..

Cara membuat tampilan blog user friendly, gampang kok.

Posting Komentar
Assalamualaikum sahabat maya semuanya .... gimana nih perkembangan blog kalian? sudah berbagi info apa aja nih? jangan bosan ya isi blog nya dengan info-info yang menarik, minimal 1 bulan sekali deh. nah supaya gak bosan, ini nih aku kasih oh ya info cara membuat tampilan blog yang user friendly agar pengunjung blog sahabat makin betah ya. gimana sih? simak ya ...

Cara mengubah tampilan blog, mengganti template blog, atau mengubah tampilan halaman depan blog di Blogger (blogspot) gampang kok. Yaitu dengan memasang kode file template. Tinggal hapus dan copas saja!

 blog user friendly

Namun, untuk para pemula yang baru mengenal Blogger pasti akan bingung cara mengganti template blog melalui Blogger. Tenang, kami akan membahas tuntas cara untuk mengganti template dan hal yang harus dilakukan setelah mengganti template blog melalui Blogger. Simak sampai akhir ya!

Cara Mengganti Template Blog Blogger

Berikut ini cara mengganti template blog atau nengubah tampilan blog yang dibuat di blogger (Blogspot) milik Google. Caranya yaitu dengan mengganti kode template lama dengan kode yang baru.

1. Siapkan File Template

Langkah pertama, cari dan download dulu templatenya.

Banyak template blog gratis, tinggal “search” di Google dengan kata kunci “free blogger template”, “template gratis blogspot”, atau lebih spesifik seperti “template blog SEO Friendly” atau “template magazine blog”. File template blog berekstensi .xml ya! Misalnya: seo-optima.xml, jurnalistik-template.xml, dll.

Jika hasil download berupa file ekstensi .zip, maka extract dulu: klik kanan, pilih “extract”, hingga menjadi atau ditemukan file templatenya berupa ekstensi .xml.


2. Login ke Blogger

Langkah kedua, masuk (login) ke akun blogger sahabat. Blogger mah biasanya “keep login” di komputer pribadinya. Jadi, gak usah login lagi.

3. Pilih Blog


Jika punya banyak blog (satu akun gmail bisa bikin 100 blog lho!), pilih blog yang templatenya akan diganti. Kalo blognya cuma satu mah, ya gak usah pilih-pilih!

4. Pasangkan File Templat

Kini saatnya mengganti template blog di dashboard Blogger terbaru sama.

1. Klik Tema (Theme)
2. Klik icon panah ke bawah di kanan



3. Klik atau pilih Edit HTML

Akan terbuka kode file template yang terpasang di blog. Sebaiknya sih, Anda klik “Backup” dulu untuk menyimpan file template lama. Siapa tau mau balikan sama mantan

4. Hapus semua kode yang ada.

Caranya: klik di area mana saja, lalu Select All (Ctrl+A), dan hapus (Delete)

Jika sudah dihapus, maka kode template blog Anda hilang.

Sekarang tinggalkan dulu dashboard Blogger. Anda ke File Explorer untuk membuka file template blog hasil unduhan.

5. Buka file template blog.

Buka file xml template Anda dengan Notepad. Tau ‘kan Notepad? Di semua komputer ada. Itu aplikasi bawaan Windows. Jika tidak ada, silakan downloa dan pasang dulu Windows Notepad. 

Temukan file template, lalu klik kanan (right-click) file template > klik Open with > Notepad


4. Jika sudah terbuka, Select All (Ctrl+A) dan Copy (Ctrl+C) semua kode yang ada.



5. Kembali ke dashbord Blogger

Paste (Ctrl+V) kode yang sudah dicopy tadi ke lokasi kode template yang kosong karena sudah dihapus tadi.



Anda bisa cek pratinjau (preview) tampilan blog baru Anda dengan kode tempalet yang baru. Klik icon mata di kanan atas.

6. Simpan! Klik ikon save paling kanan.

Ganti template blog selesai. Beres. Kini tampilan blog Anda sudah berubah, sesuai dengan template yang dipilih.



Mengapa Harus Ganti Template?

Algoritme Google terus berubah. Para desainer template juga terus berkarya untuk membuat tema blog yang lebih SEO Friendly, cepat (fast loading), ramah seluler (mobile-friendly/responsive), dan ramah pengguna (user friendly).

Barangkali, blog sahabat “ketinggalan zaman” jika masih bertahan dengan template lama. Maka, segera cari template blog terbaik yang memenuhi standar SEO Google tadi:

1. Cepat (fast loading)

2. Ramah seluler (mobile-friendly/responsive)

3. Ramah pengguna (user friendly)
 
Setelah Ganti Template

Setelah pasang file template kelar, langkah berikutnya adalah melakukan Setting di bagian Layout (Tata Letak) untuk mengatur kembali widget header, sidebar, footer, dan sebagainya.

Ingat, widget di sidebar yang terpasang sebelumnya harus pasang ulang: Add a Gadget! Jangan lupa lakukan setting di dashboard seperlunya. Jangan lewatkan mengisi deskripsi dan meta tag untuk menerapkan Standar SEO Blog di Blogger.
 
Hal-hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Template

Berawal dari mengikuti kelas OPREC OBS ODOP, aku semakin tertantang dengan blog ini sahabat, meskipun masih puyeng dengan coding justru aku maskin penasaran. Setelah belajar template di OPREC OBS ODOP dan ternyata mengulik template juga tidak semudah yang dibayangkan, akhirnya memilih templete yang terlihat profesional. Karena tujuannya ingin lebih semangat ngeblog lagi, tampilan yang terlihat profesional lebih memacu untuk menulis.

1. Pastikan Tidak Akan Mudah Berganti Template

Memilih template tidak semudah yang kita bayangkan ya, pasalnya ada banyak yang harus diedit setiap kita berganti template. Dan tampilan akan berubah setiap kita berganti. Meski ada yang tidak berganti total, ada saja yang harus diperbaiki.

Hal tersebut juga akan membingungkan pembaca setia kita nantinya dengan navigasi yang berubah-ubah. Waktu kita juga habis di edit template saja, nanti lupa untuk menulis, hehe. Jadi pastikan kita tidak akan mudah berganti template sehingga memudahkan pekerjaan ngeblog kita.

2. Pilih Template yang SEO Friendly

Template juga bagian dari teknik SEO Friendly. Selain tulisan kita, template sebaiknya yang mengandung unsur SEO Friendly agar artikel kita bisa nangkring di page one. Dengan memperhatikan tingkat kecepatannya. Gak mau kan templatenya bikin lama loadingnya, yang ada kita akan ditinggal pembaca karena loading lama.
 
3. Jangan Takut Merombak Template

Termasuk aku yang dari dulu takut banget kalau rombak template, tapi di kelas OPREC OBS ODOP, aku belajar untuk tidak takut merubah template. Aku utak-atik kode yang aku sama sekali tidak mengerti, akhirnya malah jadi berantakan, hahahahaha.

4. Pilih Template yang Responsive

Kebanyakan sekarang pembaca menggunakan smartphone. Pastikan tampilan blog kita tidak berantakan ketika dibuka disemua perangkat.
Penutup

Bagaimana sudah paham cara mengganti template blog di Blogger? Jangan lupa mengubah template blog sahabat yang dapat menaikkan trafik, peringkat blog, dan kenyamanan pengunjung blog sahabat ya!














Maya Fasindah
Blog seorang guru dan alhamdulillah seorang penulis yang masih terus belajar dan belajar.

Related Posts

Posting Komentar