..

Jurnal Refleksi Loka Karya 7 Festival Panen Hasil Belajar


NAMA CGP              : MAYA FASINDAH, M.PD.

ASAL SEKOLAH    : SMK KASIH MAITREYA

PPGP                          : CGP ANGKATAN 6

KABUPATEN          : KEPULAUAN MERANTI

PROVINSI RIAU     : RIAU

 

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan pada Lokakarya 7 ini saya kembali menggunakan Model  4F (Facts, Feelings, Findings, Future), merupakan model refleksi yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway. 4F dapat diterjemahkan menjadi 4P sebagai berikut:

 

1.    Facts (Peristiwa)

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah SWT saya bersama rekan CGP Angkatan 6 Meranti berada di penghujung Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP) yaitu kegiatan lokakarya 7 yang dilaksanakan selama 2 hari, yaitu Jum’at 29 April 2023 bertempat di Aula SMK Negeri 1 Tebing Tinggi dan Sabtu, 29 April 2023 bertempat di Gedung Afifa Selatpanjang. Terdapat 3 agenda utama kegiatan pada lokakarya 7 yaitu kelas belajar, kelas berbagi dan pameran hasil program.

Pada hari Jum’at, 29 April 2023 kami melaksanakan kelas belajar terlebii dahulu. Kegiatan diawali dengan membuat kesepakatan kelas, ice breaking dan penjelasan tujuan kegiatan lokakarya oleh pengajar praktik diantaranya CGP melakukan evaluasi tugas lokakarya 6, mengevaluasi program pelatihan, merefleksikan capaian dirinya setelah mengikuti PPGP, merefleksikan berbagai praktek baik yang sudah dilakukan di kelas, sekolah, komunitas praktisi dan lingkungan sekitar serta membuat bahan pameran untuk sesi 2 festival panen hasil belajar hari kedua.

Pada kegiatan evaluasi program pelatihan CGP diminta mengevaluasi 5 aspek yaitu, materi pelatihan, pengajar praktik, fasilitator dan panitia, media belajar (flatform belajar daring) dan luring, durasi belajar dan bahan belajar (modul video atau buku saku). Pada kegiatan ini CGP diminta menuliskan hal baik dan hal-hal yang perlu ditingkatkan kedalam post it yang berbeda warna (hijau dan kuning) dan menempelkan pada poster yang terdapat di sekeliling ruangan kelas belajar.

Kegiatan selanjutnya yaitu berbagi AKSI NYATA. Setiap kelas diwakili oleh satu orang untuk mempresentasikan aksi nyata mereka yang berdampak dan menarik dengan menggunakan poster A3 aksi nyata yang sudah ditugaskan pada lokakarya 6. Durasi bercerita maksimal waktunya 5 menit dan peserta yang mendengar bisa bertanya atau memberikan tanggapan.

Setelah selesai sesi berbagi Aksi nyata, kegiatan selanjutnya adalah berbagi dampak positif dengan mengidentifikasi hal-hal yang sudah baik perubahan positif apa yang terjadi selama 6 bulan kegiatan PPGP. Terdapat 5 macam aktor atau lingkup hal-hal baik yang sudah terjadi yaitu, murid dikelas, rekan guru di sekolah, kepala sekolah, komunitas praktisi dan ekosistem belajar (lingkungan sehari-hari, pengawas dan dinas). Dalam kegiatan CGP kembali diminta menuliskan hal baik dan hal-hal yang perlu ditingkatkan kedalam post it yang berbeda warna (hijau dan kuning) dan menempelkan pada poster yang terdapat di sekeliling ruangan kelas belajar.

Kegiatan terakhir di kelas belajar ini adalah CGP diberikan penjelasan oleh Pengajar Praktik tentang kegiatan kelas berbagi dan persipan pameran hasil program yang akan dilaksanakan di hari kedua, Sabtu 29 April 2023. Setelah selesai kegiatan sesi 1, CGP melanjutkan kegiatan untuk mempersiapkan pameran di stand masing-masing yang sudah disiapkan oleh panitia, dan kelompok PP kami mendapat stand no 8. Karena hari jum’at begitu singkat waktunya kami melanjutkan kegiatan menata stand pameran sampai malam hari dan kami sangat bahagia melakukannya penuh canda tawa. Dan yang tak kalah pentingnya melakukan sesi foto untuk dokumentasi kegiatan.

 

2.    Feelings (Perasaan):

Perasaan saya melaksanakan kegiatan lokakarya 7 ini, adalah senang dan bahagia dan tak bisa diungkapkan dengan tulisan karena di forum besar ini saya bertemu dengan semua rekan-rekan CGP hebat dan orang-orang hebat lainnya yang ada didalam tamu undangan. Saya merasa bersyukur Alhamdulilah sudah sampai ke titik akhir PPGP yang di jalani selama lebih kurang 6 bulan. Meskipun kami CGP Angkatan 6 namun merupakan Angkatan 1 di Kab.Kepulauan Meranti. Saya merasa bahagia karena dalam kegiatan ini saya ditunjuk untuk membaca Do’a  pada sesi pembukaan kegiatan lokakarya 7 ini. Saya merasa kagum dengan atraksi dan aksi nyata dari rekan-rekan CGP Hebat Meranti semua yang juga membuat kagum seluruh pengunjung yang hadir. Saya dan teman-teman CGP berkesempatan bertemu dan berbincang dengan Bapak Bupati Kepulauan Meranti dan beliau memberikan apresiasi terhadap karya-karya CGP dan murid-murid kami serta atas kegiatan PPGP dan lokakarya dan meminta kami menjadi pelopor kemajuan pendidikan pada umumnya khususnya di Kabupaten Kepulauan Meranti.

 

3.    Findings (Pembelajaran)

Manfaat yang saya peroleh dalam kegiatan ini sangat banyak sekali, diantaranya program ini dapat menambah skill saya dan membuat saya mampu berkolaborasi dengan berbagai pihak secara baik, menyambung silaturahim dengan teman-teman CGP hebat, Pengajar praktik lainnya diluar kelas kami, berkenalan dengan tamu dan undangan yang berkunjung ke stand kami untuk memberikan ide dan tanggapan kegiatan yang sudah berjalan. Hal paling penting adalah saya semakin percaya diri untuk melakukan aksi nyata dan kegiatan berbagi praktik baik disekolah setelah mengikuti kegiatan ini dan siap menularkan praktik baik yang saya miliki kepada rekan-rekan guru dan lingkungan sekitar.

 

4.    Future (Penerapan):

            Setelah mengikuti rangkaian kegiatan akhir dari PPGP ini, saya berharap dapat mengimplementasikan ilmu dan pengetahuan yang saya miliki kepada murid, rekan sejawat, sekolah, komunitas praktisi dan dunia pendidikan pada umumnya. Merancang dan melanjutkan program yang berpihak pada murid sehingga mendorong “Student Agency” dikalangan murid demi mewujudkan Profil Pelajar Pancasila menyongsong tujuan MERDEKA BELAJAR yaitu menggali potensi terbesar rekan guru disekolah dan murid serta meningkatkan kualitas pembelajaran secara mandiri.

 

 

#Salammerdekabelajar#

#Tergerak#

#Bergerak#

#Menggerakkan#

 

 

Maya Fasindah
Blog seorang guru dan alhamdulillah seorang penulis yang masih terus belajar dan belajar.

Related Posts

Posting Komentar