..

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 2.3

 

Coaching untuk Supervisi Akademik

Oleh: Maya Fasindah, M.Pd

CGP Angkatan 6 Kabupaten Kepulauan Meranti

Model Segitiga Refleksi

Setelah Pembelajaran Modul 2.3. ini Saya akhirnya dapat memahami bahwa ...

Kegiatan coaching ini yaitu kegiatan yang menstimulasi pemikiran coachee dan memberdayakan potensi coachee, di mana coach memfasilitasi peningkatan atas performa kerja, pengalaman hidup, pemeblajaran diri dan pertumbuhan pribadi dari coachee. Proses coaching lebih kepada membantu seseorang untuk belajar dari pada mengajarinya. Kompetensi inti coaching yang perlu diperhatikan dalam melakukan proses coaching yaitu kehadiran penuh, mendengarkan aktif, mengajukan pertanyaan berbobot. Percakapan coaching juga harus diterapkan sesuai dengan alur TIRTA yaitu adanya tujuan, identifikasi, rencana aksi, tanggung jawab. Serta ketika melakukan supervisi akademik tahapan yang harus dilakukan yaitu pra observasi, observasi, dan pasca observasi.

Setelah pembelajaran modul 2.3. ini saya akhirnya mampi ...

Mempraktekkan proses coaching berdasarkan kompetensi inti coaching serta prinsi-prinsip coaching yang saya lakukan bersama rekan sejawat dalam menyelesaikan permasalahan terkait proses pembelajaran sehingga proses coaching yang saya lakukan mendapatkan solusi dari permasalahan yang dihadapi coachee.

Perasaan saya setelah melakukan pembelajaran modul ini adalah ...

Perasaan saya diawal mempelajarai modul 2.3. ini, saya merasa bingung dan tidak tahu bagaimana menjadi coach yang bisa membantu coachee dalam menemukan solusi dari permasalahannya tetapi ketika saya sudah mempelajari modul ini, sudah banyak tugas yang saya kerjakan akhirnya pikiran saya terbuka lagi mengenai proses coaching ini. Saya sangat senang mendapatkan ilmu baru serta saya bersemangat menerapkan coaching ini kepada murid dan teman sejawat karena proses coaching ini membantu coachee untuk belajar bukan mengajarinya dalam mencari solusi dari permasalahan yang dihadapi serta melalui proses coaching ini dapat menggali potensi dari coachee.

Setelah melakukan pembelajaran pada modul 2.3. ini, target berikutnya adalah ...

Target saya berikutnya adalah ingin mengimplementasikan proses coaching kepada seluruh rekan sejawat agar rekan sejawat, agar rekan sejawat saya dapat menerapkan proses coaching kepada murid-muridnya. Melalui proses coaching dapat menggali potensi setiap individu dan membantu mengarahkan untuk menemukan sendiri solusi dari setiap permasalahannya.

Terima kasih

Salam dan bahagia ...

 

Maya Fasindah
Blog seorang guru dan alhamdulillah seorang penulis yang masih terus belajar dan belajar.

Related Posts

Posting Komentar