..

Apa Itu Intuisi dan Apa Pula Tanda-tandanya.


Hai….hai sahabat Maya semuanya? Apa kabar? Sebenarnya intuisi itu apa sih? Tanda-tandanya apa? Nah, sebelum sampai kesana, aku mau sedikit cerita nih, jadi kemarin setelah mengikuti diklat 5 hari di sekolah tempat aku mengajar, tiba-tiba pihak yayasan memintaku untuk membuat video intuisi selama 5 hari kegiatan. Kebayang kan gimana terkejutnya diriku, hehehehe.

Tanpa persiapan apa-apa dan dengan bantuan teman, Alhamdulillah jadilah video nya. Aku sendiri tak menyangka sama sekali kok bisa ya tiba-tiba aku ngomong seperti itu, ngalir aja gitu apa adanya. Dan selama rekaman video itu apa yang kusampaikan itulah yang ku ingat selama kegiatan berlangsung. Jadi memang tak ada persiapan sama sekali.

Apa itu Intuisi?

Dan ternyata, secara umum intuisi adalah getaran hati atau jiwa akan sesuatu hal yang dihadapi atau yang akan terjadi. Getaran hati atau mungkin bisa juga diartikan "perasaan" akan sesuatu itu muncul atau terasa.

Otak kanan manusia mengatur sistem bawah sadar atau tidak sadar. Sesuai dengan namanya, sistem ini bekerja tanpa sepengetahuan sahabat dan bisa menghasilkan respons yang cepat. Sistem bawah sadar adalah sistem yang mengatur intuisi. Sebenarnya, gagasan ini juga berasal dari informasi atau pengalaman yang pernah sahabat alami atau ketahui sebelumnya. Akan tetapi, informasi tersebut berada pada alam bawah sadar sahabat.

Jadi, ketika intuisi muncul, keputusan itu adalah keputusan yang terbentuk dari alam bawah sadar sahabat. Mengingat cara kerja alam bawah sadar yang tergolong cepat, intuisi muncul tanpa harus berpikir dengan matang dan menganalisis semua kejadian yang pernah terjadi, atau tiba-tiba muncul begitu saja.

Intuisi didasarkan pada pengetahuan yang mendalam, prosesnya terasa alami dan hampir naluriah. Namun, intuisi yang cepat biasanya bermanfaat, meski ia tidak selalu sepenuhnya akurat. Otak bawah sadar mencoba mengenali, memproses, dan menggunakan pola berpikir berdasarkan pengalaman sebelumnya dan tebakan terbaik.

Namun intuisi juga dapat muncul dari pemikiran dan suara hati. Selain itu munculnya intuisi ini juga sangat penting diseimbangkan dengan logika. Sehingga dapat memudahkan sahabat mengambil keputusan dan tindakan. Dengan kata lain juga bahwa intuisi dan insting menjadi dua hal yang saling bekerja sama dalam mempengaruhi otak untuk berpikir dan bertindak.

Tanda-tanda Intuisi

Setelah tahu apa arti intuisi sahabat juga perlu memahami tanda-tanda seseorang memiliki intuisi yang baik. Pasalnya ada beberapa tanda yang bisa sahabat kenali untuk mengetahui intuisi yang baik. Berikut ini tanda-tanda jika sahabat atau seseorang punya intuisi.

- Seringkali berpikir secara mendalam.

- Dapat menilai karakter orang lain dengan baik.

- Seringkali memperoleh ide dan kesadaran secara tiba-tiba.

- Dapat mengenali, menangkap, dan mengetahui emosi orang lain dengan baik. Mulai dari ekspresi, bahasa tubuh, suara, dan berbagai hal non-verbal lainnya yang terlihat.

- Punya suara batin yang kuat.

Intuisi dan Insting itu berbeda

Arti intuisi adalah sesuatu yang muncul secara tidak disadari untuk mengetahui apa yang terjadi dan akan terjadi dalam pengaruhnya membuat suatu keputusan. Intuisi juga dapat berarti kemampuan memahami sesuatu dengan melibatkan gerakan hati.

Sedangkan arti insting adalah kemampuan alami yang muncul dalam diri setiap orang. Misalnya saja dalam keadaan bahaya sahabat akan cenderung langsung menghindarinya tanpa harus berpikir panjang. Dengan kata lain arti insting dapat juga berarti respon alami yang muncul secara otomatis. Sejumlah sumber menyebutkan jika intuisi dan insting memiliki perbedaan pada pikiran dan tindakan. Pikiran menjadi arti dari intuisi dan tindakan adalah buah dari insting.

Melatih intuisi

Ada beragam cara mengasah intuisi dalam diri ternyata bisa dilatih. Melansir dari liputan6.com, ada beberapa cara melatih untuk mengasah intuisi dan mempertajamnya. Berikut ini ulasan mengenai cara mengasah intuisi dan mempertajamnya.

- Pertama, cobalah untuk yakin dan percaya pada intuisi yang muncul dalam diri sahabat. Bentuk pola pikir positif terhadap intuisi yang muncul untuk melatih dan mempertajam kemampuan intuisi.

- Kedua, mengasah intuisi dengan attention yakni seperti menulis jurnal, mengamati lingkungan sekitar dan alam, diskusi dengan orang lain.

- Ketiga, sahabat dapat mendengarkan bahasa tubuh, simbol, sinyal yang muncul.


 

 

Itulah beberapa penjelasan mengenai apa itu intuisi yang perlu sahabat ketahui. Semoga dapat membantu sahabat dalam memahami apa arti intuisi dan tanda-tandanya ya.



Maya Fasindah
Blog seorang guru dan alhamdulillah seorang penulis yang masih terus belajar dan belajar.

Related Posts

Posting Komentar