..

Semangat Menyambut Tahun Pelajaran Baru

1 komentar

 

Hai … hai … hai … sahabat Maya seantero jagad raya, sebentar lagi memasuki tahun ajaran baru nih. Bagaimana persipan kalian terutama para pendidik nih, tentunya dengan sesuatu hal yang baru bukan? Yups minimal semangat kita menyambut tahun ajara baru.

Are You Ready Teacher? Ready … Go, go, go. Yok bisa yok. Semangat! Semangat! semangat! Ketika akan memulai tahun pelajaran baru, ada beberapa hal sederhana yang perlu diingat namun sangat mudah di lupakan.

1. Hilangkan noise yang tidak penting.

Sebagai seorang guru, kita kerap kali fokus pada handpone yang kita punya. Ada hal-hal yang lebih penting daripada itu. Tidak setiap pertempuran layak untuk diperjuangkan, kita pun tidak akan memenangkan semuanya. Tetapi fokus pada tujuan dan pelajari cara menghilangkan noise yang tidak penting.

2. Jadilah orang yang penuh kasih.

Siswa tidak akan mengingat semua tugas yang telah kita berikan, fakta dan keterampilan yang telah kita ajarkan kepada siswa. Namun kelak siswa akan mengingat bagaimana guru memperlakukan mereka. Siswa dapat melihat ke belakang dan mengingat guru sebagai seseorang yang memperjuangkan dan memihak mereka atau seseorang yang sekadar memberi nilai di kertas tugas mereka. Pilihan ada pada kita sebagai seorang guru.

3. Ingat pasion kita.

Ketika kita sudah memutuskan untuk menjadi seorang guru, ingatlah kembali bahwa guru adalah salah satu pekerjaan terpenting se-antero jagad raya ini. Ketika kita merasa kewalahan dengan daftar panjang hal-hal yang harus dilakukan atau tantangan yang tampaknya tidak dapat diatasi, mundurlah sejenak dan ingatlah mengapa kita berada di kelas. Biarlah itu menjadi inspirasi yang memandu kita melewati hal-hal sulit.

4. Kelas adalah tempat ternyaman.

Kelas merupakan rumah kedua bagi para siswa. Bagaimana mereka belajar, bagaimana mereka bersosialisasi, serta bagaimana mereka menjadikan teman-teman dan guru layaknya sebuah keluarga. Jadikanlah hal itu perlindungan dari hal-hal yang tidak dapat mereka kendalikan.

5. Guru harus ramah.

Ramah dalam konteks yang berbeda-beda merupakan hal penting yang wajib dimiliki guru terhadap siswa-siswanya. Senyuman, tertawa bersama serta kesenangan yang lain sangat berarti bagi mereka. Jangan meremehkan kekuatan humor, sebab pembelajaran yang serius dapat hidup berdampingan dalam kelas yang sama, tertawa bisa membuat kita tetap waras.

6. Senyum itu gratis.

Tersenyumlah kepada murid setiap hari, hal ini dapat mengubah hari seseorang. Senyumlah dengan ikhlas, bagikan dengan bebas. Sebab senyum itu gratis.

7. Semua murid itu berprestasi.

Tidak ada murid yang tidak pintar, tingkat kepintaran pun berbeda-beda sesuia dengan kreativitas masing-masing siswa. Kreativitas hanya dipupuk dan dipraktikkan dengan cara yang berbeda pula. Cobalah menemukan potensi dan bakat yang tersembunyi dala diri mereka.

8. Setiap pembelajaran tidak sama.

Setiap guru tidak mengajar dengan cara yang sama, begitu juga dengan murid. Mereka tidak belajar dengan cara yang sama, setiap murid memiliki bakat, kekuatan dan tantangan yang unik. Jangan membuat semuanya cocok dengan cetakan pembelajaran yang sama.

9. Fokus pada murid bukan mata pelajaran.

Harus diakui bahwa beberapa hal yang kita ajarkan kepada murid tidak ada hubungannya dengan mereka. Guru memiliki kesempatan untuk mengajari mereka berkarakter, bermartabat, penuh kasih sayang serta memiliki rasa tnggungjawab baik itu pada dirinya sendiri maupun orang lain. Mereka akan membawa pembelajaran ini sepanjang hidup. Ini adalah hal yang tidak dapat diukur dalam ujian mata pelajaran.

10. Bersikaplah fleksibel.

Tidak peduli seberapa banyak waktu dan tenaga untuk mempersiapkan, akan ada hari dimana kegiatan belajar tidak berjalan sesuai rencana. Untuk itu tetaplah sabar, tarik napas dan temukan rencana selanjutnya. Selalu ada hal indah di setiap kejadian.

11. Lakkan pernapasan sebelum memulai sesuatu.

Izinkan diri sendiri untuk menenangkan pikiran dan mengembalikan energy. Tarik napas, buang napas. Ulangi. Buang semua kejenuhan, hirup sebanyak-banyaknya kekuatan dan harapan.

12. Berdoa

Berdoalah pada Allah swt sebagai maha pencipta. Mintalah dan berserahlah pada-Nya atas apa yang telah kita lakukan dan berbagai masalah yang kita hadapi. Ingatlah kekuatan doa itu pasti. Buktikan sendiri!



Itulah-hal yang harus kita lakukan sebagi seorang guru dan tenaga kependiikan.

Semangat Menyambut Tahun Pelajaran Baru, dan semoga sukses.







Maya Fasindah
Blog seorang guru dan alhamdulillah seorang penulis yang masih terus belajar dan belajar.

Related Posts

1 komentar

Posting Komentar