..

BRILink Masuk Desa Permudah Layanan Masyarakat

Posting Komentar
Transformasi digital dalam keuangan terlihat dari perubahan pola masyarakat dalam bertransaksi dan menikmati layanan perbankan. Namun begitu belum semua orang melek literasi digital. Oleh sebab itulah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI senantiasa menyediakan cara agar seluruh nasabah bisa mendapatkan akses layanan perbankan sesuai harapan.

BRILink

Strategi digitalisasi BRI saat ini menerapkan konsep hybrid bank untuk memastikan masyarakat yang belum terlalu familiar terhadap digitalisasi bisa tetap terlayani. Sekarang, tak harus menunggu jam kerja, tak harus berlama-lama menunda pembayaran, karena Agen BRILink siap sedia melayani kebutuhan masyarakat sekalipun dalam periode hari libur.

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh BRI, masyarakat microfinance di Indonesia sudah paham dengan alat-alat digital, tetapi masih kurang paham dengan produk keuangan digital. Didasari hal tersebut, BRI menyediakan layanan dikombinasikan dari digital dan manual yang disebut hybrid. Adapun penerapannya adalah dengan kehadiran Agen BRILink.

Kehadiran Agen BRILink bisa menjawab kebutuhan masyarakat termasuk memperlancar kegiatan roda perekonomian. Dilansir dari ekonomi.republika.co.id, saat ini, BRI telah memiliki 666.000 Agen BRILink yang tersebar di lebih dari 59.000 desa. Jumlah tersebut tercatat telah meng-cover 80% dari total desa di Indonesia.

Agen BRILink M. Amin di Desa Lalang, Permudah Layanan Masyarakat

BRILink

M.Amin adalah salah satu warga desa Lalang yang sejak beberapa tahun lalu membantu warga masyarakat dalam segala hal terkait pembayaran secara online. M.Amin siap membantu kapan saja melalui BRILink ini.

Hampir seluruh warga desa Lalang memanfaatkan jasa beliau melalui Agen BRILink, mulai dari membayar listrik, transfer ke bank lain, mengambil uang saat darurat, bahkan untuk tabungan anak. Beliau mengatakan bahwa selain membantu masayarakat dalam layanan secara online juga membantu dirinya dalam mengajarkan literasi keuangan pada anak sejak dini.

Beliau sering memberikan edukasi literasi keuangan saat warga berbelanja maupun bertransaksi melalui BRILink. Beberapa hal dibawah ini adalah contoh kegiatan yang biasa beliau lakukan untuk mengajarkan literasi keuangan pada anak.

1. Beri anak uang jajan

Berikan anak uang jajan sesuai dengan kebutuhannya. Dengan begitu, anak akan belajar untuk mengelola uangnya sendiri.

2. Bicaralah tentang uang

Bicaralah tentang uang dengan anak secara terbuka. Jelaskan kepada anak tentang asal usul uang, cara mendapatkan uang, dan cara menggunakan uang.

3. Ajak anak berbelanja

Ajak anak berbelanja bersama Anda. Biarkan anak terlibat dalam proses berbelanja, mulai dari memilih barang hingga membayarnya.

4. Ajak anak menabung

Sediakan celengan atau rekening tabungan untuk anak. Ajak anak untuk menabung secara rutin setiap hari atau minggu.

Selain itu, beliau juga bekerja sama dengan ketua bumdes untuk membayarkan jasa pernak-pernik maupun pengelolaan terkait makanan yang terbuat dari sagu serta pembayaran gaji karyawan dalam pemanfaatan desa wisata Telaga Air Merah terkait dengan UMKM.

Karena saat ini ada beberapa program flagship yang dijalankan BRI di antaranya adalah Growpreneur (program aktivasi pemberdayaan dan pendampingan bagi UKM), BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR, pendampingan dan pemberdayaan melalui Rumah BUMN, hingga Pengusaha Muda BRILian.

Komitmen BRI yang senantiasa hadir mendampingi pelaku UMKM, termasuk di segmen UKM (Usaha Kecil Menengah), agar dapat meningkatkan kapabilitasnya, bertumbuh dan naik kelas ini kiranya membuat BRI layak menyandang predikat Pahlawan UMKM.

Dalam melayani pelaku bisnis kecil dan menengah, BRI untuk Indonesia turut pula berkomitmen menghadirkan layanan jasa perbankan yang cepat (fast), mudah (simple) dan aman (secure). Pahlawan UMKM ini berhasil membawa banyak UMKM bertumbuh dan naik kelas.

Pada 16 Desember 2023 mendatang, BRI akan merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) perseroan. 128 Tahun BRI Tumbuh Hebat dan Kuat. Selamat ulang tahun. Semoga semakin berjaya dalam memberikan pelayanan dengan setulus hati.

Digitalisasi BRI, BRILink solusinya.

BRILink


Syarat jadi agen BRILink

Mengutip brilink.bri.co.id, cara menjadi agen BRILink bisa diajukan oleh nasabah perorangan atau badan usaha. Syarat jadi agen BRI Link terbagi menjadi dua, yakni syarat umum dan syarat dokumen.

Syarat Umum

Memiliki lokasi usaha / tempat tinggal tetap.
Memiliki sumber penghasilan dari kegiatan usaha dan atau memiliki kegiatan tetap (pegawai tetap) minimal 2 tahun.
Untuk calon agen dari kegiatan usaha harus memiliki dokumen legalitas usaha (sekurang-kurangnya dari perangkat desa).
Untuk calon agen BRILink dari pegawai harus melampirkan Copy SK pengangkatan pegawai tetap.
Khusus pensiunan BRI, harus melampirkan dokumen surat PHK normal berakhirnya masa bakti / Pensiun yang mendapatkan manfaat bulanan dan dilengkapi dengan bukti penerimaan manfaat pensiun bulanan.
Tidak menjadi agen bank lain penyelenggara Laku Pandai.
Memiliki rekening simpanan menggunakan kartu di Bank BRI, menyetor uang jaminan sebesar Rp3 juta dan saldo tersebut diblokir selama menjadi agen BRILink.
Memiliki rekening pinjaman di Bank BRI (tanpa harus menyetor uang jaminan) dengan kolektibilitas lancar selama 6 bulan terakhir.


Syarat Dokumen

Surat keterangan usaha minimal dari RT/RW
SIUP, SITU, TDP (untuk agen berbadan usaha)
Akta Pendirian (untuk agen berbadan usaha)
Izin Usaha lainnya
KTP Pemilik/pengurus
NPWP pemilik (untuk badan usaha)
Buku Tabungan/Rekening Koran
Formulir pengajuan Agen BRI Link
Perjanjian kerja sama BRI Link


Cara jadi agen BRILink

Syarat dan cara menjadi agen BRILink cukup mudah. Berikut panduan dan prosedur yang bisa Anda lakukan untuk menjadi agen BRILink:

Siapkan dokumen identitas. Untuk nasabah perorangan ataupun badan usaha dapat menyiapkan dokumen berupa KTP dan NPWP.
Khusus bagi nasabah badan usaha perlu menyerahkan dokumen legalitas usaha seperti surat keterangan usaha dari RT/RW atau surat izin usaha perdagangan (SIUP), surat izin tempat usaha (SITU), tanda daftar perusahaan (TDp), akta pendirian, atau surat izin usaha lain yang sah.
Menyiapkan rekening tabungan BRI atau rekening koran dan salinannya. Apabila belum menjadi nasabah BRI, Anda wajib membuka rekening BRI terlebih dahulu.
Datang ke unit cabang BRI terdekat kemudian mengisi formulir pengajuan Agen BRILink dan perjanjian kerja sama Agen BRILink. Kemudian dilanjutkan mengajukan kelengkapan dokumen.
Setelah pengajuan di setujui, nantinya ada petugas Agen BRILink (PAB) yang membantu proses administrasi dan melakukan instalasi aplikasi BRILink mobile dan mengirimkan mesin EDC.
Proses selesai dan Anda sudah menjadi bisa agen BRILink dan siap melayani nasabah BRI.



Referensi

https://www.fortuneidn.com/finance/desy/cara-jadi-agen-brilink-syarat-risiko-dan-keuntungannya?page=all

https://bri.co.id/briwritefest

https://m.jpnn.com/news/ragam-pemberdayaan-dan-pendampingan-bri-untuk-kemajuan-umkm

https://ekonomi.republika.co.id/berita/s15rze463/digitalisasi-jadi-kunci-bri-layani-semua-lapisan-masyarakat






Maya Fasindah
Blog seorang guru dan alhamdulillah seorang penulis yang masih terus belajar dan belajar.

Related Posts

Posting Komentar