..

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Loka Karya 6


NAMA CGP              : MAYA FASINDAH, M.PD.

ASAL SEKOLAH    : SMK KASIH MAITREYA

PPGP                          : CGP ANGKATAN 6

KABUPATEN          : KEPULAUAN MERANTI

PROVINSI RIAU     : RIAU

 

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan pada Lokakarya 6 ini saya kembali menggunakan Model  4F (Facts, Feelings, Findings, Future), merupakan model refleksi yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway. 4F dapat diterjemahkan menjadi 4P sebagai berikut:

 

1.    Facts (Peristiwa)

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah SWT saya bersama rekan CGP Angkatan 6 Meranti berada di penghujung Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP) yaitu kegiatan lokakarya 6 yang dilaksanakan selama 2 hari, yaitu Sabtu, 18 Maret 2023 bertempat di Aula SMK Negeri 1 Tebing Tinggi, kami membahas program yang akan di laksanakan pada sekolah masing-masing. .

Pada kegiatan ini kami diminta untuk membuat program sekolah yang akan dilaksanakan melalui BAGJA dan dilaksanakan pada sekolah masing-masing.

 

2.    Feelings (Perasaan):

Perasaan saya melaksanakan kegiatan lokakarya 6 ini, adalah senang dan bahagia dan tak bisa diungkapkan dengan tulisan karena di forum besar ini saya bertemu dengan semua rekan-rekan CGP hebat dan orang-orang hebat lainnya yang ada didalam tamu undangan. Saya merasa bersyukur Alhamdulilah sudah sampai ke titik akhir PPGP yang di jalani selama lebih kurang 6 bulan. Meskipun kami CGP Angkatan 6 namun merupakan Angkatan 1 di Kab.Kepulauan Meranti.

 

3.    Findings (Pembelajaran)

Manfaat yang saya peroleh dalam kegiatan ini sangat banyak sekali, diantaranya program ini dapat menambah skill saya dan membuat saya mampu berkolaborasi dengan berbagai pihak secara baik, menyambung silaturahim dengan teman-teman CGP hebat, Pengajar praktik lainnya diluar kelas kami, berkenalan dengan tamu dan undangan yang berkunjung ke stand kami untuk memberikan ide dan tanggapan kegiatan yang sudah berjalan. Hal paling penting adalah saya semakin percaya diri untuk melakukan aksi nyata dan kegiatan berbagi praktik baik disekolah setelah mengikuti kegiatan ini dan siap menularkan praktik baik yang saya miliki kepada rekan-rekan guru dan lingkungan sekitar.

 

4.    Future (Penerapan):

            Setelah mengikuti rangkaian kegiatan akhir dari PPGP ini, saya berharap dapat mengimplementasikan ilmu dan pengetahuan yang saya miliki kepada murid, rekan sejawat, sekolah, komunitas praktisi dan dunia pendidikan pada umumnya. Merancang dan melanjutkan program yang berpihak pada murid sehingga mendorong “Student Agency” dikalangan murid demi mewujudkan Profil Pelajar Pancasila menyongsong tujuan MERDEKA BELAJAR yaitu menggali potensi terbesar rekan guru disekolah dan murid serta meningkatkan kualitas pembelajaran secara mandiri.

 

 

#Salammerdekabelajar#

#Tergerak#

#Bergerak#

#Menggerakkan#

 

 

 

Maya Fasindah
Blog seorang guru dan alhamdulillah seorang penulis yang masih terus belajar dan belajar.

Related Posts

Posting Komentar