Saturday, 25 June 2022

Teks Pembawa Acara Pembagian Rapot Disertai Pantun



Pergi memetik buah tomat

Memetiknya di kebun pak Atan

Kami haturkan salam hormat

Kepada hadirin sekalian



Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua..

Yang terhormat Ketua Yayasan Prajnamitra Cabang Selatpanjang, yaitu Bpk. Harly, S.Ag

Yang terhormat Kepala sekolah SMKS Kasih Maitreya, Ms. Epa Juliati Siadari, S.Si



Yang kami hormati Wakil kepala sekolah bag. Kurikulum dan bag. Kesiswaan, Staf Tu dan Majelis guru beserta jajarannya



Yang sama-sama kami hormati, yaitu orang tua dan wali murid SMKS Kasih Maitreya yang telah berkesempatan hadir pada hari ini



Dan yang paling kami banggakan adalah generasi penerus bangsa yaitu siswa/siswi SMKS kasih maitreya..



SALAM DUNIA SATU KELUARGA ; Saya Salah Satu Bagiannya..

SALAM SEKOLAH SATU KELUARGA ; Bahagia, Gembira Sukacita..



Puji syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberikan nikmatnya kepada kita sehingga kita masih diberi kesempatan untuk hadir dan bersama-sama mensukses kan acara Pembagian Raport Kenaikan Kelas siswa/siswi SMKS Kasih Maitreya Tahun Ajaran 2021/2022 pada hari Senin, tgl. 20 Juni 2022.



Acara pada hari ini akan dipandu oleh MC yaitu

Saya Maya Fasindah



Saya akan memandu dan menemani hadirin sekalian dalam mensukseskan acara kita dan semoga berjalan dengan baik hingga selesai.



Sebelum memasuki acara inti, MC akan membacakan susunan acara

1. Pembukaan oleh saya sendiri selaku MC pada hari ini.

2. Pembacaan doa oleh Endra Damara

3. Sambutan kepala sekolah oleh Epa Juliarti Siadari, S.Si.

4. Penampilan tarian Inla oleh Grup tari INLA

5. Sambutan ketua yayasan oleh Harly S.Ag.

6. Pengumuman Terbaik dari kelas X AK/TKJ dan XI AK/TKJ oleh MC dan tim penyerahan hadiah.

7. Penutup oleh MC.



Air mata jatuh berderai

Karena mengingat banyaknya dosa

Sebelum acara kita mulai

Marilah sejenak kita mengucapkan doa

1. Acara ini akan dibuka dengan Pembacaan Doa, yang dipandu oleh Sr. Endra Damara kepadanya dipersilakan

Kepada Sr. Endra saya ucapkan terima kasih



Bukan bunga sembarang bunga

Bunga dibawa jalan berdua

Bukan kepala sembarang kepala

Kepala ini mencetak kader unggulan bangsa

2. Acara yang kedua yaitu sambutan dari kepala sekolah SMKS kasih maitreya oleh Ms. Epa Juliati Siadari, S.Si, kepadanya dipersilakan

kepada Ms. Epa kami ucapkan terima kasih atas sambutannya



bila kamu naik mendaki

jangan lupa memakai sepatu bertali

bila acara sedang dilewati

jangan lupa saksikan pertunjukan yang satu ini

3. Mari sama-sama kita saksikan Penampilan Tarian Inla, kepada Grup Tari Inla waktu dan tempat kami persilakan

Berikan tepuk tangan yang meriah untuk grup tari Inla



Siapa tak kenal rembulan malam bertemu siang

Sudahlah indah berseri lagi

Siapa tak kenal ketua Yayasan Prajnamitra Cabang Selatpanjang

Sudahlah Tampan Cerdas Lagi

4. Mari sama-sama kita dengarkan kata sambutan dari ketua Yayasan Prajnamitra Cabang Selatpanjang oleh Bpk. Harly, S.Ag, Kepada Bpk. Harly, S.Ag dipersilakan.

Terima kasih kami ucapkan kepada Bpk. Harly, S.Ag atas sambutannya dan semoga bisa kita aplikasikan dalam kehidupan



Awan cerah biru langitnya,

Mulai mendung ketika sore hari

Adapun acara yang selanjutnya

Adalah pengumuman yang dinanti

5. Pengumuman terbaik kelas X Akuntansi dan X TKJ, Selanjutnya Pengumuman Terbaik Umum kelas X

6. Pengumuman terbaik kelas XI Akuntansi dan XI TKJ, Selanjutnya Pengumuman Terbaik Umum kelas XI



Di puncak gunung ada perunggu

Saat dicari tak ketemu

Masa depan sedang menunggu

Anak berprestasi penuh ilmu

Semoga kedepannya seluruh siswa/siswi SMKS Kasih Maitreya bukan hanya Berprestasi, Namun Juga Menginspirasi Dunia

Pesan singkat untuk siswa/siswi SMKS Kasih Maitreya “Orang Sukses bukan ia yang meraih kemenangan dengan menjatuhkan orang lain, Tetapi ia yang bersama-sama meraih kemenangan, dan bersama-sama membantu orang lain.”



7. Penutup

Bunga mekar di perbukitan

Sawah luas di pedesaan

Terima kasih untuk perhatian dari hadirin sekalian

Mohon maaf untuk segala kesalahan



Sampailah kita di penguhujung acara

Semoga kegiatan hari ini selalu diberkahi



Dan terima kasih untuk hadirin tamu undangan beserta siswa/siswi SMKS Kasih Maitreya yang kami banggakan dan kedepannya tetap semangat mengukir prestasi

Sebelum acara ini kita tutup, mari sama-sama cek semangat



SALAM DUNIA SATU KELUARGA ; saya salah satu bagiannya

SALAM SEKOLAH SATU KELUARGA; Bahagia, gembira sukacita



Saya pamit undur diri, mohon dimaafkan atas segala kesalahan baik itu kekhilafan ucapan maupun kesalahan dalam pengucapan nama. Terima kasih dan Selamat siang.

Friday, 24 June 2022

Momen Keakraban Yayasan bersama Keluarga Sekolah Kasih Maitreya


Momen Keakraban atau MOKRAB, begitulah biasa kami menyebutnya, mokrab ini diadakan per dua bulan. Ada banyak kegiatan yang kami lakukan disini, diantaranya menyanyi lagu INLA, games, pertunjukan setiap tingkat,dll.

Mokrab ini tidak hanya di hadiri di kalangan guru saja, namun seluruh keluarga sekolah kasih Maitreya termasuk satpam, bagian umum, koperasi dan kantin. Tujuan dari acara ini adalah agar seluruh keluarga sekolah kasih Maitreya benar-benar layaknya keluarga di rumah yang di pimpin oleh Pak Harly selaku yayasan beserta staf-staf yang tergabung di dalamnya. Saling mengenal satu sama lain, saling menyapa dan juga saling tolong menolong.

Thursday, 23 June 2022

Belajar Menulis Artikel Berbobot

Seorang penulis belum dikatakan penulis jika dia belum benar-benar menulis, artinya seberapa pentingkah tulisannya itu bagi orang lain. aku sendiri masih dalam kategori ini, apakah tulisan ku bermanfaat atau tidak, penting atau tidak dan yang paling penting apakah sudah masuk dalam kesayangan mbah google?


Wednesday, 22 June 2022

Naskah Teks Pidato Terkait Kurikulum Merdeka Belajar



Sadar Moral, Pentingkah?
 Oleh Maya Fasindah



Assalamualaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

Salam sejahtera buat kita semua

Puji syukur kita anugerahkan kepada Allah swt sehingga kita diberikan kesehatan, kelimpahan rezeki, kenikmatan hidup sehingga aktivitas kita berjalan dengan lancar hingga saat ini.

Bapak-bapak dan Ibu-Ibu yang saya hormati, adapun materi yang akan saya sampaikan pada kesempatan ini adalah Sadar Moral, Pentingkah?

Tuesday, 21 June 2022

Diskusi Asyik Membuat Paragraf Pembuka yang Memikat bersama Cak Heru



Terpesona……aku terpesona, membaca-baca tulisanmu yang apik. Sahabat ingat lirik lagu ini? Tentu ingat dong ya, hanya saja lirik nya ku ubah diki, heheheeh. Beginilah asyiknya kalau sudah cinta dengan profesi kita. Terlebih karena aku seorang guru ya, harus banyak-banyak belajar ibarat kata pepatah belajarlah dari buaian hingga ke liang lahat. Begitulah sejatinya seorang guru, demi apa coba? Demi anak bangsa dong, biar mereka lebih pintar daripada aku. Aamiin…

Monday, 20 June 2022

7 Tips Sukses Membangun Blog Untuk Blogger Pemula

 

Jika menulis adalah hoby para sahabat, maka salah satu caranya adalah membuat blog. Membuat blog tidaklah sulit, sahabat bisa mulai dari yang gratisan terlebih dahulu misalnya menggunakan platform Blogger.com, WordPress.com, dll. Intinya adalah tetap menulis dan kita bisa menumpahkan segala ide ke dalam tulisan secara rutin, sejak itulah kita bisa disebut sebagai blogger.

Sunday, 19 June 2022

Rindu Pulang Kampung




Minggu, 19 Juni 2021

Dear Diary, sebentar lagi liburan semester aku kangen dengan teman-temanku di kampung. Semoga ayah cepat meyelesaikan pekerjaannya ya dan aku bisa bertemu dengan mereka. Kata ayah, pekerjaannya masih banyak dan harus diselesaikan semua, jadi kemunginan besar kami tidak pulang kampung. Aku sedih diary.

Tau gak diary, kenapa aku suka pulang kampung? Suasana di kampung jauh berbeda dengan kota, disana udaranya sejuk tanpa polusi, banyak makanan yang unik serta permainan yang mengasyikan, benar-benar seru deh. Doakan ya diary semoga liburan kali ini aku bisa pulang kampung lagi.

Salam tulisanku, Rindu.

Saturday, 18 June 2022

Redum

 

Katakanlah duhai nestapa, jika rindu ini baik tolong keluarkan aku dari penjara hati ini yang bahkan menyentuh dindingnya saja aku tak mampu.

Apa yang akan dilakukan oleh gadis tua sepertiku ketika jatuh cinta? Meski ini bukanlah pertama kalinya, namun inilah rasa yang paling aneh dan menegangkan diantara rasa-rasa yang pernah ada dulu, dan jawabannya masih tetap sama. Menunggu. Entah bagaimana caranya diriku menantikan kata itu, menunggu hatiku yang siap mengutarakannya atau menunggu sinyal-sinyal yang menurutku itu memang pantas ku dapatkan. Jatuh cinta bagi gadis seusiaku memang aneh walaupun sebenarnya masih wajar, tetap saja sakit menurutku.

Friday, 17 June 2022

Pesona Wisata Pantai Batu Geronjong



Yo, yo, yo….sahabat maya semuanya, kali ini kita melipir dulu ya ke salah satu tempat wisata di kepulauan Meranti, Riau. Sahabat tau gak, aku sudah berkali-kali loh kesini, gak ada bosan-bosannya tau, heheheheheh….penasaran kan kayak gimana pantainya, simak penjelasanku ya…

Thursday, 16 June 2022

Tesaurus Dalam Puisi





Hai…..hai….hai sahabat maya semuanya….kita ketemu lagi disini ya. Kali ini aku mau nulis puisi lagi nih sahabat, di tulisan sebelumnya aku udah pernah share ya bagaimana cara membuat puisi yang bisa sahabat coba.

Nah, di tulisan ini aku mau sedikit cerita masih terkait dengan kepenulisan puisi sih. Cara aku nulis puisi itu yah saat kita sedang merasakan sesuatu aja, mau itu sedih, senang, gabut, kangen, marah, resah, dll. Semua itu bisa kita jadikan ide dan langsung tuh keluar kata-kata ajaib yang bisa kita rangkai dari satu kalimat menjadi kalimat yang lain.

Wednesday, 15 June 2022

Pentigraf




Pentigraf memiliki tiga kata kunci penting yaitu: cerpen, tiga, dan paragraf. Tiga kata kunci tersebut merupakan spirit dan sekaligus karakter dari pentigraf. Karya sastra ini kali pertama digagas dan dikembangkan oleh sastrawan dari Unesa, Dr. Tengsoe Tjahjono. Beliau mulai memperkenalkan pentigraf ini sejak 1980-an di media lokal Suara Indonesia Malang. Menurut pandangan beliau cerpen tiga paragraf sangat relevan dihadirkan dalam dunia serba cepat, serba ringkas, dan serba efektif.

Tuesday, 14 June 2022

Sarira Merindu





Malam ini malam pertamaku di hotel Prodeo. Sungguh, aku tak menyangka Mama tega melakukan ini padaku. Dadaku sesak, serasa berada dalam kotak yang berisikan ribuan es, dingin, sangat dingin, bahkan bibirku bergetar, kulitku mulai mengisut. Tidak ada selimut, tidak ada pelukan hangat, yang mampu ku lakukan saat ini hanya menekuk kedua kakiku, menopang dagu sembari menyebut nama Mama Sarira. Meski tubuhku gemetaran, aku tetap menyebut namanya yang juga bagian dari namaku. Sayup-sayup terdengar suara Mama, ya itu Mama. Mana mungkin aku melupakannya, 22 tahun aku hidup bersama Mama meski Ia menganggapku tak pernah ada.

Monday, 13 June 2022

Mentor Kelas Blog Dasar - Karunia Silviany Sambas




Karunia Sambas, nama blog yang luar biasa memotivasi para bloger di rumah maya. Berkenalan lewat grup dan mulai berceloteh pintar perihal dunia blog dan kronco-kronconya.

Sunday, 12 June 2022

Tips Menjaga Semangat Ngeblog




Semangat merupakan kemauan atau gairah melakukan sesuatu untuk mencapai tujuan, namun kadang kala semangat justru naik turun. Untuk itu, semangat harus dijaga sebaik mungkin agar tubuh tetap dalam kondisi bugar. Jika semangat terjaga, maka menulis pun lancar selayaknya air mengalir.

Dulu, kita sering mendengar pepatah yang mengatakan banyak jalan menuju Roma, pepatah tersebut menggambarkan bahwa untuk bisa meraih sesuatu sepatutnya tidak terpaku pada satu cara, begitu juga dengan istilah zaman milenial sekarang ini, banyak jalan menuju cuan. Itu artinya kita harus cari tahu cara mencari cuan selain kerja keras yaitu kerja cerdas. Ada orang yang suka membaca tapi gak suka nulis, nah ada juga orang yang suka nulis tapi dia sendiri gak tahu tulisan itu nantinya untuk apa. Salah satunya adalah Ngeblog.

Ngeblog atau blogger merupakan salah satu cara paling efektif untuk menghasilkan cuan, bermodalkan ide yang dituangkan dalam tulisan; memberi manfaat bagi orang lain, memberikan informasi berharga, mengasah kemampuan berpikir, hingga akhirnya diyakini mampu meningkatkan kehidupan ekonomi.

Karena itulah agar semangat ngeblog kita tetap terjaga, perlu dilakukan hal-hal berikut ini:
 

Berpikir Positif

Jika kita terbiasa dengan berpikir positif, maka kita akan terhindar dari kejenuhan saat menulis, otomatis ide tulisan terus mengalir kan? Jika sudah mengalir gak menutup kemungkinan tulisan yang dihasilkan pasti berkualitas dan bermanfaat.

Pasang Alarm

Suara alarm dapat membantu kita untuk kembali fokus pada kerjaan kita yaitu menulis. Jika seseorang sering lupa dengan rutinitas atau pekerjaannya, alarm adalah salah satu cara sebagi pengingat diri. Dan secara tidak langsung, kita akan melakukan pekerjaan yang menjadi rutinitas kita. Jika kita mampu melakukannya dengan baik, rutinitas yang menjadi pekerjaan kita bisa dikatakan berhasil.

Ingat Kembali Big Why nya Kita

Meskipun ngeblog bukan menjadi tujuan utama seseorang dalam pekerjaannya, tapi setiap orang punya mimpi untuk mewujudkannya. Percayalah pekerjaan sampingan justru lebih menjanjikan jika kita benar-benar konsisten melakukannya. Setiap pekerjaan yang kita lakukan ada hasilnya kok meski kecil sekalipun, sebagai pengingat diri tulisan yang baik adalah tulisan yang mampu kita selesaikan dengan baik pula.

Biasakan Hal yang tak biasa

Jika kita berniat ngeblog, sudah pasti berniat untuk menulis. Meskipun ini bukanlah hal yang biasa kita lakukan, lama-lama juga jadi terbiasa. Jika sudah terbiasa pastinya menghasilkan sesuatu yang luar biasa. Dengan konsistensi menulis tiap hari untuk mengisi blog kita, tulisan demi tulisan pasti akan berubah seiring berjalannya waktu.



Sampai disini dulu ya sahabat, semoga tulisan ini nermanfaat. Yok bisa yok…





Saturday, 11 June 2022

Inspirasi Nita Motivasi Diri




Sesuai dengan nama blog nya, mbak yang satu ini selalu menghadirkan tulisan-tulisan yang bermanfaat, dengan gaya tulisan santai dan mudah dipahami. Warna biru yang lembut, membuat blognya indah dipandang mata. Ibu yang berprofesi seorang dosen pendidikan agama Islam ini, konsentrasi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, benar-benar memanfaatkan blognya mengisi hal-hal yang baik sesuai dengan ajaran agama.

Friday, 10 June 2022

Mengenal Faksi (Fakta-Fiksi)




Dalam dunia tulis menulis, dulu kita hanya mengenal tulisan fiksi dan nonfiksi. Namun seiring perkembangan zaman, termyata ada tulisan yang disebut faksi yaitu fakta fiksi.

Thursday, 9 June 2022

Hempaskan Buku Bajakan




Halo loha Sahabat Maya apa kabar? Ruarrr biasa tentunya dong ya. Kali ini aku mau kasih tips gimana cara menghempaskan buku bajakan, uh…pergi sana!!!!!

Wednesday, 8 June 2022

2 Hal Penting Yang Wajib Kita Tahu Dalam Membedakan Resensi dan Review




Hai sahabat maya semuanya? Bingung ya bedain antara resensi dan review, tenang aja, aku pasti jelasin kok perbedaan diantara keduanya. Sepintas yang kita tahu pasti sama kan ya? Nah, jangan salah dan harus tahu betul bahwa resensi dan review itu jelas berbeda. Bedanya apa sih? Yuk ah cusss…

Tuesday, 7 June 2022

Sosialisasi Prakerin SMK Kasih Maitreya Selatpanjang Tahun Ajaran 2021/2022




SMK Kasih Maitreya adalah salah satu sekolah swasta yang siap membekali pengetahuan siswa-siswanya di dunia usaha atau dunia industri yang berkaitan dengan kompetensi siswa sesuai bidang yang digelutinya. Pada umumnya, sekolah akan mengupayakan terlaksananya program Prakerin SMK ini demi meningkatkan keterampilan siswa di bidangnya.

Monday, 6 June 2022

Menyiapkan Generasi Emas Dengan Taat Membayar Pajak




KP2KP ( Kantor Pelayanan, Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan mengadakan kegiatan Tax Goes To School di Sekolah Kasih Maitreya. Kegiatan ini sengaja dibuat dalam upaya memperkenalkan dan meningkatkan pengetahuan serta kesadaran mengenai perpajakan sejak dini terutama di era generasi emas tahun 2045 nanti.

Sunday, 5 June 2022

Mimpi Manis Guru Honorer




Salam sayang sahabat maya, kali ini aku mau share pengalamanku menjadi guru honorer ya plus Big Why aku kedepannya, aku sih gak muluk-muluk ya sahabat karena aku yakin sekecil apa pun usaha kita suatu saat nanti pasti ada hasilnya. Jagi guru itu gak gampang, perlu kesabaran ekstra menghadapi murid, belum lagi urusan administrasi dan kronco-kronconya.

Saturday, 4 June 2022

Cari Tahu Fiksi Mini Yuk…




Tak Kenal Maka Tak Tahu

Fiksi mini, adalah karya fiksi yang sangat singkat bahkan lebih ringkas daripada cerita pendek. Tidak ada ukuran yang jelas seberapa panjang sebuah fiksi mini sebenarnya, namun panjang fiksi mini rata-rata berkisar antara 250 hingga 1.000 kata, jelas berbeda dengan cerita pendek yang umumnya di atas 1.000 sampai 10.000 kata. Bahkan seiring dengan berjalannya waktu, muncul beberapa tulisan fiksi mini yang lebih pendek dari 250 kata. Terbayang apa yang bisa ditulis dengan kurang dari 250 kata? Sulit? Nyatanya, fiksi mini kurang dari 250 kata sangat populer dan banyak penulis yang menggeluti jenis tulisan ini.

Friday, 3 June 2022

Cerpen Horor : Kain Gendong Mbah Wedok




Aku terus menyusuri jalan di tengah gulita malam, rasa-rasanya telah lama aku berjalan, tak tahu entah sampai kapan. Kupastikan tanganku terus meraba dinding-dinding di sekitarku, dindingnya retak, catnya pun terkelupas. Aku yakin tempat ini pasti sudah lama sekali tidak di huni, dan sepertinya ini lorong. Sebab sedari tadi aku berjalan dan belum menemukan sesuatu yang menghalangi jalanku. Lorong ini panjang sekali.

Thursday, 2 June 2022

Membuat Puisi Dengan Nama Sendiri, Siap Dalam 5 Menit





Apa yang ada dalam pikiran sahabat ketika diminta untuk membuat puisi? Ribet? Malas berpikir? Gak pintar? Atau gak percaya diri? Itu sudah sifat alamiahnya manusia ya, karena membuat puisi itu harus menggunakan kata-kata yang indah, istilah anak zaman now itu lebay, ya gak sih?

Wednesday, 1 June 2022

6 Rukun Memasak Novel Pemula Ala Chef Maya Fasindah



       


Sahabat suka masak? Atau suka makan? Banyak jalan menuju kesukaan kita ya. Begitu juga dengan aku. Aku tuh suka ngayal loh, hehehehehe. Makanya aku wujudkan dalam sebuah novel. Awalnya sih gak percaya ya kalau aku bisa juga nulis novel, tapi sahabat, semua itu mungkin jika kita yakin dan tentu saja konsisten.

Tuesday, 31 May 2022

Review Tulisan Karya Ilmiah Siswa




Halo sahabat maya, kali ini aku mau review tulisan karya ilmiah siswa ku ya. Menulis karya ilmiah itu gak semudah yang kita pikirkan ya sahabat, harus bener-bener real dan dibuktikan dengan data. Kenapa? Karena karya ilmiah itu adalah hasil tulisan berdasarkan temuan atau penelitian kita ya, jadi gak sesuka hati kita nulis gitu aja. Karya ilmiah juga harus ada daftar pustaka ya, karena daftar pustaka itu juga sebagai bahan tulisan kita yang udah pernah ditulis oleh orang lain. Gimana? Sahabat paham kan? Kita review satu persatu ya. Dimulai dari bab 1.

Thursday, 26 May 2022

Pembentukan Karakter Melalui Permainan Lu Lu Cina Buta





Hai…hai sahabat Maya semuanya? Pernah denger gak permainan Lu Lu Cina Buta? Kalau dengar namanya pasti lucu bukan? Jadi permainan Lu Lu Cina Buta ini adalah permainan rakyat yang dimainkan oleh anak-anak Tembilahan, Indera Hilir, Provinsi Riau, Indonesia. Kata "Cina Buta" ini berawal dari cerita seorang Tionghoa yang mau menikahi sementara perempuan Islam yang bercerai dengan talak tiga. Dalam Islam, perempuan yang telah dicerai dengan talak tiga tidak dapat rujuk kembali dengan suami terdahulu sebelum menikah dengan laki-laki lain. Karena itu pada umumnya masyarakat tidak akan mau menikahi sementara perempuan tersebut meskipun dibayar. Karena itu orang yang mau menikah sementara tersebut dijadikan olok-olok masyarakat dan dianggap "buta."

Monday, 23 May 2022

Fortune Indonesia Summit 2022 Memperbaiki Ekonomi, Mencerdaskan Pengetahuan Literasi Keuangan Masyarakat




Halo sahabat Maya semuanya, kepo gak sih dengan FORTUNE Indonesia Summit? Kepo dong ya… Nah, Tahun 2022 ini merupakan tahun yang bombastis bagi Fortune Indonesia, bagaimana tidak, ini pertama kalinya Fortune Indonesia menyelenggarakan Fortune Indonesia Summit. Acara ini merupakan acara yang sangat luar biasa bagi para pebisnis, pemimpin perempuan, pengguna media sosial, dll.

Friday, 8 April 2022

Emotional Healing Theraphy





Hai hai Sahabat Maya Semuanya? Semoga dalam keadaan sehat ya? Okelah, kali ini aku mau ceritakan sedikit pengalamanku mengenai emosi ya. Siapa yang gak pernah ngalamin yang namanya emosi, semua makhluk ciptaan Tuhan pernah ngalaminnya bahkan binatang sekalipun, perasaan marah, cemas, bimbang, bingung, dsb itu semua bisa kita rasakan dalam satu waktu, hanya saja bagaimana caranya kita nanggepin kata yang satu ini. Emosi. 

Wednesday, 23 March 2022

Indonesia


 
                 

                      
Hari ini hari senin, diluar sana ada badai, yang membuat orang-orang tak bisa keluar rumah. Sekarang Seina sedang berbaring sambil menatap langit-langit kamarnya, dan memutar lagu berjudul “ CHILLAX” dari girl grup kesukaannya.

“ Pani….. bangun pan! Hari ini kan kamu harus kuliah ” teriak seseorang dari lantai bawah.

“ Iya ma, aku udah bangun nih” teriak Seina.

Ya, orang yang tadi memanggilnya adalah ibunya. Pani adalah nama panggilan dari keluarga untuknya, dia tidak menyukainya, karna itu sangat jauh dari nama aslinya, Seina Emersyn. Seina kemudian menuruni tangga sambil celingak celinguk mencari seseorang. Tapi dia tak menemukannya, Seina tampak sangat santai berjalan ke dapur dan membuat sarapan untuknya. Ia pun duduk di meja makan sambil melihat keluar jendela.

Monday, 21 March 2022

Yuk Belajar Bernegosiasi.





Halo Sahabat Maya semuanya, kali ini kita belajar bagaimana cara bernegosiasi yang baik ya. Tapi sebelumnya, kita pelajari dulu apa itu negosiasi, syarat-syaratnya, tujuan, manfaat, jenis-jenis negosiasi, dsb. Untuk mendalami pemahaman mu, yuk baca dan cermati baik-baik ya.

Friday, 18 March 2022

Resep Sempolet, makanan khas Melayu Riau.





Sahabat Maya pasti bertanya-tanya apa itu sempolet? Nah, sempolet ini adalah makanan khas Melayu Riau yang dibuat dari campuran tepung sagu dan aneka sayuran, biasanya kangkung, pakis, tauge dan melinjo. Makanan ini disajikan saat hangat, rasanya dijamin menggunggah selera para sahabat Maya. Resepnya juga gampang kok.

Tuesday, 15 March 2022

Bedah Resensi

 

 


Hai…hai…apa kabar Sahabat Maya semuanya? So pasti baik-baik saja kan? Bagi yang ingin tahu apa itu resensi, struktur, unsur, jenis dan contoh, silahkan simak penjelasan saya ya sahabat. Yuk…mariii…

Friday, 4 March 2022

Menulis Itu Self Healing Theraphy



Hai…hai Sahabat Maya semuanya, gimana nih kabarnya? Pasti baik dong. Saya doakan semoga kalian sehat-sehat aja ya, tetap jaga kesehatan ya sahabat, karena dalam kondisi saat ini kita harus tetap semangat dalam melakukan aktivitas, bagi yang sedang sakit, saya doakan semoga cepat sembuh ya sahabat.

Oke, kali ini aku mau kasih info buat kalian semua bahwa menulis itu ternyata mampu membuat kesehatan kita jadi lebih baik dan jarang sakit guys, klo bahasa kerennya nih Menulis itu self healing theraphy. Masak sih? Yuk intip infonya.

Friday, 21 January 2022

Jurus Jitu Menulis Cerpen



Banyak yang mengatakan menulis cerpen itu susah, masa iya sih…nah, berikut ini saya berikan tips dan trik menulis cerpen dan membuat judul yang menarik perhatian pembaca.

Sunday, 16 January 2022

Asyiknya Belajar Hikayat Melalui Pentigraf Dan Parodi




Halo Sahabat Maya semuanya? Apa kabar? Semoga baik-baik semuanya ya. Nah kali ini saya memberikan informasi untuk para guru Bahasa Indonesia atau kalian-kalian yang ingin tahu bahwa belajar hikayat itu asyik loh. Nah untuk guru mungkin tulisan ini dapat membantu teman-teman guru ketika mengajar di kelas. 

Biasanya, materi hikayat diubah kedalam bentuk cerpen, tetapi saya mencoba untuk membuatnya jauh lebih menarik yaitu dalam bentuk Pentigraf. Siswa akan jauh lebih tertarik ketika kita meminta tugas mereka dalam bentuk pentigraf, dan hasilnya nanti dapat dijadikan buku Antologi pentigraf lho Bapak/Ibu. Ini merupakan salah satu hasil proyek siswa kita dalam menjalankan kurikulum prototipe.

Disini saya juga mengulas bagaimana mengawali pembelajaran sebelum menyampaikan materi, apa itu? dan bagaimana caranya? cekidotttt...

Thursday, 6 January 2022

Menilai Karya Sastra Melalui Kritik dan Esai





Apakabar Sahabat Maya semuanya? Semoga semuanya sehat selalu dan tetap semangat ya. Pertemuan kita kali ini membahas mengenai materi pelajaran bahasa Indonesia kelas 12 semester genap yaitu tentang menilai karya satra melaui kritik dan esai. Tetap satay tone ya…

Sebelum kita bahas lebih kanjut bagaimana cara menilai karya sastra itu, terlebih dahulu kita pahami pengertian dari masing-masing kata itu sendiri.

Monday, 3 January 2022

Fungsi Pers Sebagai Media Hiburan


 

Hai…hai Sahabat Maya… Aku hadir kembali nih sebagai informan serius, he he he… kali ini aku ,au kasih berita agak gimana gitu ya, karena pembahasan kita kai ini tentang fungsi pers sebagai media hiburan. Untuk kali ini informasi yang aku share berhubungan dengan materi pelajaran di sekolah sahabat because eh because aku ini seorang guru hiks hiks. Jadi selain hobi nulis profesi ku guru ya guys, guru Bahasa Indonesia dan PKN. Oke deh kita gak usah panjang lebar, langsung aja ya cussss….BACA DAN JANGAN LUPA TINGGALKAN KOMEN BERHARGA!!!! BERHARGA!!!!

Back to Top