..

Lempeng Pisang With KRAFT Quick Melt

Pisang paling sering menempati dapur kami, karena mudah dicari terutama di daerah perkampungan sama halnya di sekitaran rumah kami banyak pohon pisang. Pohon ini sengaja ditanam ibu mertua karena katanya paling gampang kalau diolah jadi makananan.

Banyak olahan pisang yang dapat dimanfaatkan. Biasanya paling sering di goreng, di rebus, di kukus, dll. Namun kali ini olahan pisang saya sulap menjadi lempeng sesuai resep ibu mertua, yang membedakan adalah ditambah dengan KRAFT Quickmelt yang super gurih dan leleh hanya dalam 3 menit.

Pisang dan keju jadi olahan yang pas buat santai bareng keluarga. Cemilan sederhana namun menyehatkan dan mengandung vitamin baik untuk pertumbuhan anak terlebih saat ini saya masih punya baby berumur hampir 3 tahun. Keluarga kami suka banget sama yang namanya pisang. Love love deh.

Lempeng pisang with kraft quickmelt ini sangat mudah di coba ya sahabat. Dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada di dapur jadi deh olahan bergizi dan di sukai keluarga tentunya. Apalagi rasa kejunya yang gurih dan lezat, kerasa banget tuh pas masuk dalam mulut kita, hmmm … nyummy deh. Yuk di coba, dijamin anti gagal.

Waktu Berkualitas Bersama Keluarga

Keluarga wajib kita utamakan dari apa pun, sebab merekalah yang paling dekat dengan kita. Tanpa mereka hidup terasa hampa. Namun terkadang kita sering melupakan momen-momen indah bahkan seru disaat bersama mereka. Keluarga bahagia menurutku adalah keluarga yang mampu menerima segala sesuatu apa adanya bukan karena kemewahan dan uang karena uang bukan segalanya meskipun segalanya membutuhkan uang.

Sebagai seorang guru dan ibu rumah tangga, aku harus pintar-pintar memanfaatkan uang bulanan sebab statusku adalah seorang guru honorer di salah satu sekolah swasta yang ada di Selatpanjang, sementara suami hanya bekerja serabutan. Kami sering melakukan hal-hal sederhana bersama keluarga membersihkan rumah, melipat pakaian terutama saat masak bersama meskipun hanya sekedar menggoreng pisang.

Keseruan kami kali ini terlihat saat membuat makanan dari pisang. Mulai dari mengambil pisang dari kebun, mengupas sampai akhirnya dicampur menjadi satu dengan tepung dan keju. Terlihat si kakak sangat antusias saat menumbuk-numbuk pisang dalam wadah. Begitu juga dengan ibu mertuaku dan suami, mereka membantuku dalam mengiris gula merah dan merekam momen-momen seru saat memasak.

Ada canda dan tawa bersama. Awalnya aku hanya membuat lempeng seperti biasa sesuai dengan resep ibu mertua. Karena suami suka keju jadi akhirnya ia menambahkan sendiri keju saat ku letakkan olahan pisang diatas wajan. Aku jadi terinspirasi karenanya, karena itu jugalah akhirmya lempeng pisang with #kraftquick melt ini jadi menu baru bagi kami.

Rasa gurihnya benar-benar kerasa saat kejunya mulai meleleh diatas lempeng. Si kakak histeris saat kejunya sudah mulai lumer. Ia benar-benar gak sabar pingin coba rasa lempeng pisang yang baru dengan keju. Alhasil dia sangat suka dan akhirnya lagi, lagi dan lagi.

Keunggulan Keju Kraft Quick Melt

Ada banyak varian kraft yang pernah saya kreasikan bersama keluarga. Selain cheddar, kraft quick melt ini juga masuk daftar menu berikutnya di list menu masakan keluarga kami. Keunggulan KRAFT Quick Melt adalah dapat meleleh sempurna dan antigagal dalam tiga menit. KRAFT hadir dengan keju leleh yang pasti bisa membuat masakan simpel dengan bahan yang ada di rumah, dimanfaatkan menjadi lebih spesial. Bukan cuma hasilnya menjadi wow, tetapi rasanya yang gurih dan khas.

Dian Ramadianti, Senior Marketing Manager KRAFT dalam konferensi pers virtual KRAFT Quick Melt, Senin (8/8/2022) menyampaikan, KRAFT secara khusus hadir di tengah transisi masa pandemi menjadi endemi untuk memberikan menciptakan waktu berkualitas bersama keluarga, yaitu dengan memasak.

Vera Itabiliana, Psikolog Anak dan Keluarga Tiga Generasi menyetujui hal tersebut. Menurutnya, memasak dapat menjadi aktivitas akhir pekan bersama keluarga yang efektif dan menyenangkan. Memasak akan melibatkan banyak hal. Mulai dari interaksi, diskusi, kedekatan, dan diisi dengan aroma harum masakan yang dibuat. "Penelitian bilang memori akan bau itu yang paling bertahan lama. Jadi kalau misalnya anak sudah besar, terus mencium bau khas itu akan mengingatkan masakan yang waktu itu dimasak bersama," tuturnya.

Selain itu, kraft juga memiliki nilai gizi sebagai berikut:


Berdasarkan nilai gizi yang dipaparkan jelaslah bahwa keju sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh dengan rutin mengonsumsi keju, di antaranya:  

1. Memelihara kekuatan dan kesehatan tulang

Sebagai salah satu jenis produk olahan susu, keju diketahui bermanfaat untuk memelihara kekuatan dan kesehatan tulang. Ini berkat kandungan kalsium dan protein yang melimpah di dalamnya.

Tak hanya kalsium, kandungan protein, zinc, vitamin A, vitamin D, dan vitamin K, dalam keju juga diketahui bermanfaat baik untuk menjaga kesehatan tulang. Dengan mencukupi asupan nutrisi tersebut, Anda pun dapat terhindar dari berbagai masalah tulang, misalnya osteoporosis.
 

2. Menjaga kesehatan gigi

Tak hanya memelihara kekuatan tulang, keju juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi. Hal ini didukung oleh beberapa penelitian yang membuktikan bahwa keju dapat melindungi gigi dari risiko gigi berlubang.

Bahkan, ada juga penelitian yang menunjukkan bahwa anak-anak yang mengonsumsi lebih banyak produk olahan susu, termasuk keju, memiliki risiko gigi berlubang yang lebih kecil daripada anak-anak yang tidak mengonsumsi susu dan produk olahannya.
 

3. Menyehatkan saluran pencernaan

Keju merupakan salah satu jenis makanan yang diolah dengan cara fermentasi. Cara pengolahan ini membuat keju mengandung bakteri probiotik yang diketahui baik untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Meski demikian, mengonsumsi terlalu banyak keju justru dapat menyebabkan konstipasi. Tak hanya itu, pada beberapa orang yang tidak dapat mencerna laktosa, keju dapat menyebabkan masalah pada pencernaan, seperti diare.
 

4. Menurunkan tekanan darah

Keju diduga dapat mengontrol tekanan darah dan mencegah hipertensi. Ini karena kandungan kalsium yang tinggi di dalamnya. Agar dapat memperoleh khasiat keju untuk menurunkan tekanan darah dengan maksimal, Anda disarankan memilih keju yang rendah lemak dan garam, seperti keju ricotta dan keju cottage.
 

5. Menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mencukupi konsumsi produk olahan susu, seperti keju dan yogurt, dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit kardiovaskuler, seperti penyakit jantung dan stroke.

Meski demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai efektivitas dan tingkat keamanan konsumsi keju untuk menjaga kesehatan jantung.
 

6. Meredakan peradangan dalam tubuh

Hingga saat ini, produk olahan susu, termasuk keju, dianggap sebagai jenis makanan yang dapat memicu peradangan di dalam tubuh.

Padahal, beberapa penelitian menunjukkan bahwa keju mengandung linoleic acid, sejenis asam lemak yang diketahui mampu meredakan peradangan. Bahkan, asam lemak ini juga dipercaya dapat menurunkan berat badan.

Selain beberapa manfaat di atas, keju juga dipercaya dapat mengurangi risiko terjadinya diabetes tipe 2 dan kanker kolorektal. Meski demikian, masih diperlukan riset lebih lanjut untuk memastikan berbagai klaim manfaat keju ini.

Lempeng Pisang With Kraft Quick Melt

Sebelum membuat olahan pisang, ada baiknya kita ketahui juga manfaat pisang bagi tubuh. Hal ini tentu saja sejalan dengan manfaat keju sebelumnya terkait dengan olahan makanan sehat. Karena itu lah, saya memilih pisang sebagai bahan dasar utama ditambah keju kraft quick melt yang pas banget takaran gizinya bagi kesehatan. Mix and max antara keju dan pisang ternyata banyak banget manfaatnya bagi kesehatan tubuh.

Hal ini tentunya sangat pas dengan kondisi ibu mertua saya yang terkena penyakit diabetes dan cocok dengan anak-anak saya. Wah … jadi ko,plit nih. Di bawah ini berbagai kandungan gizi yang terkandung dalam setiap 100 gram pisang. Air: 67,8 gram
Energi: 128 kalori
Protein: 0,8 gram
Lemak: 0,5 gram
Karbohidrat: 30,2 gram
Serat: 8,1 gram
Kalsium: 12 miligram
Fosfor: 28 miligram
Natrium: 3 miligram
Kalium: 382,0 miligram

Pisang juga mengandung berbagai mineral seperti beta karoten, vitamin B kompleks, Vitamin C, dan niasin.
Segudang manfaat pisang untuk kesehatan

Di bawah ini berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi buah pisang.
 

1. Baik bagi pencernaan

Jika Anda pernah mendengar flu perut atau pernah mengalami keracunan makanan, pisang merupakan pilihan tepat untuk menenangkan masalah perut Anda. Tekstur lembutnya membuat buah ini dapat dengan mudah melewati saluran pencernaan.

Kandungan kaliumnya juga membantu menggantikan elektrolit yang hilang dari tubuh Anda. Tak hanya itu, kandungan serat dalam buah ini juga membantu menambah kepadatan feses dan meredakan diare.

Makan pisang juga bisa meringankan masalah morning sickness pada ibu hamil. Pasalnya buah satu ini kaya akan kandungan vitamin B6. Vitamin B6 memang dianjurkan untuk dikonsumsi selama kehamilan guna mengurangi masalah mual dan muntah.
 

2. Menurunkan tekanan darah

Selain membantu menggantikan elekterolit yang hilang dari tubuh, kandungan kalium dalam pisang punya manfaat membantu menurunkan tekanan darah.

American Heart Association (AHA) menganjurkan penderita hipertensi untuk makan makanan tinggi kalium guna membantu turunkan tekanan darah. Hal ini karena kalium berperan dalam menurunkan tekanan darah dengan menurunkan kadar natrium dalam tubuh.

Namun, manfaat pisang yang satu ini tidak akan bekerja secara efektif bila Anda tidak mengurangi makanan yang mengandung banyak garam dan lemak. Jadi selain makan buah ini, Anda juga harus menerapkan pola makanan sehat yang kaya nutrisi.
 

3. Menurunkan risiko stroke

Faktanya, kalium yang terkandung dalam buah ini juga dapat membantu menurunkan risiko stroke. Terutama untuk wanita usia lanjut yang telah melewati masa menopause. Hal ini berhasil dibuktikan dalam sebuah penelitian.

Dalam penelitian tersebut diketahui bahwa wanita pasca menopause yang rutin makan makanan tinggi kalium punya risiko lebih rendah untuk terkena stroke dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi makanan berkalium sama sekali.
 

4. Meningkatkan stamina olahraga

Minuman olahrga memang dapat membantu menggantikan elektrolit atau cairan tubuh yang hilang. Sayangnya, minuman jenis ini biasanya mengandung gula dan bahan buatan lainnya. Sebagai gantinya, Anda bisa makan buah pisang sebelum olahraga.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pisang dapat dijadikan bahan utama minuman olahraga untuk menggantikan elektrolit yang hilang.

Bahkan, buah pisang diketahui memberi manfaat yang lebih dari minuman olahraga biasa karena mengandung kalium, karbohidrat, serat, dan vitamin B6 alami.
 

5. Kaya akan magnesium

Magnesium merupakan mineral yang membantu setiap organ dan sistem dalam tubuh agar dapat berfungsi normal. Magnesium penting untuk pembentukan protein, mempertahankan fungsi otot dan saraf, produksi energi, serta mengendalikan gula dan tekanan darah.

Kebiasaan minum minuman keras, memiliki riwayat diabetes tipe 2, gangguan saluran cerna, dan asupan makanan yang kurang dapat meningkatkan risiko kekurangan magnesium.

Padahal, kekurangan magnesium dapat menurunkan nafsu makan, menyebabkan mual-muntah, kesemutan, hingga meningkatkan risiko kejang, migrain, gangguan irama jantung, dan osteoporosis.

Kandungan pisang kaya akan magnesium. Dua buah pisang berukuran sedang mengandung 16% dari kebutuhan magnesium harian Anda. Menambahkan pisang ke dalam menu makanan dapat mencegah Anda mengalami kekurangan magnesium.
 

6. Manfaat mangan pada pisang

Mangan merupakan mineral penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Mangan membantu metabolisme karbohidrat, kolesterol, dan asam amino dalam tubuh manusia. Selain itu, mineral ini juga berperan penting dalam pertumbuhan tulang dan penyembuhan luka.

Mangan juga diperkirakan dapat mencegah migrain, menurunkan risiko komplikasi kehamilan, dan menurunkan risiko kematian akibat serangan jantung.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa wanita yang mengalami osteoporosis memiliki kadar mangan yang lebih rendah dalam tubuh dibandingkan mereka yang tidak mengalami osteoporosis.

Kabar baiknya, manfaat mangan bisa Anda temukan pada buah pisang. Dua buah pisang ukuran sedang mengandung sekitar 30 persen kebutuhan mangan harian Anda.
 

7. Mengandung serat tinggi

Kebutuhan akan serat pada pria di bawah usia 50 tahun adalah sekitar 38 gram per hari, dan 25 gram per hari untuk perempuan. Sayangnya, masih banyak orang yang sama sekali tidak memenuhi kebutuhan serat ini per harinya.

Padahal, serat penting untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan termasuk usus. Serat pun penting untuk menjaga kadar kolesterol. Selain itu, kandungan ini dapat membantu Anda menurunkan berat badan karena membuat Anda kenyang lebih lama.

Faktanya, buah ini mengandung serat yang tinggi. Dua buah pisang berukuran sedang mengandung 6 gram serat kira-kira memenuhi 23 persen dari kebutuhan sharian Anda.
 

8. Meredakan nyeri ulu hati dan mencegah tukak lambung

Orang yang punya maag bisa mendapatkan manfaat pisang untuk kesehatan pencernaan mereka jika buah ini rutin dijadikan camilan. Si kuning manias ini merupakan antasida alami dan berfungsi menetralkan asam lambung.

Pisang juga mengandung antioksidan flavonoid bernama leucocyanidin, yang membantu meningkatkan membran mukus dalam lambung sehingga mencegah terjadinya tukak lambung.
 

9. Baik untuk kulit

Jangan buang pisang yang sudah terlalu matang jika Anda mau memperoleh manfaat pisang untuk kesehatan kulit. Ya, pisang yang kematangan dapat digunakan sebagai masker wajah.

Kandungan vitamin C pada pisang penting dalam pembentukan kolagen dan membantu mencegah kerusakan akibat sinar UV. Buah ini juga punya manfaat mencegah timbulnya jerawat, menyerap minyak, dan melembapkan kulit kering.

Cara membuat masker wajah dari buahini cukup mudah. Pertama, pilih buah yang sudah matang atau lembek. Lalu, tumbuk menjadi adonan pasta halus. Oleskan masker pisang pada kulit wajah yang bersih dan biarkan selama setidaknya 15 menit.

Setelah itu, bilaslah dengan air hingga bersih. Untuk menambah kelembapan, Anda dapat menambahkan satu sendok teh madu atau grekk yougurt polos.

Jadi pas banget ya buat masakan berbahan dasar pisang dan dipadukan dengan keju. sama halnya menjaga keharmonisan keluarga dengan melakukan sesuatu bersama-sama, atau quality time bersama keluarga. Kali ini saya dan keluarga masak bersama menggunakan keju KRAFT sebagai momen keakraban keluarga kami, dan tentunya menambah cita rasa yang lezat tanpa mengubah rasa asli makanan.

Lempeng pisang with kraft quick melt ini berbeda dari lempeng pisang sebelumnya yang pernah kami buat, karena spesialnya itu terletak pada kraft quick melt anti gagal serta dapat menambah keakraban keluarga saat santai besama ditemani kopi, the maupun susu. Cara membuatnya pun cukup mudah, hanya memanfaatkan bahan-bahan yang ada di dapur. Yuk ah kita intip apa saja sih bahan-bahannya.

Bahan-bahan:

Keju kraft quick melt ukuran apa saja

Pisang awak 12

10 buah dihaluskan, 2 buah lagi untuk irisan diatas lempeng (bebas pilihan)

1 kg tepung terigu

Satu buah kelapa parut, sisihkan sedikit dan sangria sebagai taburan

Gula merah ¼ kg

Saus cabai secukupnya (sesuai selera)

Air secukupnya

Gula pasir secukupnya

Garam secukupnya

Cara membuat:

Hancurkan pisang dalam wadah berukuran sedang, kemudian masukan tepung aduk rata. Setelah tercampur rata masukan kelapa yang sudah di parut gula merah, gula pasir, garam secukupnya. Aduk-aduk dan tambahkan sedikit air agar adonan tidak terlalu keras. Setelah adonan tercampur rata letakkan diatas nampan atau teplon atau wajan yang biasa dipakai untuk menggoreng dialaskan daun pisang.

Ratakan dan beri hiasan pisang, keju kraft quick melt dan taburan kelapa yang di sangrai tadi. Kemudian letakkan diatas kompor dengan api kecil dan tutup bagian atasnya agar matangnya merata, diamkan selama 10-15 menit. Setelah itu angkat dan siap disajikan sesuai selera, boleh diberikan saus ataupun taburan coklat.



Lempeng sagu siap disajikan bersama teh hangat, kopi ataupun susu. Selamat mencoba ….



Referensi:

https://www.kompas.com/food/read/2022/08/09/170700675/keju-quick-melt-leleh-sempurna-dalam-3-menit-solusi-masak-akhir-pekan?page=a

https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/manfaat-buah-pisang/

https://yoursay.suara.com/health/2022/01/01/115500/selain-lezat-ini-5-manfaat-keju-bagi-kesehatan




Maya Fasindah
Blog seorang guru dan alhamdulillah seorang penulis yang masih terus belajar dan belajar.

Related Posts

Posting Komentar