu kembali tumbuh di bagian tubuh lainnya.
    Ayahnya memutuskan untuk berobat ke Singapura. Dokter di sana pun menyarankan untuk melakukan operasi. Namun, akhirnya mereka kembali ke Indonesia dan keadaan Keke makin parah. Hal ini dikarenakan kanker tersebut telah menyebar ke bagian organ tubuh lainnya, yaitu paru-paru dan jantung.
    Meski tangan dan kakinya sudah tidak bisa digerakkan, Keke tetap semangat belajar. Kondisi Keke makin parah hingga mengalami koma dan dirawat di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo. Di tengah kondisinya tersebut ada kabar gembira, Keke mendapatkan prestasi sebagai juara tiga di ujian akhir di kelasnya.
    Akhirnya dokter menyerah dan Keke mengembuskan napas terakhirnya pada 25 Desember 2006. Tepatnya, setelah puasa dan saat merayakan Idulfitri. Sebelum meninggal, Keke sempat menuliskan surat kecil untuk Tuhan.
    • Kelebihan
    Cerita di dalam novel ini diangkat dari kisah nyata sehingga sangat menyentuh hati pembaca. Penulis mampu membawa pembawa berimajinasi.
    • Kekurangan
    Dalam novel tersebut sering diijumpai beberapa kata kiasan yang mungkin bisa membuat pembaca sulit dimengerti makna atau maksudnya.



    ReplyDelete
  42. anggelina fransiska XI ak 2 hadir

    ReplyDelete
  43. Nama:Charles
    Kelas:XI AK 2

    Judul Buku: Satwa Terancam Bahaya
    Penulis: Jen Green
    Penerbit: Pakar Raya
    Tahun terbit: Tahun 2006
    Tebal buku: 32 Halaman

    Ringkasan Satwa Terancam Bahaya

    Di dalam buku karangan Jen Green ini banyak sekali pengetahuan yang akan mengajak kita untuk lebih mengenal dan mengetahui penyebab satwa menjadi langka dan bagaimana cara menyelamatkannya dari kepunahan. Hewan dan tumbuhan punah merupakan hewan dan tumbuhan yang telah mati secara keseluruhan. Hewan yang sangat langka adalah hewan yang terancam kepunahan atau populasinya akan musnah.

    Pada zaman dahulu, sudah banyak spesies yang telah punah. Hal ini dikarenakan hewan tersebut tidak dapat menyesuaikan diri dengan perubahan lingkungan.

    Pada zaman sekarang ini sedang terjadi pemanasan global yang merupakan perubahan suhu bumi dengan cepat. Banyak sekali penyebab hewan menjadi langka bahkan punah.

    Pencemaran, penebangan liar, perburuan secara besar-besaran, penangkapan ikan yang berlebihan, hujan asam, itu semua dapat menyebabkan satwa menjadi langka.

    Untungnya masih ada kelompok atau komunitas pecinta alam yang bersedia menyelamatkan satwa langka. Seharusnya tidak hanya pecinta alam saja yang membantu menjaga melestarikan satwa langka. Akan tetapi masyarakat juga harus bertindak, salah satunya dengan mematuhi UU yang berlaku tentang perlindungan satwa langka.

    Kelebihan

    Jika dari tata bahasa, buku ini mampu membantu siswa dengan kemampuan baca yang berbeda dan dapat menikmati buku yang sama. Baik itu secara materi di kelas maupun bacaan kelompok sendiri.

    Kekurangan

    Masih terdapat beberapa istilah asing yang tidak ada penjelasannya. Sehingga masih menimbulkan tanda tanya untuk para pembacanya.

    ReplyDelete
  44. Nama : Rudi
    Kelas : XI AK 2

    Judul Buku: Memahami Film
    Penulis: Himawan Pratists
    Tebal Buku: 223 halaman
    Penerbit: Homerian Pustaka
    Tahun Terbit: 2008

    Masih banyak orang yang melihat film sebagai sesuatu yang mustahil untuk dijalankan. Film bisa dibuat oleh siapa saja dan banyak yang berminat untuk belajar membuat film. Sayangnya, kedalaman untuk mempelajari seni film masih terbatas. Pengetahuan tentang film juga masih sebatas di ruang kuliah saja, padahal film menjadi milik semua orang yang mempunyai hobi menonton.

    Buku ini dapat membantu pembaca untuk memahami film sebagai bentuk seni. Pembaca bisa belajar dilengkapi dengan gambar-gambar yang mendukung sehingga memudahkan pembaca untuk memahami isi bukunya.

    Kelebihan

    1. Buku ini disertai contoh-contoh unsur pembentukan film yang dilengkapi ilustrasi dan referensi film.
    2. Buku ini menjelaskan setiap topik dengan detail. Misalnya, aspek naratif, jenis dan ciri genre seta lainnya.
    3. Buku ini mempermudah dan dapat menuntun pemula untuk membuat film.

    Kekurangan

    Buku ini sulit dicari karena tidak semua toko buku menjualnya, Bahkan, di Gramedia pun tidak ada. Apabila Anda berminat, Anda dapat mengakses lewat situs yang menjual buku tersebut.

    ReplyDelete

Back to Top