..

Hari Kelima Diklat Guru dan Tenaga Kependidikan-Hari Terakhir dan Pelatihan IKM


 

Hari kelima diklat guru dan tenaga kependidikan sekaligus hari penutupan diawali dengan renungan selama mengikuti kegiatan diklat, dilanjutkan dengan pembawa acara yang dibawakan oleh Mis Humaira dan Mis Debora yang akan mengumukan pemenang lomba selama mengikuti diklat hari pertama, kedua, ketiga dan keempat. Lomba yang diikuti adalah projek-projek yang diberikan sebelumnya, baik itu membuat media ajar terbaik, video drama terbaik dan menjawab soal terbaik.

Ada beberapa pemenang dalam lomba ini, dan bapak Suanto selaku ketua dewan Pembina mengatakan bahwa ini hanyalah sebuah kompetisi, para guru sudah melakukan yang terbaik. Namun, materi yang diberikan tidak hanya dicatat tetapi di terapkan dalam dunia pendidikan.

Acara dilanjutkan dengan mengikutui webinar Zoom mengenai IKM atau Implementasi Kurikulum Merdeka.

Pemateri 1: Ir. Candra, M.Si

Beliau mengatakan bahwa selama pandemi banyak learning loss yang terjadi karena itulah digunakan kurikulum darurat sebagai acuannya, dan ternyata kurikulum darurat ini mampu menurunkan angka learning loss. Seba itulah pemerintah mengubah kebijakan baru yaitu kurikulum merdeka.

Kategori Ekosistem

Sekarang, belajar sebagai kewajiban dan sistem tertutup sedangkan pada arahan masa depan belajar menjadi sebuah pengalaman yang menyenangkan dan sistem terbuka.

Kategori Guru

Sekarang, guru sebagai penyampai informasi dan berdasarkan teori sedangkan arahan di masa depan guru sebagai fasilitator dan berdasarkan praktek

Kategori Pedagogi

Sekarang, berbasis konten, kurikulum dan penilaian. Pendekatan satu ukuran untuk semua, sedangkan arahan di masa depan berbasis kompetensi dan nilai-nilai kurikulum,dan pendekatan individu.

Kategori Kurikulum

Sekarang sebagai konten dan diwajibkan kegiatan akademik sedangkan arahan di masa depan sebagai kompetensi dan kerangka pengembangan karakter.

Dokumen Kurikulum Operasional Pendidikan (KOSP)

Dokumen 1 Kurikulum 2013 (KTSP) adalah visi. Misi, tujuan struktur dan muatan kurikulum, pengaturan beban belajar dan kalender pendidikan, sedangkan Kurikulum Merdeka adalah Karakteristik satuan pendidikan, visi dan misi satuan pendidkan, tujuan program keahlian, pengorganisasian pembelajaran

Dokumen 2 Kurikulum 2013 (KTSP) adalah silabus sedangkan Kurikulum Merdeka adalah Alur Tujuan Pembelajaran.

Dokumen 3 Kurikulum 2013 (KTSP) adalah RPP sedangkan Kurikulum Merdeka adalah Perangkat/Modul Ajar dan Evaluasi Pembelajaran.















Maya Fasindah
Blog seorang guru dan alhamdulillah seorang penulis yang masih terus belajar dan belajar.

Related Posts

Posting Komentar