..

Personal Branding Menjadikan Diri Kita Semakin Memesona

Pernahkah terlintas dalam pikiran sahabat tentang diri sendiri? misalnya nih, sebenarnya aku mau jadi apa sih? Apa yang kucari? Trus selanjutnya aku mau apa? Masak iya hidupku begini-begini terus? Itu tandanya kita sudah mulai menemukan citra atau jati diri kita seperti apa, kalau bahasa kerennya sih personal branding. Jadi aku tuh mau kasih info untuk sahabat semuanya bahwa personal baranding dapat menjadikan diri kita semakin memesona.

personal branding
Bicara memesona tentunya tak lepas dari pusat perhatian, menarik, mengagumkan, memukau, dll. Sahabat masih ingat gak lirik lagu terpesona? Terpesona …aku terpesona … memandang …memandang wajahmu yang manis.

Nah, ini dia nih maksudku sahabat, jadi jika seseorang atau para pembaca sudah terpeseona nih, terlebih karena kita sudah terjun menjadi seorang blogger, nah bagaimana caranya agar blog kita itu menjadi pusat perhatian, menarik, memukau para pembaca atau influencer-influencer sehingga mereka tertarik untuk bekerja sama dengan kita.

Untuk mencapai tujuan yang kita inginkan, tentulah tidak semudah isapan jempol ya sahabat, banyak yang harus kita persiapkan. Aku sendiri saat ini juga sedang membangun personal branding agar terlihat memesona, gimana caranya sih? Yuk ikuti!


1. Pentingnya personal branding

Melakukan personal branding memang sangat penting dalam segala bidang. Namun, kalau sahabat mau lebih jago lagi dalam melakukan personal branding, penting untuk sahabat mengenal lebih jauh kelemahan dan kelebihan diri sendiri sehingga kita bisa menemukan keunikan diri kita sendiri.

Pokoknya, apa pun yang melekat pada diri kita sahabat, dilakukan secara konsisten, serta disadari orang lain, maka itu bisa membangun personal branding kita tanpa disadari. Namun sebenarnya personal branding pun bisa dibangun dengan sengaja. Artinya, sahabat bisa mendesain bagaimana perspektif seseorang seharusnya terhadap diri kita. Citra diri yang positif, profesional, dan baik sangat diperlukan untuk menunjukkan kredibilitas.

Cara terakhir agar sahabat bisa membangun personal branding dengan cepat adalah dengan mempunyai network dan relasi yang luas. Dengan mempunyai banyak relasi tentunya kamu akan banyak menemukan hal baru dari mereka dan mendapatkan feedback tentang bagaimana mereka melihatmu. Jika kamu memberikan kesan yang baik dan profesional dengan relasi, mereka dapat menjadi orang-orang yang membantumu memperluas dan memperkuat personal branding yang sedang kamu bangun.

2. Bagaimana cara kita mewujudkannya

Untuk bisa mendapatkan perhatian yang luas, banyak orang yang mulai membangun citra diri dengan menjadi seorang generalist. Mereka mencoba untuk menjadi “everything to everyone,” ikut berkomentar terhadap sesuatu yang sedang menjadi tren padahal hal itu bukan termasuk keahliannya. Hal ini justru bisa menjadi bumerang yang berbahaya untuk citra diri yang sedang dibangun.

Cobalah untuk memiliki fokus yang kuat dan konsisten saat mulai membangun personal branding. Tetapkan fokus untuk target audiens yang diinginkan. Hal ini akan lebih mudah saat menciptakan konten-konten seputar citra diri dan memudahkan orang lain untuk mendefinisikan diri sahabat.

Perlu diingat, banyak orang yang kesulitan untuk menentukan fokus karena mereka tidak ingin membatasi diri sendiri. Namun, perlu disadari citra diri ini secara natural akan berubah seiring pertumbuhan karier sahabat. Strategi terbaik adalah memilih fokus tertentu dan membiarkannya berkembang secara organik seiring berjalannya waktu.

Jika ada cara yang mudah untuk membangun citra diri yang baik adalah dengan menjadi diri sendiri dan otentik. Ingat, personal branding harus dibangun dengan cara yang seunik mungkin sehingga sahabat akan lebih mudah diingat akan sebuah persepsi yang menjadi tujuan. Tak ada untungnya menjadi seorang copycat dalam hal ini karena hanya akan menimbulkan mispersepsi di kemudian hari.

Selain itu, cobalah untuk membangun hubungan yang organik dengan audiens. Sampaikan dengan kata-kata yang sehari-hari sahabat pakai, tak perlu terlalu formal. Ingat sahabat sedang membangun personal branding bukan corporate branding yang cenderung lebih kaku.

3. Ingin dikenal sebagai blogger apa

Jika sahabat sudah terjun dalam dunia blog, maka tugas selanjutnya adalah sahabat ingin dikenal sebagai blog apa sehingga nantinya memperkuat citra diri sahabat sebagai personal branding yang memesona.

Melakukan personal branding artinya sahabat ingin dikenal banyak orang sebagai pribadi yang memiliki keunikan dan ciri khas sahabat sendiri. Ini artinya harus bisa membangun kepercayaan atau loyalitas dengan audiens yang relevan Caranya adalah dengan bersikap konsisten dalam menunjukkan citra diri. Jika sahabat ingin dikenal sebagai seorang expert, selalu bersikap profesional dan cantumkan sumber/citation dalam konten yang sahabat buat, untuk contohnya. Dengan menjaga konsistensi, sahabat akan lebih mudah dikenal sebagai sosok pribadi yang menarik sesuai dengan tujuan personal branding yang telah ditetapkan.

Menariknya diri sahabat bukan hanya membuat seseorang mudah untuk mengingat, tetapi juga mempertimbangkan sahabat untuk dipromosikan.Tidak dapat dimungkiri bahwa personal branding salah satu faktor terkuat seseorang naik jabatan atau mendapatkan promosi lainnya. Ini disebabkan daya tarik yang diciptakannya untuk mempengaruhi orang-orang sekitar.

Kita tidak pernah tahu di masa depan akan memiliki kebutuhan seperti apa. Personal branding membantu sahabat supaya mudah diingat oleh orang lain dan ini adalah hal yang menguntungkan. Misalnya, katakanlah suatu hari sahabatperlu seseorang untuk menjadi partner di sebuah project. Ketika sahabat berusaha menghubungi orang penting di industri, mereka ternyata sudah mengenali sahabat lebih dulu.

Bayangkan, betapa lebih mudahnya proses yang perlu sahabat jalani karena orang-orang banyak yang mengenali sahabat dari personal branding yang berhasil sahabat bangun dengan sangat positif.



Gimana sahabat? Sudah siapkah membangun personal Branding? Sudah siapkah menjadikan diri sahabat semakin memesona, yuk kuatkan personal branding kita, pasti bisa kok, semangat!!


 









Maya Fasindah
Blog seorang guru dan alhamdulillah seorang penulis yang masih terus belajar dan belajar.

Related Posts

Posting Komentar