..

Dimana lagi kalau bukan di ODOP Blogger Squad


Halo sahabat maya semuanya … bertemu lagi dengan tulisan kece aku, heheheheheh … kali ini aku akan memberitahu kalian bahwa ada satu komunitas yang benar-benar membuat kalian squad, penuh semangat, penuh energik, antusias dengan ilmu. Penasaran? Dimana lagi kalau bukan di ODOP Blogger Squad.
 

Sini aku kasih tahu, ODOP itu One Day One Post. Jadi kalian benar-benar harus nulis tiap hari di blog selama mengikuti programnya, bagi yang penasaran kayak aku so pasti ngikut dong ya, kenapa? Karena disini kita diajarkan dan dilatih bagaiman memanfaatkan dan mengoptimalkan blog kita agar berdaya dan menghasilkan cuan. Selain itu para mentor nya adalah orang-orang yang benar-benar berkompeten dalam bidangnya, dan bahagia yang paling menggembirakan adalah kelas ini gratis.

Hari gini masih ada yang gratisan memberikan ilmu yang super duper wow, ada dong? Disini tempatnya, di ODOP Blogger Squad. Awal mulanya aku kenal ODOP adalah saat mengikuti open recruitment angkatan 10. Nah, disini aku banyak belajar bagaimana cara mengelola blog sampai menghasilkan cuan, tentunya banyak belajar dan so pasti niat yang kuat ya sahabat, serta menjaga semangat ngeblog, itu adalah salah satu bagian dari tumbuh kembangnya blog kita.

Dimana lagi kalau bukan di ODOP Blogger Squad

Sahabat masih ingat gak dengan tulisan ku tempo dulu tentang Ada Cinta Di OPREC ODOP Batch 10? Nah disini aku menceritakan semua keseruan selama aku mengikuti kelasnya. Setelah lulus dari kelas ini ternyata komunitas ODOP gak berhenti sampai distu aja sahabat, masih banyak lagi ilmu-ilmu yang mereka berikan secara gratis, dan so pasti manfaatnya luar biasa banget.

Nah, setelah dinyatakan lulus seleksi di OPREC ODOP Batch 10 dan menyandang titel ODOPers, para ODOP-ers ini berhak memilih atau bahkan bisa bergabung di 3 Program sekaligus dalam komunitas keren ini. 3 program tersebut diantaranya OTM (ODOP Tembus Media), ONB (ODOP Nulis Buku), OBS (ODOP Blogger Squad)


Aku sendiri mengambil 2 kelas nya sekaligus, kelas odop tembus media dan kelas OBS ini, Odop Blogger Squad. Kalau kelas OTM, sahabat akan diarahkan bagaimana tulisan-tulisan kita tembus media dan berbayar, wow…serukan. Aku juga udah beberapa kali merasakan dapat cuan dari kelas ini. Dan gak kalah penting dari OTM, ada OBS atau Odop Blogger Squad. Dari namanya aja udah kebayangkan gimana squadnya kita memberdayakan blog supaya blog kita ada penghuninya sahabat, bukan seperti rumah hantu, aih… serem… selain itu, seperti yang aku katakana dari awal banyak materi dan dimentori oleh kakak-kakak PJ yang super kece, penasaran kan? Penasaran lah masak enggak, hehehehe … oke kita lanjut ya, apa aja sih materi yang diberikan.

Materi kece di OBS


1. Kenapa sih pengen jadi blogger

Di awal-awal materi kita akan disuguhkan pertanyaan sebelum lanjut kelasnya ya sahabat, jadi alasan kita pingin ngeblog itu apa sih sebenarnya? Trus kita juga diberukan materi seputaran blogger. Ini salah satu tips yang aku pelajari sahabat. Jika masih ada yang mencari informasi lewat google, maka sepanjang itu pula lah blog tetap berdaya teman-teman.

2. Why nya ngeblog

Nah, pada materi ini kita diajarkan alasan kita ngeblog itu untuk apa sih? Selain itu, kita juga diberikan materi adab sebelum ilmu, nah ini dia nih, menjadi blogger itu harus ada adap juga ya sahabat.

3. Mengapa harus ada niche pada blog

Materi ini juga gak kalah pentimg dari materi-materi sebelumnya ya sahabat. Niche blog itu adalah salah satu bagian penting dari blog. Kalau dalam penulisan nih, dialah tema nya atau topik pembahasannya. Kita bisa memilih konten sesuka hati sesuai dengan apa yang kita inginkan dan sukai. Jika sudah fokus pada niche maka tulisan kita akan lebih terarah dan sudah pasti memiliki nilai lebih, tidak hanya di mata mesin pencari, namun juga dari sisi user.

4. Menulis tentang saya pada halaman blog

Jadi disini kita diharuskan menulis cerita apa pun tentang diri kita sendiri supaya pengunjung blog mengenal lebih lanjut tentang kita dan siapa tahu ada tawaran blog yang mengajak kita kerja sama, bukan suatu hal yang tidak mungkin kan?

5. Mengubah alamat blogspot menjadi TLD

Untuk memberdayakan blog dan agar blog lebih menarik, kita diajarkan bagaimana blog yang awalnya masih blogspot berubah menjadi .com. Bagi para peserta yang blognya belum ber-TLD, dibimbing sampai blognya berhasil dipasang TLD. Keren, kan? Untuk itu OBS adalah tempat yang benar-benar pas untuk memulai belajar tentang blog.

6. OBS (Odop Blogger Squad)

Saya merasa sangat beruntung ada di kelas ini, apalagi mentornya super duper kece dan pastinya sudah ahli dalam bidangnya. Ada kak Karunia Sambas, ada kak Nimas Achsani, ada kak Jihan Mawadah, Kang Ugi, Yonal regen dan masih banyak kakak-kakak PJ luar biasa dalam kelas ini. So pasti gak bakalan rugi deh.

Disni juga diajarkan apa itu SEO On Page, Artikel yang memenuhi kaidah SEO akan lebih mudah dikenali oleh mesin pencari. Riset key word. Keyword atau kata kunci adalah kelompok kata yang digunakan pembaca untuk mencari jawaban atas pertanyaan yang ada di benak mereka. Pada materi ini diajarkan bagaimana caranya untuk membuat artikel berdasarkan kata kunci yang digunakan pembaca.



Seru kan kelasnya, yuk ah segera bergabung dalam kelas ini, Dimana lagi kalau bukan di ODOP Blogger Squad.













Maya Fasindah
Blog seorang guru dan alhamdulillah seorang penulis yang masih terus belajar dan belajar.

Related Posts

Posting Komentar