..

Tips Menjaga Semangat Ngeblog

2 komentar



Semangat merupakan kemauan atau gairah melakukan sesuatu untuk mencapai tujuan, namun kadang kala semangat justru naik turun. Untuk itu, semangat harus dijaga sebaik mungkin agar tubuh tetap dalam kondisi bugar. Jika semangat terjaga, maka menulis pun lancar selayaknya air mengalir.

Dulu, kita sering mendengar pepatah yang mengatakan banyak jalan menuju Roma, pepatah tersebut menggambarkan bahwa untuk bisa meraih sesuatu sepatutnya tidak terpaku pada satu cara, begitu juga dengan istilah zaman milenial sekarang ini, banyak jalan menuju cuan. Itu artinya kita harus cari tahu cara mencari cuan selain kerja keras yaitu kerja cerdas. Ada orang yang suka membaca tapi gak suka nulis, nah ada juga orang yang suka nulis tapi dia sendiri gak tahu tulisan itu nantinya untuk apa. Salah satunya adalah Ngeblog.

Ngeblog atau blogger merupakan salah satu cara paling efektif untuk menghasilkan cuan, bermodalkan ide yang dituangkan dalam tulisan; memberi manfaat bagi orang lain, memberikan informasi berharga, mengasah kemampuan berpikir, hingga akhirnya diyakini mampu meningkatkan kehidupan ekonomi.

Karena itulah agar semangat ngeblog kita tetap terjaga, perlu dilakukan hal-hal berikut ini:
 

Berpikir Positif

Jika kita terbiasa dengan berpikir positif, maka kita akan terhindar dari kejenuhan saat menulis, otomatis ide tulisan terus mengalir kan? Jika sudah mengalir gak menutup kemungkinan tulisan yang dihasilkan pasti berkualitas dan bermanfaat.

Pasang Alarm

Suara alarm dapat membantu kita untuk kembali fokus pada kerjaan kita yaitu menulis. Jika seseorang sering lupa dengan rutinitas atau pekerjaannya, alarm adalah salah satu cara sebagi pengingat diri. Dan secara tidak langsung, kita akan melakukan pekerjaan yang menjadi rutinitas kita. Jika kita mampu melakukannya dengan baik, rutinitas yang menjadi pekerjaan kita bisa dikatakan berhasil.

Ingat Kembali Big Why nya Kita

Meskipun ngeblog bukan menjadi tujuan utama seseorang dalam pekerjaannya, tapi setiap orang punya mimpi untuk mewujudkannya. Percayalah pekerjaan sampingan justru lebih menjanjikan jika kita benar-benar konsisten melakukannya. Setiap pekerjaan yang kita lakukan ada hasilnya kok meski kecil sekalipun, sebagai pengingat diri tulisan yang baik adalah tulisan yang mampu kita selesaikan dengan baik pula.

Biasakan Hal yang tak biasa

Jika kita berniat ngeblog, sudah pasti berniat untuk menulis. Meskipun ini bukanlah hal yang biasa kita lakukan, lama-lama juga jadi terbiasa. Jika sudah terbiasa pastinya menghasilkan sesuatu yang luar biasa. Dengan konsistensi menulis tiap hari untuk mengisi blog kita, tulisan demi tulisan pasti akan berubah seiring berjalannya waktu.



Sampai disini dulu ya sahabat, semoga tulisan ini nermanfaat. Yok bisa yok…





Maya Fasindah
Blog seorang guru dan alhamdulillah seorang penulis yang masih terus belajar dan belajar.

Related Posts

2 komentar

  1. Benar kak... Tips nya bermanfaat. Saya kadang suka kelupaan mau menulis blog karena kesibukan. Tapi setelah menulis blog saya menjadi semangat karena merasa lebih produktif.

    BalasHapus
  2. Wah keren banyak, bisa di tiru nih

    BalasHapus

Posting Komentar