..

Hempaskan Buku Bajakan




Halo loha Sahabat Maya apa kabar? Ruarrr biasa tentunya dong ya. Kali ini aku mau kasih tips gimana cara menghempaskan buku bajakan, uh…pergi sana!!!!!
Sebagai seorang penulis, aku tuh geraaaaaammmmm banget sama penjual buku-buku bajakan, secara nih ya untuk menghasilkan satu ide menulis itu butuh waktu berminggu-minggu, berbulan-bulan, butuh riset bahkan tak jarang harus mengeluarkan uang loh, nah…kamu yang ngebajak, apa kabar? Manfaatkan karya orang dengan cara curang? Gak halal? Makan tuh duit, gak berkah tau. Eh, emang bisa ya makan duit? Hihihihi…maksudnya biaya hidup orang yang curang ini bener-bener gak berkah. Beneran mah, aku sumpahin.

Buku bajakan tuh ya buku yang di cetak dan di perbanyak tanpa seizin penulisnya, apalagi penerbitnya, setelah itu dijual secara illegal dan tidak bertanggung jawab. Demi apa? Demi keuntungan pribadi. Buku yang dibajak biasanya buku best seler, karya penulis ternama .

Orang-orang yang melakukan pembajakan ini sangat-sangat merugikan penulis dan penerbit, kenapa? Karena penulis tidak dapat royalty sama sekali dari hasil penjualan buku, sedangkan penerbit? Udah capek-capek ya buat cover, layout, pengajuan ISBN, dan lain-lain. kok gak mikir ya sahabat maya. Dimana sih hati nurani mereka? Apa memang gak punya hati, ah…entahlah..

Nah, sahabat salah satu pembaca yang mana nih? Yang original atau yang paslu eh palsu? Jika sahabat beli yang ori berarti sahabat melakukan tugas yang mulia dan berhati nurani, tapi klo enggak? Ha, jawab sendiri deh.

Aku akan kasih tips ciri-ciri buku bajakan atau palsu. Kepoin…kepoin…

1. Tulisannya kabur atau gak jelas

2. Warna covernya pucat dan terasa kasar

3. Bagian penjilidan tidak rapi

4. Harganya tidak wajar, biasanya jauh lebih murah

5. Kertas agak buram atau seperti fotokopian

6. Ada bercak-bercak hitam di beberapa bagian halaman

7. Format penulisan gak rapi misalnya terbalik, ada tulisan yang miring, halamannya teracak dan bahkan ada beberapa kalimat yang terhapus

8. Tidak terbungkus dengan rapi



Nah, untuk menghindari itu semua beli di toko buku yang terpercaya atau langsung pesan ke penerbitnya ya sahabat, jangan lupa juga lihat dulu komentar-komentar para pembeli.

Sekian dan terima kasih, salam literasi.











Maya Fasindah
Blog seorang guru dan alhamdulillah seorang penulis yang masih terus belajar dan belajar.

Related Posts

Posting Komentar