..

Google Search Console, Pastikan Terpasang Dengan Baik

Posting Komentar
Hai sahabat Maya, yuk kita saling sharing seputar dunia para blogger. Gimana? Masih semangat kan? Jangan pusing ya kalau kita ngulik tentang blog dan kronco-kronconya, heheheheheehe…awalnya aku juga pusing kok, tapi lama kelamaan asyik loh. Kali ini aku akan bahas tentang GSC ya Google Search Console, pastikan terpasang dengan benar.

Setelah berhasil ngulik tentang Google Analytics kemaren, sekarang kita lanjut ke GSC ya, eits jangan pusing dulu, ini gampang kok. Gak sesulit yang kalian bayangkan ya sahabat. Yuk pelan-pelan pasang Google Search Consolenya. Karena ini membantu performa baik untuk blog kita sahabat, kita pahami dulu yuk apa sih Google Search Console itu? Apa fungsi Google Search Console? Yok bisa yok

google search console

Apa itu Google Search Console?

Google Search Console adalah tool webmaster yang di sediakan Google secara gratis untuk membantu para pemilik website untuk mengidentifikasi performa dan melakukan optimasi website mereka di ranah organik. GSC bisa dikatakan sebagai alat monitor website yang berfungsi untuk mengetahui performa sebuah website.

Dengan GSC memungkinkan kamu untuk mengetahui performa website, mengetahui keyword terpopuler, trafik website, referring domain, kinerja website di perangkat mobile, eksternal dan internal link dan masih banyak lainnya.

Google Search Console ini memberi tahu kita tentang bagaimana kualitas blog kita di mata googole. Misalnya mengetahui page mana dari blog kita yang muncul di halaman pertama google, berapa banyak artikel blog kita yang tayang di google dan berapa bayak yang diklik oleh pembaca, serta kata kunci apa yang membawa mereka menuju blog kita.

Jadi, GSC ini tentu bisa membantu pemilik web/blog untuk merancang artikel-artikel ke depannya, misalnya berdasarkan kata kunci/kueri yang berhubungan dengan artikel-artikel yang banyak dicari di blog kita.

Apa sih fungsi Google Search Console?

Google search console memiliki banyak fungsi, Sesuai dengan yang disebutkan beberapa diatas, GSC memiliki beberapa manfaat untuk membantu para webmaster meningkatkan performa website. Nah berikut ini manfaat menggunakan GSC :

1. Menghapus Index Google

Buat sahabat yang baru pertama kali nulis di blog, ini biasa dilakukan karena gak begitu percaya diri dengan tulisan yang dibuat, karena itu sahabat bisa saja menghapus postingan nya ya. Yang membuat masalah itu mengapa masih muncul sehingga menyebabkan laman not found. Nah, sahabat bisa mengatasi hal tersebut dengan menghapus index google dengan Search Console.
 
2. Mengetahui Internal dan Eksternal Link

Dengan Search console kamu bisa mengetahui eksternal dan internal link, Kamu juga bisa mengetahui backlink dari website kamu. Hal ini sangat membantu kamu dalam mengelola dan memonitor link pada website kamu.

Fitur ini juga dapat membuat kamu dalam disavow backlink spam yang masuk pada website kamu. Backlink spam dapat berdampak buruk pada website, Dengan GSC kamu bisa memantau backlink yang mengarah pada website kamu.
 
3. Inspeksi URL

Jika kamu memiliki sebuah postingan baru di website namun lama di index search engine, Maka kamu bisa menggunakan Search Console. Dengan Google search console kamu bisa menginspeksi url baru agar cepat terindex.

Walaupun sudah terdapat sitemap yang berguna untuk inspeksi url secara otomatis, Namun terkadang sitemap mengalami error sehingga tidak dapat melakukan inspeksi url. Maka dari itu kamu bisa melakukan inspeksi url baru dengan search console agar postingan kamu bisa terindex dengan cepat.
 
4. Submit Sitemap Website

Sitemap berfungsi untuk mengetahui url yang terdaftar dalam sebuah website, Sitemap dapat berfungsi untuk google mengetahui url terbaru pada sebuah website. Namun untuk mengetahui url terbaru kamu harus submit sitemap terlebih dahulu pada Google Search Console. Setelah submit Sitemap website kamu maka otomatis url terbaru akan terinspeksi dan terindeks dengan sendirinya.
 
5. Identifikasi Performa Website

Search Console adalah tools khusus para webmaster untuk mengetahui performa dari website yang di kelola. GSC memiliki sebuah menu yang sangat berguna untuk mengidentifikasi performa dari website. Dengan GSC pemilik website bisa mengetahui jumlah trafik, keyword terpopuler, broken link dan berbagai matriks seperti page rank, impression, CTR, dll.

Cara Memasang Google Search Console di Blogspot


Nah, setelah kita tahu apa itu GSC dan fungsinya, yuk cus pasang dong GSC nya.

1. Silakan klik url berikut https://search.google.com/search-console/about



2. Klik Start now

3. Login akun google yang ingin digunakan. Sebaiknya, sama dengan akun blog. 

4. Pada pojok kiri tampilan jendela, pilih kolom search property, klik add property

5. Pilih tipe properti yang ulr prefix. Ketik alamat blog secara lengkap. Klik continue

6. Lakukan verifikasi kepemilikan sesuai permintaan yang tertera di layar

7. Setelah kepemilikan terverifikasi, saatnya menuju menu Sitemaps (peta situs). isikan sitemap/xml, klik kirim, tunggu sampai ada keterangan sukses, selanjutnya, isikan atom/xml, klik kirim, tunggu pula sampai ada keterangan sukses.

Yey…sudah terpasang nih, senang gak, senang gak? Senang dong … oke, sekarang kita lanjut cara menghubungkan Google Search Console dengan Google Analytics ya…

Pertama, pada GSC bagian setelan/setting - klik pengaitan/associations

Kemudian, Pilih property UA yang akan ditautkan, klik lanjutkan,

Dan…GSC dan GA telah terhubung

Jika telah terhubung, selanjutnya kita cek dulu ya apakah benar-benar sudah terhubung apa belum, caranya:

1. Buka dashboard Google Analytics - Admin - Setelan Property - Search Console – Klik
 


2. Jika telah terhubung maka akan muncul tampilan seperti ini:



3. Masuk ke GSC - sitemap/peta situs. Tambahkan sitemap.xml di belakang URL blog. Klik kirim. Done.


4. Selanjutnya, kita bisa cek apakah artikel yang kita tulis sudah terindeks di google atau belum.



Itulah tadi artikel tentang apa itu Google Search Console, fungsi, serta panduan lengkap tentang cara menggunakannya untuk memaksimalkan performa website. Ketika konten terupload, jangan lupa pastikan bahwa halaman konten tersebut telah terindex, Sahabat. Selain itu, periksa secara berkala performa website pada tampilan device agar pengunjung bisa nyaman saat berselancar dalam website kita.

Nah, untuk melakukan semua fungsi di atas, Google Search Console adalah tool yang kita butuhkan. Dengan Google Search Console, sahabat bisa mendapatkan data akurat mengenai kata kunci, keamanan, hingga kinerja website/blog di hasil pencarian.

Jadi pastikan website/blog sahabat terdaftar ya di Google Search Console. Itulah informasi mengenai google search console, sahabat bisa memanfaatkan GSC untuk melihat performa dan membantu kamu dalam melakukan optimasi website. Sampai jumpa di artikel berikutnya ya.



























Maya Fasindah
Blog seorang guru dan alhamdulillah seorang penulis yang masih terus belajar dan belajar.

Related Posts

Posting Komentar