..

Resep Sempolet, makanan khas Melayu Riau.

9 komentar




Sahabat Maya pasti bertanya-tanya apa itu sempolet? Nah, sempolet ini adalah makanan khas Melayu Riau yang dibuat dari campuran tepung sagu dan aneka sayuran, biasanya kangkung, pakis, tauge dan melinjo. Makanan ini disajikan saat hangat, rasanya dijamin menggunggah selera para sahabat Maya. Resepnya juga gampang kok.

Sempolet ini juga dipercaya membantu memulihkan stamina tubuh saat kita dilanda demam, atau biasa dicari para bumil di daerah ini sahabat.

Sempolet biasanya dicampur dengan siput atau sejenisnya, ditambah dengan rasa pedas dan kuah kentalnya membuat lidah kita ingin lagi dan lagi. Buat sahabat Maya yang sedang berada di Riau, kiranya makanan yang satu ini dapat menambah list makanan favorit para sahabat Maya.

Sahabat juga bisa membuatnya dirumah kok, gak harus ke Riau juga kalau emang ingin mencoba masakannya. Berikut resep yang saya sajikan buat sahabat Maya ya, dijamin mantul deh pokoknya.

Resep Sempolet:

· 50 gram pakis

· 50 gram daun melinjo

· 150 gram kangkung

· Tauge secukupnya

· 5 siung bawang merah

· 3 siung bawang putih

· 6 buah cabai merah

· 2 sendok makan udang kering

· Siput secukupnya, sesuai selera

· 1 setengah sdt garam

· 1 liter air

· 5 sendok makan tepung sagu

· 6 sendok makan air(untuk melarutkan sagu)

Cara membuatnya:

1. Pertama, petik-petik kangkung dan pakis kemudian bersihkan, bersihkan juga daun melinjo dan tauge.

2. Cuci bersih siput hingga tidak ada tanah atau pasir yang melekat.

3. Haluskan juga bawang merah, putih, cabai merah dan udang kering.

4. Panaskan 1 liter air dengan panci, lalu masukan bumbu kedalamnya. Panaskaskan hingga mendidih, jangn lupa tambahkan garam secukupnya.

5. Masukan siput diamkan 1 menit.

6. Masukan pakis , tauge dan daun melinjo, masak hingga matang, kemudian masukan kangkung. Jaga agar sayur tidak terlalu matang.

7. Larutkan sagu dengan 6 sendok makan air, masukan kedalam rebusan sayuran.

8. Masak sejenak, sajikan selagi hangat.


Nah, sempolet pun siap disantap. Mudah kan sahabat Maya. Silahkan mencoba dan selamat menikmati.


Maya Fasindah
Blog seorang guru dan alhamdulillah seorang penulis yang masih terus belajar dan belajar.

Related Posts

9 komentar

  1. Aku baru ini menemukan informasi mengenai makanan khas melayu riau, sempolet. Pertama karena emang nggak pernah bepergian ke Riau. Selanjutnya, sempolet ini nggak dijual di daerah lain ya, Kak. Nggak kayak nasi Padang yang dimana-mana ada. Atau pempek yang meski nggak banyak tapi di kota lain selain Palembang juga kadang suka nemu.

    BalasHapus
  2. unik ya namanya, sy pikir mirip dengan sempol di jawa timur yang menggunakan ayam sebagai bahannya, ternyata yang ini dari sagu

    BalasHapus
  3. Hhmm...ko langsung kebayang gurihnya rasa sempolet. Koyone enak tenan, klo g pake siput jg ga papa kan mba. Thankyou for sharing mba

    BalasHapus
  4. mbak, gantinya siput apa ya? atau bisa di skip aja? beli siputnya dimana?

    BalasHapus
  5. Aku baca ini sambil membayangkan papeda. Dingin-dingin seger😋

    BalasHapus
  6. Saat membaca eprtama kali saya mengira ini sempol,eh ternyata sempolet beda sama sempol. Pasti seger makan edes-pedes.

    BalasHapus
  7. Kayaknya enak nih kak. Jenis siputnya yang digunakan apa ya kak? Kalo di sini ada jenis Tutut, siput sawah. Kebayang enak sih kalo pake kangkung. Nah pakis nih yang agak aneh buatku, belum pernah nyobain makan daun paling apalagi masaknya, hehe

    BalasHapus
  8. Boleh d coba nih, jadi penasaran dengan aneka makanan tradisional, bandingin rasa paling seru hehe

    BalasHapus
  9. wah boleh nih di coba buat ide masakan di bulan puasa.. bahan-bahannya juga gampang dicari, izin save ya mom.. thank you

    BalasHapus

Posting Komentar