..

Hari Keempat Diklat Guru dan Tenaga Kependidikan-Being an Amazing Educator In Maitreya School 7 Juli 2022



Pada hari keempat diklat guru dan tenaga kependidikan, peserta masih bersemangat. Mereka melakukan gerakan senam mengikuti irama, meskipun belum hapal gerakannya, karena senam ini masih tergolong baru bagi para pserta. Hal ini justru membuat para peserta semakin penasaran sampai-sampai mengundang tawa para peserta. Senam yang dilakukan adalah Senam Hidup Tiada Tara dan Tarian Alam.

Selanjutnya, para peserta menjawab soal dalam bentuk TTS yang berisi materi-materi yang telah disampaikan selama 3 hari. Tentu saja berbeda dengan diklat hari pertama, kedua dan ketiga. Biasanya para peserta bermain games, tetapi kali ini mereka menjawab soal dalam waktu 10 menit dengan jumlah soal 50. Mereka sangat antusias sekali, ada yang senyum-senyum karena sudah tahu jawabannya, ada yang mengerinyatkan dahi karena masih mencari-cari jawabannya.

Selesai menjawab TTS, acara pun dilanjutkan dengan Menyanyikan lagu Kita Semua Satu Keluarga bersama-sama di pandu oleh pembawa acara yaitu Sir Stephen, kemudian foto bersama dan melihat tayangan showtime dari Sekolah Kasih Lestari Tembilahan. Acara pun siap dengan pemateri-pemateri hebat yang akan tampil dalam layar Zoom.

Pemateri 1. Dr. Susianto MKM

Vegetarian Sehat Bagi Pendidik Sekolah Maitreya.

Seluruh warga sekolah Maitreya atau yang berada di bawah naungan Yayasan Prajnamitra Maitreya wajib mengikuti peraturan sekolah yaitu makanan berupa sayur dan buah-buahan yang biasa disebut Vegetarian. Guru dan tenaga kependidikan dilarang keras membawa daging dan semacamnya di lingkungan sekolah. Apabila melanggar peraturan, akan dikenakan sanksi sesuai kesepakatan yang berlaku.

Untuk itulah Dr. Susianto sebagai pakar kesehatan makanan vegetarian memberikan tips cara sehat meningkatkan imunitas di masa pandemi:

1. Gaya hidup sehat, olahraga

2. Gizi seimbang berupa makanan utuh, buah – buahan, sayur, biji – bijian, bukan berupa jus maupun makanan campuran.

3. Menjaga berat badan yang sehat (ideal) dengan menyesuaikan antara tinggi dan berat badan.

4. Tidak merokok

5. Tidak minum alkohol

6. Cukup tidur

7. Mengurangi stress

Salah satu cara mengurangi stress adalah sehat fisik, sehat mental dan sehat sosial

8. Mencegah terjadinya penularan virus corona misalnya mencuci tangan, menjauh dari kerumunan dan memakai masker.

Mengganti daging dengan Tempe

Makan tempe setiap hari bukanlah masalah, tempe tidak menaikkan asam urat tetapi makanan yang mengandung furinlah yang dapat menaikan asam urat. Furin sendiri adalah makanan-makanan yang berserat atau mengandung serat dan furin tertinggi ada pada hewani. 9 – 100 mg. 

Anak – anak dalam masa pertumbuhan wajib mengkonsumsi makanan yang mengandung protein minimal 2 gram / 1kg berat badan. Anak – anak lebih tinggi membutuhkan protein daripada orang dewasa. Makanan yang mengandung protein adalah beras dan kacang – kacangan, yogurt dan yakult sebaiknya ganti dengan soya atau kacang – kacangan.

Makanan pokok tidak wajib nasi, tetapi kompleks karbohidrat berupa umbi – umbian. Umbi – umbian sangat bagus untuk otak. Sebaiknya makan nasi hanya 1/3 saja, 1/3 nya lagi adalah sayur – sayuran 1/6 makan buah yang bervariasi dan 1/6 nya lagi lauk pauk.

Ice breaking (tebak gambar)

Pencairan suasana kali ini para peserta menebak gambar yang tertera di layar Zoom. Anehnya, gambar yang ditayangkan diluar ekspektasi para peserta karena panitia membuat gambar-gambar yang aneh dan memang hanya untuk hiburan semata, misalnya kepala kucing namun badannya adalah burung hantu, kepala angsa namun badannya adalah kuda, dan lain-lain. Ice breaking ini tentu saja mengundang gelak tawa para peserta, mereka merasa aneh dengan gambar-gambarnya,


Pemateri 2 Tek Jan, S. T. CT. CPSP

Mengapa Saya Mau Menjadi Pendidik Sekolah Maitreya

Karakteristik Sekolah Maitreya

Sekolah Maitreya harus berbeda dari sejolah-sekolah yang lain, perbedaan ini terletak pada ciri khas masing-masing sekolah, dan Maitreya itu sendiri mempunyai karakteristik dengan mengamailkan 4 C

1. C = Content = media ajar

Memiliki sesuatu yang spesial yaitu Moral Etika.

Membangun karakter – karakter yang baik.

Membangun etika – etika yang baik dan bernilai luhur.

Kurang cerdas dapat diperbaiki dengan belajar, kurang cakap dapat dihilangkan dengan pengalaman, namun tidak jujur itu sulit diperbaiki. -Bung Hatta.

Intelligne plus character that is the goal of true Education.

-Dr. martin luther king – Jr.

Tujuan tertinggi dari pendidikan adalah kebahagiaan. Kebahagiaan itu sendiri sangat erta kaitannya dengan berbicara tentang kasih dan rasa syukur.

Karakter

Ada dua jenis karakter yaitu kinerja berupa pencapaian. Pencapaian mencakup disiplin, tanggung jawab, mandiri, rendah hati dan ramah. Karakter yang kedua adalah moral. Moral sendiri mencakup rasa syukur, empati dan jujur. 85% kesuksesan manusia adalah karakter dan 15% lagi adalah skill.

Berdasarkan penelitian dari 783 orang di amerika, mereka mengatakan yang menyebabkan manusia sukses adalah;

1. Jujur

2. Rendah hati, suka membantu, ,engajar yang tidak tahu jadi tahu, mendidik yang tidak mau jadi mau, contoh sederhana : mebuang sampah

Semua orang tau bahwa tong sampah adalah tempat membuang sampah, tetapi banyak orang yang tidak mau membuang sampah pada tempatnya.

Pendidikan adalah mesin pencetak sensasi
 

2. C = contect

Bagaimana cara mentransfer ilmu, guru harus kreatif. Siapkan bahan ajar, bawa anak – anak ke kelas terbuka karena setiap tempat adalah sekolah.

3. C = Celture

Budaya yang berbeda dengan yang lain setiap guru yang ada di sekolah maitreya adalah guru etika. Kita bertanggung jawab membangun sekolah yang beretika

4. C = Character

SDM yang ada di dalamnya, karakter warga sekolah. Menjualkan apa yang diajarkan. Memberikan inspirasi, motivasi, menjadi guru yang dicintai bukan ditakuti. Memiliki kemampuan untuk menjadi guru. Amazing teacher guru harus bisa membimbing diri sendiri, menjadi role model bagi siswa kita.

Antara Motivasi dan Pembiasaan

Lakukan pembiasaan sedikit demi sedikit. Motivator = dari luar ke dalam sedangkan pembiasaan itu selamanya dan ini butuh proses. Kita sendiri yang harus jadi role modelnya.

  
Menjadi intan tidak bisa instan

Sama halnya seperti guru, guru itu ibarat intan berlian tak ternilai dengan apa pun. segala sesuatu yang mereka lakukan amatlah berharga. karena itu lah jika ingin menjadi guru yang luar biasa tidak bisa instan, harus ada prosesnya. 

Dipaksa – terpaksa – jadi bisa – biasa – budaya.

kita dipaksa melakukan sesuatu meskipun tidak kita sukai, walaupun terpaksa kita pasti bisa melakukannya dan lama-lama terbiasa, otomatis apa yang kita lakukan sudah menjadi budaya kita setiap waktunya. 

meskipun sudah memasuki hari keempat diklat guru dan tenaga kependidikan, para peserta masih tetap mempertahankan semangatnya demi menjadi guru yang luar biasa. Semoga guru selalu diberi kesehatan sehingga dapat terus mendidik anak bangsa.

  

Games dan Proyek 

Peserta diklat menjawab pertanyaan sesuai materi dari aplikasi Quiziziz dan pemenangnya akan mendapatkan pulsa@20 rb untuk 3 pemenang. Setelah itu, para peserta diminta untuk menuliskan narasi dengan tema apa yang menyebabkan para guru terpanggil untuk mengajar di Sekolah Kasih Maitreya. Tulisan berisi intuisi sebanyak 3 halaman dengan format tulisan Times New Roman spasi 1,5. 

semangat .....







Maya Fasindah
Blog seorang guru dan alhamdulillah seorang penulis yang masih terus belajar dan belajar.

Related Posts

Posting Komentar