Friday, 17 December 2021

Kampanye#KejuAsliCheck, Keju Asli Cemilan Sehat Untuk Si Jantung Hati

 


Sebentar lagi liburan sekolah, cemilan apa ya yang cocok untuk anak-anak  ya? Apalagi saat ini aku punya baby yang suka ngemil, dari pada beli di luar mending aku buat sendiri aja kali ya. Tapi kan aku gak bisa masak, duh jadi galau.  

“Bunda, bunda kok bengong sih. Itu handphone bunda bunyi loh dari tadi, bunda gak denger ya.” Tanya Dhifa membuyarkan lamunanku.

“Ya Allah…sebentar ya Nak, ini dari tante Tika.”

“Assalamualaikum Tika.”

“Waalaikum salam Mbak. Jadi gimana Mbak? Buat cemilan apa tuk anak-anak? Udah ada ide? Kalau belum gimana kalau mbak coba Keke Stick Mbak.” Ucap Tika.

“Keke Stick? Apa itu?”

“Itu loh…kentang keju stick. Anak-anak pasti suka, selain enak cemilan sehat juga kan?”

“Oke, oke. Sedari tadi loh Mbak mikir-mikir cemilan apa, eh..untung aja kamu telp. Ngomong-ngomong dapat ide dari mana tuh.”

“Dari ibu-ibu PKK disini mbak. Kemaren kami ikut pelatihan masak memasak berbahan dasar keju.”

“Awas jangan salah pilih keju loh.”

“Keju Cheddar Kraft dong pastinya mbak.”

“Tapi kamu tau kan Mbak gak bisa masak?”

“Tenang aja Mbak, nanti Tika kirimkan resepnya lewat wa ya. Gampang kok, semua ibu-ibu pasti bisa.”

“Oke. Mbak coba deh.”

“Oke Mbak, semoga sukses ya. Assalamualaikum.”

Done. Notifikasi wa masuk ke handphone, aku bergegas menuju minimarket untuk membeli bahan-bahan yang dibutuhkan. Aku mau belajar dulu sebelum pas saat liburan nanti benar-benar jadi cemilan yang enak.

Jangan salah pilih keju, yang pasti keju cheddar kraft no 1 di Indonesia.

Sumber foto: koleksi foto pribadi

Ini apalagi nih yang dibintangin Tika, kok jangan salah pilih keju. Perintahnya juga klik link, ya udah deh aku ikutin aja maunya Tika. Dia kan memang suka masak. Gumamku.

https://ibuibudoyannulis.com/wp-content/uploads/2021/12/KRAFTKejuAsliCheck-Siaran-Pers.docx

https://ibuibudoyannulis.com/wp-content/uploads/2021/12/KRAFT-KejuAsliCheck-Lembar-Fakta.docx

Wah…ternyata gak semua ibu-ibu tau ya bahwa tidak semua keju cheddar di pasaran menggunakan keju cheddar sebagai bahan baku utama. Jadi sekarang ini bunda-bunda harus lebih cerdas ya dalam memilih keju, karena buat anak gak bisa coba-coba hehehe. Cara cerdasnya begini nih Bun, pertama Bunda harus memastikan komposisi dalam kemasan keju cheddar yang bunda beli, bahan Keju ditulis pada posisi pertama (bukan air atau tepung).
kedua, Bunda harus pastikan kandungan nutrisi nya, harus tertulis pada kemasan.

Berdasarkan penjelasan Dr. Rita Ramayulis DCN M.Kes selaku Nutritionist bahwa nutrisi itu sangat penting dalam mendukung proses tumbuh kembang si jantung hati. Terlebih pada masa pandemi, karena kekurangan nutrisi dapat membuat kekebalan tubuh anak menjadi tidak optimal dan dikhawatirkan menjadi lebih rentan terhadap infeksi virus.

Jadi, keju cheddar merupakan pilihan yang tepat ya Bunda, karena banyak  manfaat yang diberikan tentunya tak lepas dari kandungan nutrisi yang ada di dalamnya, seperti kalsium, protein, dan vitamin D. Selain itu, keju cheddar terbukti dapat meningkatkan kepadatan tulang anak karena produknya mengandung olahan susu yang kaya kalsium, bisa juga berperan sebagai sumber energi yang tinggi kalori agar buah hati bisa terus bergerak dan tidak mudah merasa lelah. Keju Cheddar KRAFT mengklaim produknya, mengandung 141 mg kalsium pada setiap takaran sajinya. Ini menandakan bahwa keju asli berkualitas mengandung tinggi nutrisi. Bunda sudah berada dalam posisi tepat jika memilih KRAFT sebagai partner bunda dalam menyajikan menu keluarga sehat.

“Hmmm….ini cocok banget nih untuk anak-anak ku, Dhifa pasti suka. Tika emang gak salah kasih informasi ke aku yang sama sekali gak bisa masak, tapi bisa memulai dengan bahan baku yang ringan, padat nutrisi, berkualitas, di jamin sehat pula.” ucapku bersemangat.

Sumber foto: koleksi foto pribadi 

Kampanye bertajuk #KejuAsliCheck ini merupakan pilihan yang tepat dari KRAFT membantu Bunda dalam memilih keju cheddar dengan komposisi bahan baku yang tepat dan berkualitas, sejalan dengan anjuran Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) untuk melihat label pangan pada kemasan sebelum membeli.

Dan yang gak kalah penting nih Bunda ternyata mengkonsumsi keju cheddar KRAFT secara rutin bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian, karena mempunyai kandungan yang dapat memenuhi 30 persen kebutuhan kalsium harian, sumber vitamin D dan protein yang merupakan salah satu komponen esensial dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. 

3Tips menjaga nutrisi jantung hati oleh Dr. Rita Ramayulis DCN M.Kes

Bunda-bunda cerdas pasti tau bahwa Imunitas anak belum berkembang sempurna sehingga perlu dijaga dengan mencukupi asupan zat gizinya, terutama protein yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan sel imunitas, serta mikronutrien untuk antioksidan yang melindungi sel-sel imunitas mereka.   

Pertama Sesuaikan Waktu ya Bunda

Anak memiliki lambung dengan ukuran yang lebih kecil sehingga tidak bisa menerima makanan dalam jumlah besar. Oleh karena itu, pemenuhan protein dan zat gizi mikronutrien harus diberikan di semua waktu makan mereka, yaitu pagi, siang, malam dan selingan pagi, sore dan malam. Kreativitas Bunda tentunya sangat dibutuhkan ya untuk menyajikan berbagai variasi menu yang disukai anak di setiap waktu. Untuk itu keju cheddar KRAFT hadir dengan rasa lezat, gurih keju yang khas, serta tanpa perisa tambahan yang membuat semua sajian menjadi istimewa.

Kedua Sesuaikan Jumlahnya ya Bunda                                        

Pemilihan makanan bagi buah hati pun diupayakan harus yang padat gizi, sehingga volume makanan tidak besar. Makanan dengan ukuran lebih kecil tentu akan mudah dikonsumsi oleh anak. Terkait hal ini, salah satunya bisa disiasati dengan mengkombinasikan keju cheddar KRAFT pada menu makan anak, yang sudah terbukti mempunyai kandungan yang dapat memenuhi 30 persen kebutuhan kalsium harian, sumber vitamin D dan protein.

Nah yang Ketiga, yang terakhir nih Sesuaikan Jenisnya ya Bunda                                           

        Upayakan jenis makanan yang dipilih merupakan makanan yang padat gizi. Salah satunya bisa menggunakan keju cheddar KRAFT, yang mudah dijadikan campuran untuk berbagai olahan sajian lezat bernutrisi, karena berbahan utama Keju Asli New Zealand, dan dilengkapi nutrisi Calcimilk yang kaya akan kalsium, serta sumber protein dan Vitamin D.

So, tunggu apa lagi. Semuanya sudah jelas kan? Keju cheddar memang berkualitas tinggi. Gak salah pilih deh. Ganti keju Bunda dengan keju kraft cheddar ya.

 

Sumber foto: koleksi foto pribadi


Inspirasi olahan pangan berbahan dasar Keju dan Kentang pilihan utama Bunda Cerdas

            Ingat ya Bun, kualitas cita rasa ditentukan oleh bahan dasar berkualitas, harga keju cheddar memang relatif di atas rata-rata untuk produk sejenis, yang pasti lidah emang gak pernah bohong, hehehe.

Selain keju, kentang memiliki banyak manfaat bagi anak lho Bun. Kentang merupakan pilihan yang pas pengganti nasi terutama bagi anak yang malas makan nih Bun. Umbi berwarna kuning ini salah satu sumber karbohidrat yang banyak disukai orang. Termasuk anak-anak, karena selain praktis juga mengenyangkan. Kentang mengandung nutrisi yang cukup lengkap, meliputi karbohidrat, protein, serat, gula, vitamin C, asam folat, vitamin B6, magnesium, mangan, fosfor, kalium, dan antioksidan alami, seperti flavonoid dan karotenoid. Semua gizi ini sangat dibutuhkan oleh tubuh si jantung hati guna mendukung proses tumbuh kembangnya.

5 Manfaat Kentang untuk Anak menurut dr. Meva Nareza Trianita General Practitioner

Bila si jantung hati sangat suka makan kentang, Bunda patut bersyukur. Selain mudah ditemukan dan memiliki harga yang relatif murah, kentang bisa diolah dengan berbagai cara, mulai dari direbus, di goreng hingga dipanggang. Jadi, akan mudah bagi Bunda untuk berkreasi menciptakan beragam menu kentang yang disukainya.

Ini nih Bun manfaat kentang bagi anak kita, baca baik-baik ya bunda.

Pertama, kentang merupakan sumber energi yang baik.

Kentang mengandung karbohidrat kompleks. Karbohidrat jenis ini bisa dibilang lebih baik bila dibandingkan dengan nasi putih, yang merupakan karbohidrat sederhana. Selain bisa menjadi sumber energi, karbohidrat kompleks juga mengandung serat yang baik untuk pencernaan si jantung hati.

Kedua, kentang menyehatkan pencernaan

Bila dikonsumsi secara teratur, kandungan serat dan pati pada kentang mampu meningkatkan bakteri baik di usus, sehingga sistem pencernaan anak jadi lebih sehat dan terhindar dari masalah seperti sembelit dan peradangan usus besar.

Ketiga, kentang dapat meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan vitamin C dan antioksidan alami pada kentang membuatnya memiliki manfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak. Vitamin C diketahui dapat meningkatkan kerja sel darah putih dalam melawan infeksi. Sementara itu, antioksidan sudah lama diketahui dapat melawan radikal bebas yang dapat melemahkan imunitas. Di tengah pandemi seperti saat ini, imunitas tubuh Si Kecil perlu dijaga agar ia tetap kuat menghalau infeksi virus Corona.

Keempat, kentang dapat membuat perut kenyang lebih lama

Dibandingkan sumber karbohidrat lainnya, kentang bisa membuat anak merasa kenyang lebih lama. Khasiat ini dapat mengurangi keinginannya untuk makan camilan tidak sehat, seperti permen, biskuit, atau es krim. Hal ini diduga berkat kandungan proteinase inhibitor 2 (PI2) yang dapat menekan nafsu makan. Selain itu, serat dan pati kentang juga membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna sehingga memberikan efek rasa kenyang.

Kelima, kentang dapat meningkatkan fungsi otot dan saraf

Kentang merupakan sumber kalium yang sangat baik untuk anak. Kalium merupakan mineral yang berperan penting dalam menjaga fungsi otot dan saraf. Manfaat ini sangat dibutuhkan agar Si Kecil bisa selalu aktif. Selain itu, kalium juga dibutuhkan untuk menjaga tekanan darah dan keseimbangan cairan tubuhnya.

Itulah informasi mengenai manfaat kentang untuk anak yang sayang bila dilewatkan. Dengan mengetahui informasi di atas, kini Bunda tidak perlu ragu lagi untuk memberikan kentang ke dalam menu makannya setiap hari.

Perlu Bunda ketahui bahwa kandungan serat, vitamin C, dan asam folat pada kentang akan lebih tinggi jika diolah bersama dengan kulitnya. Jadi, untuk mendapatkan manfaat nutrisi-nutrisi ini dengan optimal, Bunda dianjurkan untuk membersihkan dan tidak membuang kulit kentang ketika mengolahnya.

Kentang juga bisa mengandung acrylamide dan solanine, senyawa yang diduga akan berbahaya jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. Untuk mengurangi risiko ini, Bunda disarankan untuk menghindari kentang yang berwarna hijau, tidak memasak kentang terlalu lama, dan tidak menyimpan kentang di dalam kulkas.

Selain itu, perhatikan reaksi si jantung hati ketika pertama kali mengonsumsi kentang, karena pada sebagian anak kentang juga bisa menimbulkan reaksi alergi, seperti bersin, tenggorokan sakit dan gatal, mata berair, bibir bengkak, dan sesak napas. Jika si jantung hati mengalami gejala tersebut setelah makan kentang, segera bawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat, ya, Bun.

Nah, gimana nih Bunda sudah jelaskan? Ternyata membuat olahan cemilan untuk anak-anak gak semudah itu ya Bun, kita juga harus memperhatikan bahan yang pas, manfaat yang terbaik, kebutuhan nutrisi dan gizi yang cukup, yang pasti gak cuman enak ya Bun.

Ini nih yang pas, olahan cemilan keke stick berbahan dasar kentang dan keju, padat nutrisi, sehat dan juga enak. Mau tau caranya Bun? Yuk ah, cus catat ya bahan-bahan nya.



                                    Sumber foto: koleksi foto pribadi

 

Bahan-bahan:

ü  500 gram atau ½ kg kentang

ü  100 gram atau 8 sendok makan munjung keju cheddar parut

ü  100 gram atau 5 sendok makan tepung maizena

ü  2 sendok teh lada bubuk

ü  1 sendok teh garam

ü  2 batang daun seledri, iris halus

ü  Minyak goreng secukupnya; pilih minyak goreng yang rendah kalori saya piih minyak sanco.

ü  Saus sambal sebagai pelengkap; saya pilih saus sambal ABC

ü  Mayonnaise secukupnya; saya pilih prochiz

Cara membuat:

1. Jangan kupas kentang, cukup cuci hingga bersih dan potong menjadi beberapa bagian.

2. Kukus kentang sampai matang, angkat dan tiriskan.

3. Setelah itu haluskan dengan menggunakan garpu atau ulekan.

4. Masukkan keju parut, tepung maizena, daun seledri yang diiris, lada bubuk, garam                    secukupnya. Aduk rata agar semua bahan tercampur dengan sempurna dan pastikan rasanya        pas menurut selera Bunda.

5. Cetak kentang menjadi bentuk stik dengan cara pipihkan adonan kentang terlebih dahulu lalu      potong-potong memanjang seperti stik sesuai selera.

6. Panaskan minyak yang cukup untuk menggoreng.

7. Goreng stik kentang keju dengan api sedang sampai matang dan bagian luarnya berwarna            kuning keemasan. Angkat dan tiriskan.

8. Stik kentang keju dengan saus sambal dan mayonnaise sebagai pelengkap siap disantap.            Sesuai selera Bunda-bunda ya boleh menambahkan mayonnaise atau saus boleh juga tidak.


    Selamat mencoba dan semoga bermanfaat bunda-bunda, aku sudah coba nih meskipun gak bisa masak. Rasa dijamin enak. Oh ya Bunda-bunda keke stick ini mengandung 148 kalori ya per porsinya. Tetap semangat ya menjaga si jantung hati karena mereka jantung kita di masa depan. Kampanye#KejuAsliCheck. Cemilan sehat untuk si jantung hati.

REFERENSI

https://ibuibudoyannulis.com/wp-content/uploads/2021/12/KRAFT-KejuAsliCheck-Siaran-Pers.docx

https://ibuibudoyannulis.com/wp-content/uploads/2021/12/KRAFT-KejuAsliCheck-Lembar-Fakta.docx

https://www.alodokter.com/manfaat-keju-yang-sayang-untuk-dilewatkan

https://www.alodokter.com/intip-beragam-manfaat-kentang-untuk-anak-di-sini

https://www.halodoc.com/artikel/5-manfaat-kalsium-untuk-tumbuh-kembang-anak

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

17 comments :

  1. Tips menjaga jantung dengan komposisi bahan keju cheddar kraf ternyata sederhanya y mba..boleh nih diikuti sajianya untuk si buah hati ponakan2 ku di rumah. Mksh y

    ReplyDelete
  2. hhmm....aku sama anakku doyan banget kentang,...bisa diuji coba di rumah nih...tenkiw resepnya mba...

    ReplyDelete
  3. Wah, sudah masuk liburan juga nih. Masak bareng anak bisa jadi alternatif pengisi liburan yang seru, secara sekarang dolan-dolan masih dibatasi.. Apalagi masak makanan yang mengandung keju.. Yummy..

    ReplyDelete
  4. waa, ada resep camilan yang pakai keju juga nih, bisa dicoba resepnya, anak-anakku suka keju mbak, terima kasih sharingnya

    ReplyDelete
  5. Boleh dicoba nih resepnya, kayaknya lezat deh...
    Selain padat nutrisi, keju KRAFT cheddar rasanya gurih lezat, disukai semua usia. Semoga kampanye keju asli check ini diperpanjang ya...

    ReplyDelete
  6. Wah makasih banyak resepnya, anak saya pasti suka. Apalagi pakai Kraft Cheddar. Jadi tidak sabar untuk langsung buat.

    ReplyDelete
  7. Duh, saya ini pencinta camilan, lo, Mba. Ada aja idenya buat Keke Stick, ya. Jadi pengen nyobain. Apalagi bahannya keju cheddar kraft yang emang udah jadi keju pilihan keluarga Indonesia, nih.

    ReplyDelete
  8. Cobain ah resepnya. Mantap kayaknya

    ReplyDelete
  9. Yes dengan adanya Kampanye #KejuAsliCheck kita bisa memilih keju yang tepat dari KRAFT. Ini tentu sangat membantu dalam pemilihan komposisi bahan baku yang tepat dan berkualitas

    ReplyDelete
  10. Keju cheddar untuk melengkapi menu cemilan jelas pilihan yang oke. Sebagai bahan dasar pun juga oke kok. Jadi inget kastengel deh aku.

    ReplyDelete
  11. Terima kasih resepnya, Mbak. Gampang dieksekusi, nih, kayaknya. Btw, Mbak Maya ini PJ salah satu buku antologiku, deh. SKSD. 😅🤭

    ReplyDelete
  12. Mba, saya izin save resepnya ya. Mana tau bisa direcook nanti. Apalagi ada penambahan kejunya. Kan jadi komplit baik rasa dan gizinya dengan kualitas terbaik.

    ReplyDelete
  13. Wah, ada resepnya. Kayaknya gampang juga buatnya. Mau nyoba buat ah...

    ReplyDelete
  14. Nambah satu lagi nih pilihan resep berbahan keju cheddar untuk anak-anakku. Makanan bergizi memang perlu dibuat kreasi menarik agar si kecil lahap makannya

    -Purnama Indah-

    ReplyDelete
  15. Sangat bermanfaat bagi orang yang suka dengan memasak

    ReplyDelete
  16. Sangat bermanfaat
    Wendi xllak3

    ReplyDelete

Back to Top