..

4 Penyebab Keramik Mudah Popping dan Cara Memperbaikinya



Meta Description: Ketahui penyebab keramik popping dan cara memperbaikinya. Tujuannya agar Anda dapat memilih material dan perekat keramik terbaik untuk kebutuhan hunian Anda.



Pixabay

Salah satu masalah yang sering dijumpai pada bangunan keramik adalah keramik popping atau menggelembung. Jika dibiarkan, tidak hanya mengganggu estetika hunian, tetapi juga dapat membahayakan diri, seperti kaki terkena pecahan keramik. Ini karena kondisi keramik yang menggelembung dapat pecah jika dibiarkan terlalu lama.

Maka dari itu, Anda perlu tahu berbagai penyebab keramik retak agar dapat mencegah terjadinya hal tersebut. Simak artikel ini dan temukan cara untuk memperbaiki keramik ketika retak atau pecah.
Penyebab Keramik Popping atau Menggelembung

Kondisi keramik hunian atau bangunan yang mengalami popping tentu akan mengganggu berbagai aspek, seperti estetika, keselamatan, dan fungsi. Maka dari itu, untuk mencegah terjadinya kerusakan keramik, simak penyebab-penyebabnya di bawah ini.
Perubahan Elemen di Bawah Keramik

Penyebab kemungkinan keramik bangunan Anda mengalami penggelembungan dan retak adalah perubahan elemen di bawah keramik. Contoh dan ciri-ciri keramik popping adalah ketika keramik rumah Anda terendam banjir. Tentu dapat membuat kondisi tanah di bawah keramik menjadi berubah dan mengalami pergeseran.

Hal ini yang menyebabkan kondisi keramik rumah Anda mengalami popping dan akhirnya retak atau pecah. Selain itu, jika kondisi tanah rumah Anda di atas dak beton, maka sangat memungkinkan jika dak beton mengalami pemuaian dan penyusutan yang akan memengaruhi kondisi keramik.
Beban Berlebih

Penyebab kedua keramik popping adalah kelebihan beban di atas keramik. Tiap keramik tentu memiliki kekuatan atau ketahanan yang berbeda-beda. Ada keramik yang memang tahan terhadap beban berat, tetapi ada pula yang tidak tahan.

Banyak kasus kondisi keramik rumah menggelembung dan akhirnya retak ketika kelebihan beban. Contohnya adalah ketika Anda menaruh sepeda motor di dalam rumah terus-menerus. Ada kemungkinan keramik popping dan mengalami keretakan.
Penyusutan Perekat Keramik

Penyusutan perekat keramik dapat menjadi penyebab paling berpengaruh ketika kondisi keramik menggelembung. Hal ini dikarenakan seiring berjalannya waktu, perekat keramik akan menyusut.

Perekat keramik terdiri dari komponen semen, pasir, dan air, sehingga penyusutan bisa disebabkan oleh menguapnya air di permukaan bawah keramik.

Hal ini dapat Anda cegah dengan memilih perekat keramik terbaik, salah satunya adalah produk dari Sika. Produk SikaCeram®-150 CA TileFix dapat menjadi perekat keramik yang dapat diandalkan karena memiliki daya rekat yang sangat baik. Aplikasinya juga mudah, hanya perlu menambahkan air.
Kualitas Keramik Rendah

Kualitas keramik yang buruk juga dapat menjadi penyebab keramik rumah Anda mengalami popping. Anda perlu mengetahui bahwa keramik memiliki sifat memuai dan menyusut serta berubah-ubah dikarenakan kelembaban dan suhu.

Hal ini yang menyebabkan keramik berkualitas rendah lebih rentan rusak atau popping dalam waktu lama. Terlebih jika Anda menggunakan perekat keramik yang asal, tentu semakin mudah keramik rumah Anda mengalami keretakan.



Pixabay
3 Cara Perbaiki Keramik yang Menggelembung

Berbagai penyebab masalah lantai keramik popping sudah Anda ketahui. Maka, pembahasan selanjutnya adalah cara memperbaiki keramik yang menggelembung dan retak, berikut langkahnya.
Memanggil Tukang Ahli Keramik

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memanggil tukang ahli keramik dan mengganti keramik yang menggelembung dengan keramik dan perekat keramik baru.

Untuk pemasangan, Anda perlu memastikan tukang ahli keramik ini memberikan jarak pada bagian tengah dan bagian tepi yang berbatasan dengan tembok.

Jarak pemasangan keramik antara lantai dan dinding sekitar 2 mm. Tujuannya sebagai ruang bagi pemuaian dan penyusutan.
Mempersiapkan Alat dan Kebutuhan Penggantian

Walaupun menggunakan jasa tukang keramik yang ahli, ada baiknya jika Anda mempersiapkan alat dan kebutuhan penggantian sendiri. Tujuannya, apabila terjadi kembali popping pada keramik, Anda dapat memperbaikinya sendiri sebelum memanggil tukang ahli.

Berbagai alat ini misalnya semen perekat keramik, palu, thinner, pisau dempul, dan sebagainya. Semakin banyak alat-alat pertukangan yang dimiliki, maka akan semakin baik.
Mengganti Perekat Keramik

Mengganti perekat keramik yang lama dengan yang baru dan berkualitas baik juga menjadi alternatif cara memperbaiki keramik yang menggelembung.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Anda dapat menggunakan produk perekat keramik merek Sika. Selain produk SikaCeram®-150 CA TileFix, Anda juga dapat menggunakan produk SikaCeram®-180 GA TileFix .

Produk ini merupakan perekat keramik yang memiliki daya rekat terbaik, bahkan pada pemasangan keramik di area basah tak terendam seperti di kamar mandi. Pengaplikasiannya pun mudah, hanya perlu menambahkan air.
Kesimpulan

Masalah keramik seperti popping tentu dapat Anda alami dan wajib diperbaiki dengan cepat sebelum membahayakan Anda. Ciri-ciri keramik popping beserta penyebabnya sudah Anda ketahui, sehingga hal yang Anda perlukan adalah memiliki lem atau perekat keramik terbaik, yaitu produk dari Sika.

Anda bisa memilih SikaCeram®-150 CA TileFix yang cocok untuk keramik pada area kering dan produk SikaCeram®-180 GA TileFix yang dapat digunakan pada area basah tak terendam.

Selain itu, ada pula SikaCeram®-200 TA sebagai solusi masalah keramik pada area terendam air. Keunggulan dari produk ini yakni cocok untuk keramik berukuran besar, memiliki daya lekat sangat baik, aplikasi tile on tile, dan mudah untuk diaplikasikan (cukup menambahkan air).

Lalu, ada produk SikaCeram®-255 Big Slab yang memiliki keunggulan seperti deformability, open time yang lebih panjang, mengurangi selip vertikal, serta pengaplikasiannya yang halus.

Produk-produk dari Sika tersebut menjadi bukti bahwa Sika merupakan produk perekat keramik terbaik di kelasnya. Sebagai pencetus pertama produk waterproofing semen, Sika telah membuktikan kualitasnya selama 113 tahun. Proyek yang sudah ditangani adalah proyek besar seperti bangunan operating theatre di Rumah Sakit York, Inggris.

Maka dari itu, gunakan produk-produk tile adhesive dari Sika untuk mengatasi masalah keramik popping Anda! Untuk informasi tentang produk dan artikel bermanfaat lainnya, klik di sini!

Maya Fasindah
Blog seorang guru dan alhamdulillah seorang penulis yang masih terus belajar dan belajar.
Terbaru Lebih lama

Related Posts

Posting Komentar