..

Sosialisasi Prakerin SMK Kasih Maitreya Selatpanjang Tahun Ajaran 2021/2022

1 komentar



SMK Kasih Maitreya adalah salah satu sekolah swasta yang siap membekali pengetahuan siswa-siswanya di dunia usaha atau dunia industri yang berkaitan dengan kompetensi siswa sesuai bidang yang digelutinya. Pada umumnya, sekolah akan mengupayakan terlaksananya program Prakerin SMK ini demi meningkatkan keterampilan siswa di bidangnya.
Sosialisasi ini dilaksanakan Selasa, 7 Juni 2022 di Aula SMK, diperuntukkan bagi para orangtua agar mereka memahami apa itu prakerin serta manfaat yang akan dirasakan anaknya selama menjalani masa prakerin dan sesudah nya. Ada dua jurusan di sekolah ini yaitu Akuntansi atau AK dan Teknik Komputer Jaringan atau TKJ. Ilmu yang didapatkan para peserta didik tentunya berasal dari pengetahuan bapak ibu guru yang luar biasa, mereka tidak hanya mengajar tetapi juga membimbing para siswa sehingga peserta dirasa siap melaksanakan prakerin.

Pelaksanaan program prakerin ini didasari oleh Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 3 Tahun 2017 tentang Pedoman Pembinaan dan Pengembangan Sekolah Menengah Kejuruan Berbasis Kompetensi yang Link and Match dengan Industri yang memuat klausul tentang Praktek Kerja Industri berbunyi, “Perusahaan Industri dan/atau Perusahaan Kawasan Industri memfasilitasi Praktek Kerja Industri untuk siswa dan Pemagangan Industri untuk guru Bidang Studi Produktif.”

Karena itulah, siswa-siswi dibimbing oleh para guru yang professional di bidang masing-masing, Sukianto S.E sebagai Kajur atau Kepala Jurusan Akuntansi, dan Solihin S.Kom sebagai Kajur TKJ.

Acara ini dibuka oleh MC selaku guru bahasa Indonesia, Maya Fasindah M.Pd. Sebagai MC bu guru yang satu ini mengawali pembukaan acara dengan pantun, agar para orangtua merasa nyaman berada di tengah-tengah para pendidik.

 Ayah Ibu Sayang Keluarga

Restu Tuhan Ada Padanya

Parenting ini dibuat untuk kita semua

Kami ucapkan terima kasih karena bersedia hadir bersama-sama.

Selanjutnya, kata sambutan yang disampaikan oleh Kepala Sekolah SMK Kasih Maitreya ibu Epa Juliarti Siadari, S.Si. Beliau menyampaikan bahwa pelaksanaan prakerin ini tidak hanya bermanfaat bagi siswa, tetapi juga guru dan orangtua terlebih yayasan itu sendiri. Beliau berharap agar peserta didiknya selain menambah pengetahuan tentang dunia kerja atau dunia industri, mereka juga mampu bekerja secara mandiri, mampu menjalin hubungan baik dengan dudi, serta mampu mengaplikasikan ilmu di dunia kerja yang sebenarnya.

Pemaparan lebih lanjut disampaikan oleh waka kesiswaan Nurul Huda, bahwa pentingnya peranan orangtua demi keberlangsungan masa prakerin selama 4 bulan. Prakerin ini merupakan program wajib bagi siswa sehingga mereka benar-benar fokus ketika melaksanakan prakerin. Ada beragam tantangan yang bakal dihadapi siswa nantinya, mereka harus terbiasa bertemu dengan orang-orang sukses di luar sana, memiliki attitude baik, disiplin dalam bekerja, kecakapan digital yang dirasa masih sulit karena kurangnya pemantauan guru dan orangtua. Serta menyiapkan laporan yang harus mereka tulis selama masa prakerin dan mempertanggung jawabkannya di meja para penguji nantinya. Baca juga Review Tulisan Karya Ilmiah Siswa

Acara akhirnya ditutup dengan tanya jawab para orangtua dengan ketua jurusan masing-masing. Para orangtua mulai mengajukan pertanyaan perihal dimana tempat prakerin, siapa yang menentukan hingga bagaimana pantauan guru selama masa prakerin, hingga pengajuan tempat prakerin diluar kota. Jawaban yang cukup jelas dan memuaskan pun berhasil di sampaikan oleh ketua jurusan masing-masing.


Terakhir, MC menyimpulkan hasil prakerin sebagai berikut:

1. Implementasi Teori

Program Prakerin SMK ini sangat baik untuk mengimplementasi teori yang sudah dipelajari di bidang yang digeluti sebelum benar-benar terjun ke dunia kerja. Dengan melaksanakan prakerin, siswa diharapkan dapat memperluas pengetahuan seputar dunia industri, mulai dari bahan baku yang digunakan dalam kegiatan produksi pada industri tersebut hingga proses pemasaran dan logistik. Selain itu, siswa juga dapat terlibat langsung dalam kegiatan industri tersebut sehingga mendapatkan pengalaman bekerja yang berharga dan dapat digunakan saat memasuki dunia kerja nanti.

2. Membentuk Pola Pikir

Pembentukan pola pikir juga bisa terjadi selama mengikuti prakerin ini. Pasalnya, pengalaman yang diperoleh dari dunia industri pasti akan menambah pengetahuan siswa yang sedikit/banyak mengubah pola pikir. Prakerin akan membantu membentuk pola pikir agar lebih konstruktif supaya siswa dapat bekerja lebih baik dan dapat melihat peluang serta kesempatan yang lebih baik untuk membangun karir maupun usahanya di masa depan.

3. Melatih Profesionalisme

Selain pola pikir, program ini berguna untuk melatih profesionalisme siswa agar siap kerja. Profesionalisme yang dimaksud yaitu bersikap tanggung jawab di dunia industri, seperti melaksanakan tugas pokok dan fungsi yang telah diberikan, mematuhi instuksi dan peraturan yang berlaku, hingga menjaga nama baik sekolahnya dan industri tersebut. Bagi sebagian orang, adaptasi terhadap lingkungan dan/atau pekerjaan membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Oleh karena itu, melalui Prakerin SMK inilah siswa dapat mulai berlatih untuk beradaptasi dengan dunia industri.

4. Membentuk Etos Kerja

Manfaat prakerin selanjutnya yaitu untuk membentuk generasi dengan etos kerja yang baik di masa depan. Karakter semangat kerja untuk mengembangkan potensi diri maupun timnya dapat mulai ditanamkan melalui program ini. Dengan adanya motivasi besar dari setiap individunya, diharapkan dapat melahirkan sumber daya manusia yang memiliki potensi tinggi dan perilaku positif dengan keahlian profesional.

5. Mengasah Kemampuan

Bagi para siswa SMK yang mengikuti program prakerin juga dapat mengasah kemampuan bahkan menambah keterampilan di bidangnya. Saat praktik kerja dilakukan, kemampuan siswa akan semakin terasah dengan banyaknya hal tidak terduga yang terjadi. Dengan begitu, siswa akan tertantang untuk mengasah keterampilan lain demi mencari solusi dan menyelesaikan permasalahan yang terjadi. Namun, jangan khawatir jika mengalami kesulitan saat praktik kerja lapangan karena siswa dapat selalu bertanya pada user atau atasannya maupun pembimbing dari sekolah.


6. Menjalin Relasi

Menjalin relasi dapat menjadi manfaat Prakerin SMK bagi siswa maupun sekolah. Dengan mengikuti prakerin, siswa dapat menjalin relasi dengan staff maupun jajaran direksi di industri tersebut yang akan sangat bermanfaat di masa depan. Bagi siswa yang akan menjalani prakerin di waktu dekat ini, ada baiknya siswa menjalin relasi dengan banyak orang. Relasi tersebut dapat menjadi pintu peluang untuk perkembangan karir maupun usaha siswa ke depannya. Bagi sekolah, program praktik kerja ini bisa menciptakan kerja sama yang baik antara sekolah dan perusahaan sehingga banyak hal bermanfaat yang akan didapat, seperti meningkatkan citra dan popularitas sekolah di mata masyarakat serta meningkatkan penyerapan lulusan sekolah untuk bekerja pada industri tersebut.

7. Efisiensi Waktu dan Tenaga

Prakerin ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan efisiensi waktu dan tenaga dalam menghasilkan lulusan yang siap kerja. Dengan memanfaatkan prakerin secara maksimal, siswa dapat segera bekerja setelah lulus sekolah karena sudah memperoleh ilmu dan pengetahuan dasar serta kompetensi yang dibutuhkan untuk bekerja di industri.

8. Mempersiapkan SDM Berkualitas

Manfaat utama dari program ini yaitu untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas. Seiring dengan perkembangan zaman, khususnya di era digital ini, SDM dituntut untuk bisa beradaptasi dengan perkembangan teknologi informasi dalam melakukan pekerjaannya. Sebagai contoh, penggunaan berkas fisik kini berubah menjadi penggunaan soft copy atau e-document (dokumen elektronik) dan pengoperasian peralatan mesin kini semakin canggih dengan adanya pemrograman dan digitalisasi. Oleh sebab itu, Prakerin SMK ini merupakan upaya untuk membentuk generasi yang siap kerja di era digital ini.


Acara pun ditutup dengan sebuah pantun:

Bunga tulip harum baunya

Sangatlah indah bila di rangkai

Acara kita tutup dengan bekal yang berguna

Marilah sama-sama kita ucapkan bahagia, gembira, sukacita



















Maya Fasindah
Blog seorang guru dan alhamdulillah seorang penulis yang masih terus belajar dan belajar.

Related Posts

1 komentar

Posting Komentar