..

Fungsi Pers Sebagai Media Hiburan

39 komentar

 

Hai…hai Sahabat Maya… Aku hadir kembali nih sebagai informan serius, he he he… kali ini aku ,au kasih berita agak gimana gitu ya, karena pembahasan kita kai ini tentang fungsi pers sebagai media hiburan. Untuk kali ini informasi yang aku share berhubungan dengan materi pelajaran di sekolah sahabat because eh because aku ini seorang guru hiks hiks. Jadi selain hobi nulis profesi ku guru ya guys, guru Bahasa Indonesia dan PKN. Oke deh kita gak usah panjang lebar, langsung aja ya cussss….BACA DAN JANGAN LUPA TINGGALKAN KOMEN BERHARGA!!!! BERHARGA!!!!

Media massa atau Pers adalah istilah yang mulai digunakan pada tahun 1920-an untuk mengistilahkan jenis media yang secara khusus didesain untuk mencapai masyarakat yang sangat luas. Dalam pembicaraan sehari-hari, istilah ini sering disingkat menjadi media.

Peran media massa atau pers sangat penting bagi kemajuah Budaya, Politik, ekonomi, keamanan dan lain-lain.  UU No. 40 Tahun 1999 pasal 3 ayat 1 berbunyi “Pers nasional mempunyaifungsi sebagaimedia informasi, pendidikan, hiburan, dan kontrol sosial.”

Pers hendaknya dapat menyuguhkan berita yang menyegarkan, humor atau jenaka yang mengandung daya imajinasi yang positif, karena ini merupakan kebutuhan dasar manusia (basic human needs.

Fungsi ini cukup penting karena manusia membutuhkan hiburan di sela-sela kesibukannya. Fungsi ini dirancang untuk memberikan kesenangan atau  perasaan releks kepada pembaca. Hiburan yang di muat dalam pers dapat berupa pemuatan animasi, kartun, berita, cinema, komedi, komik, permainan dansebagainya. Hal-hal yang bersifat hiburan sering ditampilkan di media massa untuk mengimbangi berita-berita yang serius.

Pers sebagai media hiburan dimaksudkan agar dapat memberikan kesenangan pada para pembaca yaitu kalian guys, pembaca setia Sahabat Maya. Namun hiburan-hiburan yang disuguhkan pers semestinya tidak keluar dari koridor-koridor yang boleh dan tidak boleh dilampaui. Hati-hati guys, salah kasih info bisa masuk hotel. Hotel apa? HOTEL PRODEO  alias PENJARA, atutttt….

Hiburan yang sifatnya mendidik jelas di perbolehkan tetapi yang melanggar nilai-nilai agama, moralitas, hak asasi seseorang atau peraturan tentu saja TIDAK BOLEH alias DILARANG KERAS. Hiburan yang diberikan pers kepada pembaca yang dapat mendatangkan dampak negatif, terutama apabila hiburan itu mengandung unsur-unsur terlarang seperti pornografi sebaiknya jangan guys, termasuk cinta terlarang. BUAHAYAAAAA….hiks hiks.

Nah, ini nih yang patut dijadikan contoh guys. Ini contoh pers sebagai media hiburan. Aku ambil contoh di daerah tempat tinggal ku ya guys, namanya TELAGA AIR MERAH. Jadi telaga air merah ini dulunya adalah tempat penyaringan air yang warnanya seperti air teh, di saring menjadi putih bening dan siap di pakai buat minum guys, tapi itu dulu. Sekarang karena Sesuatu dan sebab lainnya. Jadi telaga ini tidak dipergunakan lagi. Btw, karena masyarakat kami cerdas, das das, masyarakat menjadikannya sebagai tempat wisata. Wow…Amazing!

 

Mau tau? Tau-tau mau, tau-tau suka atau tau-tau mampir? Ha itu, buruaannn…cekidot

Banyak orang mampir kemari guys, termasuk Turis (Tularin Bisnis) ups.

Jadi banyak orang-orang gede datang untuk ngobrol bisnis mereka disini sahabat. Karena selain disediakan tempat nongkrong, ada juga jajanan ala kepulauan meranti, yaitu pizza melayu alias lempeng sagu. Lempeng sagu ini banyak digemari masyarakat karena selain bahannya mudah di dapat rasanya juga lezatos, tapi nti ya, kali ini kita bahas Telaga Air Merah dulu. 


Telaga Air Merah letaknya di daerah Lalang Tanjung, Kab, Kep Meranti.  Tempatnya memang cukup jauh dari Kota hampir memakan waktu sekitar 45 menit. Namun, itu tak menjadi halangan bagi mereka yang benar-benar butuh hiburan. Otak kita perlu refreshing kan? Jangan cari duit mulu. He he he he.

Banyak wahana yang ditawarkan, yaitu: sampan, bebek dayung, bola air, sepeda air, dan makanan-makanan yang menggunggah selera karena bahan-bahannya dari Sagu. Penghasil sagu yang berhasil di eksport dari sini guys, nama kotanya Selat Panjang. Yakin deh gak akan menyesal. Harga tiket yang ditawarkan murah meriah sahabat. Tiket masuk hanya Rp 5.000/orang. Harga wahana permainan cukup Rp 15.000/orang.

Tempat ini cocok banget buat JOJOBA ( Jomlo-jomlo bahagia) hahaha, trus yang lagi pedekate, lagi merajuk, marahan, dijamin setelah itu adem…percaya deh, apalagi nyebur. Bur bur bur. Yang mau bawa keluarganya juga oke kok, mereka pasti bersyukur deh. Dimana lagi dan kapan lagi kan selain Telaga Air Merah.

             Bukan hanya itu Sahabat, tempat ini juga dijadikan kunjungan wisata lho. Ada Jaka Dara juga apalagi Joko Tingkir…kagak ada. Mereka kunjungan kerja Dinas Pariwisata Prov. Riau, Kab.Kep.Meranti. Tuh, keren kan. Masih gak percaya? Datangin aja.

Masih ragu dengan keseruannya? Nih, nih aku kasih tau lagi info yang paling dahsyat ya. Di Telaga Air Merah itu ada Camping Night. Kalian bisa merasakan gimana pemandangan dan suasana malam disini, menikmati suara aliran airnya, suara burung-burung, pepohonan rindang dan muasih banyak keseruan lainnya. Kalian bisa juga berkebun loh. Nah, syik asyik kan.

Udah ah, udah capek nih. Mending datang aja deh, buktikan sendiri. Jangan takut rugi dijamin untung tung tung.

 

Itulah penjelasan dari aku mengenai Fungsi Pers sebagai media hiburan, ini termasuk salah satu materi PKN kelas 12. Semoga bermanfaat dan sampai ketemu lagi di celoteh-celoteh pintar berikutnya. Terima kasih….

Maya Fasindah
Blog seorang guru dan alhamdulillah seorang penulis yang masih terus belajar dan belajar.
Lebih baru Terlama

Related Posts

39 komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. Sangat bermanfaat dan jelas

    MEISHI XII AK 2

    BalasHapus
  4. Sangat Bagus Dan Bermanfaat 😊
    HERYJOHN XII AK 2

    BalasHapus
  5. INFORMASI YANG SANGAT BERMANFAAT
    FRENDY
    XII AK 2

    BalasHapus
  6. Dewi anita
    Xii ak 2
    Sangat bermanfaat bagi pembaca tw tempat hiburan di selatpanjang

    BalasHapus
  7. Terima kasih sangat bermanfaat
    Ricky Fernando
    XII AK 2

    BalasHapus
  8. Info yang sangat bermanfaat dan menambah wawasan 👍
    Kelly
    XII AK 2

    BalasHapus
  9. Sangat bermanfaat sekali infonya
    Hutri XII AK 2

    BalasHapus
  10. Sangat bermanfaat untuk yg tidak mengetahuinya
    Charles xii ak 1

    BalasHapus
  11. Informasi ini Sangat bermanfaat
    PUTRI XII AK2

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  13. Sangat bermanfaat
    Ryan Xavier XII AK 2

    BalasHapus
  14. Sangat bermanfaat
    Angelyn XII AK 2

    BalasHapus
  15. Sangat bermanfaat infonya
    ERYKA XII AK 2

    BalasHapus
  16. sgttt bermanfaat ya bund
    JOLLIN XIIAK2

    BalasHapus
  17. sgt bermanfaat
    kartini XII Ak 2

    BalasHapus
  18. Sngt bermnfaat
    Diana XII AK 1

    BalasHapus
  19. Saya suka kalau berita pers tentang hiburan. Hati jadi senang membaca jalinan kalimat yang mudah dipahami dan informasi yang menarik.

    BalasHapus
  20. Terimakasih informasinya..
    Artikel tentang Telaga Air Merah nya detail banget, jadi pengen ke sana..
    Banyak wahananya dengan tiket masuk terjangkau..

    BalasHapus
  21. Selain tempatnya pas untuk JOJOBA, pasti pas juga untuk PAPABA, ya mba,...heheh. wah jadi mupeng nih plesiran ke Telahga Air Merah. penasaran juga sama lempeng sagu. Kalo di Sunda cireng mungkin, ya?

    BalasHapus
  22. Terima kasih informasinya tentang Telaga Air Merah. Lengkap, bikin kepingin ke sana. Bisa dijadikan tujuan jalan-jalan untuk next liburan, nih.. 😊

    BalasHapus
  23. Sangat bermanfaat JACKY XII AK3

    BalasHapus
  24. Hallo nama ku despin orang yang tidak populer di sekolah tapi tidak mengurukan niat ku buat belajar

    BalasHapus
  25. Dengan ticket masuk 5000 saja sudah bisa menikmati pemandangan yang sangat menghibur ya cik gu. bisa main sepuasnya juga. kalaua ajak anak cocok ini

    BalasHapus
  26. kreatif ya alih fungsinya, semula tempat air siap minum berubah menjadi tempat wisata, cukup terjangkau juga harga tiketnya
    semoga bisa kesana lain waktu

    BalasHapus
  27. ini mengingatkan saya dulu waktu masih kerja jadi wartawan kak, saat bertugas di desk hiburan kerjaku nonton film beru untuk diresensi dan ditulis di koran hari minggu. juga meliput tempat-tempat wisata yang baru untuk ditulis featurenya. memang seru kak...

    BalasHapus
  28. wah mantap nih, aku pernah ke daerah meranti Riau, tempat sepupuku, dan aku gak sempat hunting lokasi wisata disana. Dan sekarang pastinya banyak perubahan ya.

    BalasHapus
  29. Pers mampu mengubah satu hal kecil bisa sedemikian besar dan berdampak positif, ya, Mba. Semoga pers dapat terus mengedukasi dan menginspirasi.

    BalasHapus
  30. Kalau pelajaran PKN seperti ini , pastinya siswanya makin senang belajar, ga seperti belajar, tapi memang seperti baca berita. Kreatif dan inovatif nih, Kak

    BalasHapus
  31. Telaga air merah. Bagaimana cara menyaringnya ya dari air merah menjadi air yang jernih? Keren banget nih telaga....

    BalasHapus
  32. Ah ... Keren. Bisa liburan sambil belajar. Menarik sekali cara penyampaiannya mbak ..

    BalasHapus
  33. Harus masuk daftar list tahun ini nih mbak Telaga air merah. Keren sekali loh ini. Bisa buat wisata edukasi juga

    BalasHapus
  34. semoga pandemi segera berlalu dan bisa bawa anak-anak jalan sebelum mereka besar 😇

    BalasHapus

Posting Komentar