..

Naskah Lomba Apresiasi Guru


Naskah ini adalah naskah yang aku ikutkan lomba apresiasi guru, meski enggak menang aku tetap semangat mengajar, dan mudah-mudahan bisa ikutan lagi, doakan ya sahabat. Jika berkenan, sahabat bisa tonton videonya. Terima kasih banyak ya sudah menonton dan semoga rezeki sahabat bertambah, aamiin...
 
 

 
Semangat dan Antusias Mengajar dalam Pelaksanaan PTMT Untuk Mengatasi Learning Loss
Oleh Maya Fasindah M.Pd



Assalamualaikum wr…wb…

Salam sejahtera buat kita semua….

Perkenalkan nama saya Maya Fasindah M.Pd, mengampu mata pelajaran bahasa Indonesia, dari SMK Kasih Maitreya Selatpanjang, Riau.

Puji syukur kita anugerahkan kepada Tuhan Yang Maha Esa sehingga kita diberikan kesehatan, kelimpahan rezeki, serta kenikmatan hidup sehingga aktivitas kita berjalan dengan lancar hingga saat ini.

Bapak/ibu guru sekalian, adapun materi yang akan saya sampaikan pada kesempatan ini adalah Semangat dan Antusias Mengajar dalam Pelaksanaan PTMT Untuk Mengatasi Learning Loss

Seperti yang kita ketahui bahwa learning loss adalah istilah yang mengacu pada hilangnya pengetahuan dan keterampilan baik secara umum atau spesifik, atau terjadinya kemunduran proses akademik karena suatu kondisi tertentu. Sejak masa pandemi, anak-anak malas belajar dan tidak ada gairah atau semangat untuk kembali belajar serta mendengarkan materi yang diajarkan guru terlebih pada masa new normal ini. Mereka seakan kembali pada masa dimana pertama kalinya mereka datang ke sekolah, menyesuaikan diri bersama teman-teman dan para guru. Tentunya masih ada rasa takut dalam diri mereka sehingga membuat mereka tidak fokus belajar.

Bapak/ibu guru sekalian, disini lah peran penting kita sebagai guru, sebagai pembimbing, dan sebagai pengganti orangtua berusaha bagaimana membangkitkan gairah belajar mereka kembali, menghilangkan rasa khawatir dan membuat nyaman berada di sekolah sehingga mereka mampu konsentrasi, mampu fokus kembali terhadap apa yang guru ajarkan.

Bagaimana cara kita? Usaha apa yang harus kita lakukan? Ada beberapa strategi atau cara untuk menyemangati guru dan Antusias Mengajar dalam pelaksanaan PTMT Untuk Mengatasi Learning Loss ini terkait dengan materi yang kita ajarkan.

Pertama, guru harus semangat ketika mengajar.

Selain menyiapkan RPP sebelum mengajar serta menyampaikan materi, guru juga harus semangat ketika mengajar. Salah satu caranya adalah mengajak anak untuk bermain atau sekedar menghibur seperti ice breaking yang dalam bahasa Indonesia disebut mencairkan suasana atau candaan ringan berupa permainan kata, dsb. Contoh: Marina menari diatas Menara. Kalimat ini dapat ditukar posisinya namun masih mengandung arti yang sama. Kata Marina sebagai pengganti saya, menari; gerakan tarian, diatas; memegang bahu dan menara; membentuk tangan segitiga diatas kepala. Hal ini dilakukan untuk membangkitkan kembali semangat belajar mengajar serta menghilangkan rasa bosan. Candaan ringan ini dapat kita lakukan di awal pembelajaran ataupun di tengah-tengah pembelajaran.

Kedua, guru mengajak anak untuk memanfaatkan gawai mereka dalam pembelajaran.


Gawai tidak akan pernah lepas dari kehidupan kita, terlebih sejak masa pandemi. Anak-anak selalu berhubungan dengan gawainya, karena itulah hal ini dapat kita manfaatkan dalam pembelajaran, seperti canva. Canva adalah aplikasi desain grafis yang menjembatani penggunanya dengan mudah merancang berbagai jenis material kreatif secara daring atau online. Mulai dari mendesain kartu ucapan, poster, brosur, infografik, presentasi, glasmorphism, water splash, lamaran kerja, dsb. Salah satu contohnya adalah surat lamaran kerja. Surat lamaran kerja adalah salah satu materi yang diajarkan di kelas 12. Tujuannya adalah agar peserta didik mampu menyusun dan mempresentasikan surat lamaran pekerjaan dengan memerhatikan isi, sistematika dan kaidah kebahasaan.

Banyak tampilan-tampilan menarik di canva mengenai pembuatan surat lamaran kerja, baik itu mengenai tampilan suratnya maupun daftar riwayat hidup si pelamar pekerjaan. Hal ini tentunya memiki keasyikan tersendiri bagi siswa. Mereka dapat mendesain sedemikian lupa hingga nantinya tampilan surat lamaran kerja menjadi lebih menarik. Surat lamaran kerja saat ini dapat kita kirimkan melalui surel sehingga lebih praktis dalam pelaksanaannya, hemat waktu dan efisien. Ketika ada jawaban dari surel kita, maka wawancarapun dapat dilaksanakan tentunya tetap mematuhi protokol kesehatan. Tidak hanya sampai disitu canva juga dapat dijadikan peluang usaha di masa-masa seperti ini. Secara otomatis, siswa dan guru akan semakin antusias dengan aplikasi canva ini.

Ketiga, memadukan metode pembelajaran dengan parodi.

Biasanya, guru selain memancing rasa ingin tahu siswa melalui metode discovery learning, permainan kata atau yang lainnya. Kita dapat juga membantu daya ingat mereka melalui sebuah lagu atau dikenal dengan strategi pembelajaran Parodi.

Saat ini banyak sekali iklan yang memanfaatkan parodi. Parodi adalah suatu peniruan bentuk atau jenis cerita yang digunakan untuk mengibur atau dapat juga menyindir. Tetapi dalam hal ini parodi merupakan lirik lagu yang berisi informasi pelajaran yang dikemas/disajikan dalam bentuk lagu. Parodi dapat berupa lagu baru atau lagu lama yang diubah liriknya sesuai dengan materi pelajaran yang dibutuhkan.

Dalam mengajar ada pintu-pintu yang harus dilewati oleh siswa agar informasi itu dapat masuk kedalam memori jangka panjang mereka salah satunya adalah membangkitkan rasa emosinal atau gairah sehingga informasi itu dapat masuk ke otak siswa melalui proses berfikir. Caranya adalah saya mengajak mereka, para siswa meyanyikan salah satu lagu inla “kicau burung” yang liriknya saya ubah dalam bentuk pembelajaran“ surat lamaran kerja.” Seperti ini liriknya: Hari ini kita belajar surat lamaran yaitu surat permohonan untuk bekerja,

pendidikan juga keahlian serta pengalaman itu sangat penting.

Adapun unsur-unsur surat lamaran itu, ada 9 jangan sampai lupa,

tempat dan tanggal surat, lampiran dan halaman,

alamat surat juga jangan ketinggalan…

salam pembuka “dengan hormat”, selanjutnya….

alinea pembuka, isi, penutup, salam penutup,

tanda tangan dan nama terang itulah yang terakhir…

sampai jumpa lagi di materi yang berikutnya nanti…

Lagu yang kita parodikan adalah lagu yang dekat dengan siwa sehingga siswa memahami benar bagaimana nada lagu yang kita ubah menjadi nada lagu pembelajaran. Lagu ini biasanya saya lakukan pada akhir pembelajaran saat menyimpulkan materi pembelajaran. Hasilnya guru lebih antusias, siswa jauh lebih bersemangat dan cepat mengingat pelajaran yang kita berikan, sehingga saat mereka menyusun surat lamaran kerja mereka akan mengingat lagu ini tanpa harus membuka catatan dan prestasi belajar pun meningkat.

Keempat, Pembelajaran Campuran atau dikenal dengan Blended Learning.

Pembelajaran campuran atau blended learning adalah mencampurkan program pendidikan formal dan non formal, penggabungan antara kegiatan pembelajaran tatap muka dengan pembelajaran berbasis daring atau online yang memungkinkan siswa belajar melalui konten dan petunjuk yang disampaikan secara daring dengan kendali mandiri terhadap waktu, tempat, urutan, maupun kecepatan belajar.

Pembelajaran campuran ini merupakan tindak lanjut dari pembelajaran tatap muka terbatas. Guru dapat memberikan tugas atau tanya jawab mengenai tugas yang diberikan melalui aplikasi WhatsApp, Goggle Classroom, dsb. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan siswa dan guru dapat meningkatkan kemampuannya masing-masing.

Demikianlah paparan saya dalam pelaksanan PTMT mengatasi learning loss, hanya ini yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat dan terima kasih.





Maya Fasindah
Blog seorang guru dan alhamdulillah seorang penulis yang masih terus belajar dan belajar.

Related Posts

Posting Komentar