..

#SuamiIstriMasak, Pelengkap Bumbu Keharmonisan

Posting Komentar
Selepas salat subuh, suami tengah mempersiapkan peralatan yang akan dibawa ke kebun getah, sementara saya sibuk berkutat di dapur menyiapkan masakan, baik itu sarapan untuk anak, bekal untuk suami maupun untuk saya karena kesibukan masing-masing.

Saya dan suami memiliki tanggungjawab yang berbeda. Suami dengan pisau torehnya-pisau untuk menoreh pohon getah, sementara saya dengan seragam guru sejak tahun 2006. Sebelum memasuki pernikahan, saya lebih dulu menyandang status guru kemudian istri. Status inilah yang menjadikan saya wanita strong, mengurus rumah dan berkarir.


Meski berbeda latar belakang, kami tetap menjalaninya dengan keharmonisan dan kebahagiaan. Rumahtangga jika tanpa masalah bagaikan sayur tanpa garam, kurang nikmat. Begitulah kebanyakan orang menyebutnya. Dan hal itu telah kami rasakan bersama. Satu hal yang paling membuat saya takjub ternyata suami bisa masak dan masakannya enak.

Hal ini terbukti dengan piring yang mengkilap yang dipamerkan pada saya waktu itu. sederhana sih, hanya nasi goreng, namun kelezatannya luar biasa kata anak-anak. Terkadang suami memberikan saya ruang santai sejenak, karena suami paham bagaimana aktivitas saya menjadi seorang guru.

Tiap-tiap Suami Sudah Pasti Sangat Mencintai Keluarganya.

Saya yakin setiap suami pasti sangat mencintai keluarganya. Suami akan berusaha sekuat tenaga agar keluarganya tidak kekurangan sesuatu apa pun, rela bekerja keras meskipun terkadang hasil yang didapatkan masih belum mencukupi kebutuhan keluarga, namun suami tetap bertanggungjawab.

Meskipun keluarga kami sederhana, keharmonisan keluarga tetap terjaga karena hal ini nantinya akan berdampak pada setiap anggota keluarga, seperti pendapat Charles, seorang psikolog mengatakan bahwa: “Keluarga akan harmonis bila para anggota keluarga di dalamnya bisa berhubungan secara serasi dan seimbang. Saling memuaskan kebutuhan satu sama lainnya serta memperoleh pemuasan atas kebutuhannya. Keluarga harmonis ditandai dengan adanya relasi yang sehat antar setiap anggota keluarga sehingga dapat menjadi sumber hiburan, inspirasi, dorongan yang menguatkan dan perlindungan bagi setiap anggotanya.”

Jadi tidak ada beban dalam hubungan dan tanggungjawab suami istri. Karena sejatinya masyarakat berpikir bahwa setelah berumah tangga tugas istri ya masak. Dapur, kasur, sumur. Sementara suami bertanggungjawab mencari nafkah. Seperti ini lah pandangan masyarakat saat anak gadisnya memutuskan untuk menikah. Padahal pandangan ini tidak sepenuhnya benar. Keduanya bisa dilakukan bersama-sama. Istri sewaktu-waktu bisa membantu suami mencari nafkah dan suami bisa membantu istri mengurus rumah tangga, salah satunya adalah dengan memasak bersama.

Suami Masak Bukanlah Beban

Urusan rumah tangga akan menjadi ringan bila suami mau membantu istri di dapur, terutama saat memasak. Suami dapat mengambil peran istri sewaktu-waktu. Pelan-pelan suami bisa masak kok, entah itu karena permintaan anak, saya dalam keadaan sakit atau dalam keadaan urgent ketika pasca melahirkan.

Pasca melahirkan, otomatis suami mengambil semua peran saya sebagai istri, memasak, mencuci, mengurus anak, beberes rumah, dll. Kehidupan kami yang jauh dari orangtua sudah terbiasa dilakukan sendiri. Kalau bukan suami, siapa lagi yang bisa membantu saya? Tentu saja hal ini tidak mudah dilakukan, namun karena kondisi, suami harus memasak agar saya cepat pulih, suami pastinya lebih sering ke dapur.

Dan tahu kah sahabat, ternyata kemampuan masak suami itu diperoleh saat semuanya mengalir begitu saja tanpa beban, meskipun pada awalnya terpaksa lama-lama jadi biasa kok, meski setelah pulih saya tetap kembali memasak seperti biasanya. Dan sewaktu-waktu kami memiliki quality time bersama di dapur.

Pernah suatu hari, kami kedatangan keluarga jauh datang tiba-tiba tanpa memberi kabar. Tentu saja hal ini membuat kami kaget terlebih menjamu tamu adalah kewajiban, tentu saja lagi-lagi diperlukan peran suami agar menghemat waktu dan dapat menyambut keluarga bersama-sama.

Ada banyak cerita saat memasak, seperti bumbu-bumbu tambahan yang biasa dipakai suami namun saya tidak mengetahuinya sama sekali, karena saya memasak pun masih biasa-biasa saja. Saya terkejut saat ada masakan yang menjadi tradisi di keluarga suami saya. Suami mengatakan bahwa “ Jangan lupa nasi gorengnya ditambah kunyit sedikit, trus itu sayur beningnya di tambah kencur ya.” Sementara saya tidak pernah menambahkan bumbu itu dalam masakan saya selama ini.

Seru banget kan? Selama moment nya tepat dan kondisi yang memungkinkan suami untuk masak, suami pasti masak deh. Boleh dicoba dong sahabat. Yakin, pasti seru!

Kolaborasi bersama Suami, Banyak Manfaat yang Didapat

Buktikan bahwa ketika masak bersama, keluarga akan lebih harmonis, meski hanya sekedar menambahkan kecap atau bumbu dapur pada masakan. Kegiatan masak bersama ini akan menguatkan hubungan rumah tangga dan menjadikan contoh yang baik pada anak-anak bahwa ayah ibunya saling menyayangi satu sama lain.

Kolaborasi ini tentu saja menimbulkan dampak positif dan beberapa manfaat, diantaranya:

1. Menjadikan suami lebih bertanggungjawab karena masak bukanlah tugas istri saja tetapi dapat dilakukan bersama-sama.

2. Ada banyak hal yang bisa dikomunikasikan saat masak bersama, keluarga akan semakin hangat dan harmonis karena sudah pasti menimbulkan tawa dan canda.

3. Hubungan yang semakin erat dalam membangun emosi positif, misalnya membersihkan dapur bersama-sama, karena jika suami ikut masak, dapur pasti berantakan.

4. Menyajikan hidangan yang lezat untuk keluarga, karena memasak itu harus dilakukan dengan rileks dan bukan beban.

5. Memberikan contoh nyata bagi anak-anak, karena mereka melihat harmonisasi yang terjalin ketika masak dilakukan bersama-sama.

6. Dengan adanya kegiatan suami istri masak, otomatis akan menimbulkan cinta yang kuat.

7. Dapat dijadikan agenda bersama jika diakhir pekan.

Banyak sekali manfaat #SuaniIstriMasak ya sahabat, soo … yakin nih enggak mau nyoba? Bener? Saya yakin jika sahabat mencoba akan menambah lagi tuh daftar list manfaat nya. Coba deh!

Kecap ABC Menambah Kelezatan Masakan
.

Jika ditanya soal masakan, saya pasti lebih banyak jawab enggak tahu. Kenapa? Karena saya bukan ahlinya, he he he …, tetap saja wajib ke dapur karena membeli makanan instant dan makanan di luar perlu banyak pertimbangan, selain karena menghemat pengeluaran, kebersihannya juga belum tentu diyakini kan? karena itulah saya dan suami lebih memilih masak sendiri, meskipun masakan itu yang simple-simpel aja, nasi goreng atau tempe bumbu yang dibalur tepung. tentu saja semuanya pakai kecap andalan keluarga kami, ABC. 

Suami sering menambahkan kecap pada masakan yang terkadang zonk. Enggak enak! Namun berbeda dengan kecap ABC, ketika suami menambahkan kecap ABC pada sambal yang telah saya olah, Eh … anak-anak malah lebih memilih sambal yang ada kecapnya. Kata mereka jadi lebih gurih dan lezat.

Saya lebih memilih kecap ABC karena tidak perlu menambah bumbu-bumbu tambahan yang mesti dimasukan. Tuangkan saja kecap ABC, selesai! Kami sekeluarga memang suka sambal. Karena itu saya dan suami memilih resep Ayam Panggang Sambal Kecap sebagai masakan favorit keluarga, yang penting ada kecapnya.

Ayam Panggang Sambal Kecap

Bahan untuk bumbu ayam panggang:

1 ekor ayam, potong menjadi 12 bagian

Kecap manis ABC

12 siung bawang merah

3 siung bawang putih

Satu ruas jari jahe

Satu ruas jari kunyit

Ketumbar secukupnya

Garam secukupnya

Gula secukupnya

Penyedap rasa secukupnya

Air secukupnya

Minyak untuk menumis

Bahan untuk sambal kecap:

Cabai rawit 2 ons (sesuai selera pedas masing-masing)

3 buah tomat berukuran sedang, iris.

5 siung bawang merah

1 siung bawang putih

Tambahkan terasi sesuai selera

Cara membuat:

Cuci ayam yang telah dipotong-potong tadi, kemudian haluskan bahan bumbu ayam panggang, setelah halus tumis sebentar hingga harum, masukan ayam dan tambahkan sedikit air, tutup bagian atasnya dan biarkan sekitar 5-10 menit.

Sementara menunggu ayam, tumis cabai rawit, bawang merah dan bawang putih, terasi, diamkan sebentar lalu angkat. Kemudian tumis juga tomat yang sudah diiris tadi sampai matang dan tambahkan air sedikit.

Setelah ditumis, halusakan bahan-bahan tersebut sesuai selera, kemudian tambahkan kecap.

Setelah sambal selesai, angkat ayam dan tiriskan. Kemudian lumuri dengan kecap ABC dan siap untuk di panggang. Tunggu hingga kuning kecoklatan, lalu angkat dan siap disajikan

Ayam panggang sambal kecap pun siap disantap oleh keluarga ditambah dengan nasi hangat. Boleh ditambah timun ataupun sayur-sayuran yang lain sesuai selera.

Gimana nih sahabat? Kebayangkan kelezatannya … jadi enggak perlu khawatir dengan hasil kolaborasi dengan suami, semuanya berkat kecap ABC loh, kecap manis yang menambahkan kelezatan masakan.



 
Kenapa Harus Kecap ABC?

Kecap ABC memiliki ciri khas sebagai penambah cita rasa masakan. Rasa manisnya terasa secara alami dan tidak perlu memberikan gula sebagai tambahan masakan. Selain itu, warna hitamnya mampu melekat dan meresap pada bumbu masakan.

Kecap ABC juga kaya dengan protein, mengandung zat besi, dan yang paling mengejutkan nih dapat menurunkan kolesterol, kaya akan vitamin A, baik itu melancarkan pencernaan, dan menetralisir rasa pedas pada sambal, cocok banget kan untuk anak-anak dan kita enggak perluk hawatir pada pencernaanya.

Bagaimana nih? Masih mau pilih kecap lain? oh ya, kecap ABC saat ini sudah banyak variasi loh, ada yang kecap manis pedas, kecap manis seafood atau kecap manis daging asap. Keren kan? Kita tinggal sesuaikan aja dengan masakan kita, cocok banget bagi ibu-ibu yang level masakannya masih standard keluarga sama seperti saya.

Sekedar berbagi nih sahabat, sebenarnya pengalaman dan manfaat masak bersama suami ini terinspirasi dari video #SuamiIstriMasak Kecap ABC. Video ini menceritakan keseruan suami istri masak. Dan ternyata masak bersama suami itu seru loh. Silahkan tonton videonya ya sahabat, siapa tahu jadi terinspirasi. 

 


Pentingnya kolaborasi antara suami istri di rumah terutama dalam hal masak memasak, ternyata mendorong kecap ABC untuk selalu konsisten melakukan kampanye #SuamiIstriMasak sejak 2018. Dan tahu enggak sahabat, kampanye ini berawal dari ajakan istri mendukung suami masak loh.

Enggak cukup sampai disitu, melalui kampanye dinisiasi di tahun 2018, ternyata berhasil mengajak suami masak, kampanye ini terus berlanjut hingga tahun 2019 dalam inisiasi Hari Kesetaraan Perempuan.

Di tahun 2020 PT Heinz ABC Indonesia, selaku produsen Kecap ABC masih melakukan kampanye dengan mengajak anak-anak melakukan hal yang sama agar keluarga lebih harmonis melalui platform edukasi, luar biasa ya.

Dan yang terbaru nih, di tahun 2021 kecap ABC berkolaborasi dengan Titi Kamal dan Christian Sugiono untuk menekankan pentingnya kolaborasi suami dan istri di dapur. Wah … wah … wah … so sweet banget ya.

Ternyata dari hal-hal yang sederhana walau cuman sekedar menambah kecap pada masakan ternyata berhasil mengajak suami agar mau membantu istri di dapur. Jadi lebih mempermudah tugas istri kan?

Hal ini juga didukung oleh Susanne Mighchels, marketing and R&D Diirector Indonesia/PNG The Kraft Heinz. Beliau mengatakan bahwa “Melalui kampanye #SuamiIstriMasak, kami ingin mengajak dan menyampaikan pesan kepada para suami dan istri bahwa waktu berkualitas dalam menjalin ikatan dengan keluarga dapat diciptakan kapan saja dan di mana saja, termasuk di dapur rumah,”

Nah, tunggu apa lagi? Yuk, para istri dan ibu-ibu yang masih ragu untuk mengajak suaminya masak, atur rencana secepatnya ya. Saya dan ibu-ibu yang lain sudah mencoba serunya masak bareng suami di dapur. Masak biasa jadi lebih spesial. Apalagi kalau pakai kecap ABC, simpel dan enggak ribet.

Dan enggak perlu risau dengan hasilnya, sebab masakan hasil kolaborasi suami dan istri ini kaya akan rasa yang istimewa dan dijamin menambah bumbu keharmonisan keluarga. Saya sudah membuktikannya loh, ternyata masak ayam panggang sambal kecap ABC terbukti gurihnya, anak saya sampai nambah dan nambah lagi.

Selamat memasak, dan semoga terinspirasi bersama kecap ABC.

Referensi:

https://kraftheinzfoodservice.co.id/

https://ibuibudoyannulis.com/nunuamir/lomba-blog-kecap-abc-menciptakan-quality-time-suamiistrimasak-di-dapur/

https://www.fimela.com/food/read/5135319/kecap-abc-perkenalkan-kampanye-suamiistrimasak-dukung-kolaborasi-suami-istri-di-dapur.




Maya Fasindah
Blog seorang guru dan alhamdulillah seorang penulis yang masih terus belajar dan belajar.

Related Posts

Posting Komentar