..

Seberapa Pentingkah TLD (Top Level Domain) di mata Blogger?

Apa kabar sahabat maya semuanya? Perasaan apa yang mengawali kalian hari ini? Kalau aku sih masih tetap semangat ya, apalagi di dunia perbloggeran, heheheheheh… oh ya aku mau kasih info nih teman-teman blogger, apa kalian sudah menemukan jodoh?

Ya pasangan, bener banget. Tetapi disini aku bukan mau buka biro jodoh atau cari pasangan hidup ya. Maksudku bagi teman-teman blogger yang masih pakai blogspot, yuk cari pasangan yang tepat buat blog kalian, namanya TLD atau Top Level Domain. Seberapa pentingkah TLD itu buat blog kita? Intip yuks …

tld

Tetapi eits tunggu dulu, sebelum kalian bertanya-tanya apa itu TLD dan untuk apa, ada baiknya kita kenalan dulu ya meskipun sebahagian udah paham banget dengan TLD ini.

Apa itu TLD?

TLD adalah sebuah akhir dari domain yang menunjukkan identitas, sebuah ekstensi dari suatu domain yang fungsinya seperti nama kontak pada ponsel pintar kita. Dengan mengetik nama domain, kita bisa langsung masuk ke website atau situs yang diinginkan, yaitu dengan adanya alamat website atau TLD, kita tak perlu mengingat IP Address dari situs tersebut. Pentingnya TLD dalam website membuat kita perlu memilih yang tepat karena memiliki fungsi tersendiri.

Bagi kalian yang udah nemukan pasangan di dunia blogger, tentunya sudah paham dengan Top Level Domain ini, seperti .co.id, .com, .net, dll. Sesederhana itu ya sahabat, meskipun sederhana nyatanya penggunaan TLD juga memiliki peran penting bagi identitas website, lho.

Perannya apa aja sih?

TLD memiliki peran penting bagi blog kita, diantaranya isi dari situs da nasal situsnya. Isi dari situs sendiri memiliki akhir .ac.id atau .edu yang umumnya dipakai untuk institusi dan lembaga, dengan domain tertentu, sahabat bisa mengetahui apa isi atau jenis dari situs tersebut. Sedangkan asal situs menunjukkan identitas atau asal dari negara situs tersebut, contohnya .id yang menunjukkan situs berbahasa Indonesia, begitu pula dengan.jp yang akan berbahasa Jepang.

Jadi, sahabat bisa menggunakan nama domain yang ada namun eksistensinya berbeda. Eksistensi domain itu berbeda dan isinya pun tak boleh sama, seperti astra.com dan astra.co.id. Sekedar saran nih ya, lebih baik sahabat menggunakan nama domain yang belum ada agar lebih otentik dan terlihat unik.

Jangan lupa pilih nama domain yang mudah diingat seperrti.com agar pengunjung gampang mencarinya dimesin pencari serta sesuai dengan fungsinya. Nah, kalau sudah begini sudah tahu kana pa peran TLD bagi blog kita? Pilihlah sesuai dengan pilihan yang tepat ya sahabat.

tld

Manfaat dan Kegunaan TLD itu apa?

1. Gampang diingat

Penggunaan TLD pada website akan berpengaruh pada traffic, tentu saja karena website yang dipilih itu gampang diingat sehingga tidak sulit dicari dalam mesin pencari.

2. Lebih dipercaya.

Setiap informasi yang sahabat sampaikan akan lebih dipercaya oleh pengunjung karena sudah memiliki TLD yang tepat.

3. Terlihat professional

Berbagai niche yang tampil pada blogger akan memperkuat kita dengan akhir domain yang tepat, terlebih pada website bisnis, tentu saja para pengunjung akan melihat bahwa website yang sahabat pilih terlihat professional dan tidak sembarangan.

4. Blog akan semakin keren dan cantik.

Jika sudah memilih TLD yang sesuai dengan pilihan kita, tingkat kecantikan blog akan semakin bertambah, otomatis semakin percaya diri dengan blog yang kita punya. Ibarat wajah yang diberikan sedikit polesan sehingga terlihat menarik.

5. Dianggap sebagai Blogger yang serius

Dengan menggunakan domain .com / .net menandakan bahwa sahabat adalah seorang blogger yang serius. Karena mau gak mau harus mengembangkan blog agar bisa menghasilkan pundi-pundi dolar dari blog yang sahabat kelola. Minimal bisa membayar domain atau hosting blog sahabat setiap tahunnya.

6. Semakin banyak tawaran sponsored post atau job review

Dengan menggunakan domain Top Level Domain, menjadikan blog sahabat tidak dipandang sebelah mata. Terbukti dengan menggunakan domain TLD aku pun berkesempatan mendapatkan beberapa sponsored post dan Job review. Dan dengan menggunakan domain TLD membuat pembayaran atas sponsored post dan Job review berbeda dengan blog yang belum menggunakan domain .com atau .net. Ini benar ku alami lho.

7. Branding Blog


Langkah awal membangun personal branding dengan blog adalah membangun blog yang bagus dengan Domain Top Level Domain. contohnya ya blog pribadi ku ini. Blognya pake nama sendiri, menggunakan Top Level Domain, terlihat keren dan professional, hehehehehe.

Kegiatan Blogging telah menjadi hobiku yang serius. Gak tau kenapa bisa terjebak dalam dunia Ngeblog. Terjebak yang membawa kenikmatan ups.

Blogging menjadi gaya hidup dan keasyikan sendiri buatku sehingga jika tidak punya blog saat ini rasanya tidak keren. Meskipun aktif di beberapa sosial media, namun punya blog dan aktif sebagai blogger memberikan rasa kepuasan tersendiri. Ada banyak hal yang bermanfaat yang kudapatkan dan kemudian aku pun ikut membagikan hal yang bermanfaat tersebut melalui blog.

Dan menurutku, mempunyai blog aktif menjadi nilai tambah bagi seseorang dalam dunia kerja, apalagi saat ini aku sebagai seorang guru, tentu saja banyak memanfaatkan blog untuk pembelajaran dan telah ku tularkan ke anak didik tuh, keren kan? Hehehehehe..

Atau ketika melamar kerja sebuah perusahaan yang melek digital, blog sahabat bisa menjadi portofolio dan nilai tambah bagi HRD untuk diterima kerja dan membuat sahabat berbeda dari pelamar lainnya. Karena itu pula tidak ada salahnya jika blog kita saat ini bertransformasi menggunakan Top Level Domain seperti .Net dan .Com.

Jadi tunggu apa lagi, buruuuannn….

tld



Nah, sekarang udah tahu kan seberapa pentingkah TLD (Top Level Domain) di mata Blogger? Semoga bermanfaat ya.









Maya Fasindah
Blog seorang guru dan alhamdulillah seorang penulis yang masih terus belajar dan belajar.

Related Posts

Posting Komentar